Bupati Boven Digoel Apresiasi Lahan Percontohan Satgas Yonif Mekanis 413 Kostrad

Sambutan masyarakat Imko / Dok. Pendiv2
Pendivif2 - Tarian selamat datang oleh mayarakat Imko sambut Bupati Boven Digoel bapak Benediktus Tambonop, S.Ip. beserta Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 413 Kostrad Mayor Inf Arif Munawar di Kampung Imko, Sabtu lalu (26/11). 

Hal ini berkaitan dengan pelaksanakan panen padi ladang di Kampung Imko Distrik Mindiptana. Penanaman padi ladang ini adalah salah satu hasil percontohan dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 413 Kostrad, khususnya yang berada di Kampung Imko. Para anggota Satgas mengajarkan cara menanam padi di ladang kepada masyarakat kelompok tani yang ada di kampung tersebut.

Foto Dokumentasi milik Pendivif2 Kostrad
Dalam mengawali kegiatan ini, anggota Satgas beserta masyarakat harus membuka lahan yang awalnya berupa hutan dan selanjutnya dirubah menjadi ladang. Penanaman padi ladang ini sebelumnya belum pernah dilaksanakan oleh masyarakat Imko, pada awalnya pembuatan lahan percontohan ini memang diragukan, karena melihat kondisi lahan yang kurang subur maka diprediksi lahan percontohan ini akan gagal. Namun sebaliknya, saat ini lahan tersebut dapat ditumbuhi oleh padi ladang yang berjenis padi gogo.

Bupati Boven Digoel mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dansatgas serta para prajurit Yonif Mekanis 413 Kostrad yang telah membantu membina masyarakat dan mengapresiasi program tanam padi ladang ini. Dalam kesempatan ini pula Bupati memberikan bantuan langsung kepada masyarakat berupa bibit padi dan dana guna pembinaan kelompok tani. 

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 413 Kostrad Mayor Inf Arif Munawar menyampaikan, "Kami siap membantu program Pemerintah Kabupaten Boven Digoel dalam pelaksanaan program ketahanan pangan khususnya di bidang pertanian yang sedang di programkan oleh Presiden RI bapak Joko Widodo."

Selain itu Dansatgas juga menyampaikan kepada masyarakat yang hadir, bahwa petani adalah pekerjaan yang mulia, karena petani itu menghasilkan dan diharapkan agar melanjutkan apa yang telah dikerjakan saat ini. Dengan demikian masyarakat menjadi termotivasi untuk memajukan bidang pertanian guna terciptanya kemandirian. 

Masyarakat Imko sangat mengapresiasi atas kehadiran Bupati dan Dansatgas dalam acara panen kali ini, karena hal tersebut merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada warganya. Selanjutnya, masyarakat Imko memberikan nama kelompok tani ini "Bremoro Manggopon Munun" yang artinya Bremoro merubah Hutan menjadi ladang. (Pendiv2/red1).

Subscribe to receive free email updates: