Komunitas Blogger Malang Perlu Rutin Komunikasi

ilustrasi / net
JM - Sudah puluhan tahun komunitas Blogger Nasional berhasil membuktikan dirinya sebagai entitas yang eksis baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Setiap tahun perkumpulan Blogger menyelenggarakan temu nasional, even lomba, road show dan menyebarluaskan ilmu dan pengalamannya. Jogja termasuk salah satu ibukota Blogger sukses di Indonesia, dimana melahirkan ratusan blogger handal bahkan banyak diantara mereka mendirikan perusahaan digital penyedia domain / hosting raksasa. Faktor apa dibalik rahasia sukses blogger Jogja? dan Bagaimana dengan Blogger Ngalam?


Komunitas Blogger Nusantara (BN) telah melakukan ajang temu ke beberapa kota blogger seperti Bali, Sidoarjo, Makassar dan Jogjakarta. Ini membuktikan eksistensi mereka yang berhasil membawa warna baru bagi dunia informasi di negeri ini. Blogger tidak sekedar pribadi yang tampil melalui situs citra personal namun lebih dari itu mereka telah mendirikan sejumlah rumah digital multi manfaat, menyediakan jasa pembangunan situs bagi perkantoran dan perusahaan besar, menyediakan ilmu dan tips pelatihan gratis bagi calon blogger pemula, mendirikan banyak media informasi dunia maya, membuka toko / plasa online hingga perusahaan penyedia jasa domain / hosting profesional. Blogger telah membuka ruang yang luas untuk kita belajar apapun tentang dunia, yang selama ini akses informasinya sulit dan mahal. Blogger menyulapnya menjadi mudah dan sederhana.

Jogja salah satu kota Blogger. Sudah sejak puluhan tahun Jogja memiliki blogger dan pakar informatika yang handal, dan blogger Jogja cirinya adalah Komunikatif. Blogger Jogja membentuk jejaring internal, saling berbagi tips dan kesuksesan, menyelenggarakan pertemuan rutin para blogger, membuat acara dan program bersama, tour blogger dan aktif dalam forum Blogger Nusantara. Bisa dikatakan blogger Jogja adalah pelopor publikasi blogger nasional. Maka tak heran Jogja tiap tahun mencetak ratusan blogger handal yang menjadi guru blogger di mana-mana. Kunci utama keberhasilan blogger Jogja adalah: komunikasi internal mereka yang intens untuk saling berbagi pengalaman dan wawasan juga saling berbagi motivasi. Satu sukses semua juga harus berhasil. Kalau masalah infrastruktur IT di kota manapun ada dan ketersediaannya hampir sama, hanya tidak ada keingnan untuk saling bertemu dan berbagi untuk meraih sukses bareng-bareng seakrab blogger jogja. Komunitas Blogger Jogja punya situs untuk media pemersatu dan berbagi info antar mereka seperti KBJ, dan merayakan pesta ulang tahunnya dengan meriah.

Bagaimana dengan Blogger Ngalam?
Coba search di Google dengan kata kunci "Blogger Malang" atau "Blogger Ngalam" maka akan keluar beberapa situs seperti: www.bloggerngalam.com ; www.malangselatan.com ; www.ngalam.web.id ; www.malang-blogger.blogspot.com dst.
Sebenarnya blogger Ngalam lumayan eksis dan jumlahnya sangat banyak, baik yang pemula maupun yang sudah punya jam terbang tinggi, hanya saja ada yang kurang:
  • Blogger Ngalam sepi komunikasi. Katakanlah di situs bloggerngalam misalnya, saling komunikasi dan tukar info tidak semeriah Jogja, jeda komunikasinya lama, bisa jadi karena admin situs tersebut jarang online interaktif dengan pengunjung.
  • Blogger Ngalam sepi aktifitas publik seperti Lomba-lomba blogger, diskusi / seminar tentang dunia blogger dst. Kampus yang ada jurusan IT juga jarang mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan blogger secara publis yang diinformasikan secara luas di masyarakat, padahal sebenarnya peminatnya banyak.
  • Blogger Ngalam jarang bertemu rutin. Seharusnya antar blogger Ngalam butuh media untuk kumpul, saling tukar info dan pengalaman bahkan juga kaderisasi untuk blogger pendatang baru. Pentingnya kumpul ini adalah untuk membangun sinergi dan sama - sama berbagi akses untuk bisa membangkitkan peran dan kualitas blogger Malang. Kan iri dengan Blogger luar Malang yang sering nongol di TV dan menjadi inspirator di mana-mana, kita berharap di kota pendidikan ini juga bisa bersaing demikian, hehe....
Kini, kita menunggu respon dari blogger Malang yang sudah memiliki banyak pengalaman dan tinggi jam terbangnya, untuk menjadi inisiator Forum / Temu rutin Blogger Ngalam di Bumi Arema. Ayo kumpul, kapan dan dimana tempatnya?

Subscribe to receive free email updates: