ALUTSISTA DIVISI INFANTERI 2 KOSTRAD TURUT MERIAHKAN HARTEKNAS KE-21 SURAKARTA

Tehnomilitary Festival 2016 / dok.pendivif2
PENDIVIF2 / JURNALMALANG - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21 tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, mengusung tema UNS bersama TNI Mengembangkan Ketahanan Nasional yang Berbasis Tehnologi. 

Pada event Tehnomilitary Festival tahun ini turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani yang sekaligus membuka acara tersebut. 

Menurut informasi yang diperoleh, Tehnomilitary Festival bertujuan agar masyarakat lebih mengenal peralatan dan persenjataan yang dimiliki TNI saat ini. Disamping itu, dengan adanya pameran Alutsista TNI, diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk penelitian dan pengembangan terhadap peralatan serta persenjataan dalam negeri. 

dok.pendivif2
Momentum ini, sangat relevan karena UNS saat ini telah memiliki lembaga penelitian unggulan di bidang teknologi pertahanan dan kemananan. Sementara itu, Koordinator Lapangan Brigif Mek 6/2 Kostrad, Kapten Inf Gasar mengatakan bahwa berbagai satuan TNI turut andil menyemarakkan acara yang dilangsungkan selama 3 hari, diantaranya Satuan Divisi Infanteri 2 Kostrad yang hadir memamerkan berbagai Alutsista terbarunya, diantaranya Roket Astros II Batalyon Armed 1, Tank Leopard 2A4 Batalyon Kavaleri 8, Meriam Caesar Batalyon Armed 12 dan Tank Marder 1A3 Brigif Mek 6. 

anak-anak pun bisa belajar dan mengenal alutsista TNI / dok.pendivif2
Gasar juga menyebutkan masih banyak senjata ringan lainnya yang turut dipamerkan dalam pameran tahunan tersebut, termasuk menampilkan demonstrasi bela diri art martial double stick oleh prajurit Brigade Infanteri Mek 6/2 Kostrad. Penampilan para prajurit ini sangat menarik perhatian setiap pengunjung. 

Di hari kedua pameran, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berkesempatan memberikan kuliah umum secara langsung kepada 1500 mahasiswa di Gedung Aditarium UNS, yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Indonesia dari sabang hingga merauke. 

Demonstrasi Bela Diri Militer
Pada hari terakhir melaksanakan senam poco-poco bersama yang diikuti oleh TNI, Mahasiswa dan masyarakat. Kegiatan ini dimaksudkan agar TNI, Mahasiswa dan masyarakat semakin manunggal dalam menjaga persatuan dan keutuhan berbangsa dan bernegara. Pada kesempatan tersebut, acara Tehnomilitary Festival tahun 2016 ditutup oleh Rektor Universitas Sebelas Maret, Prof Doktor Ravik Karsidi, MS. (Pendivif2/jm1).