Profil SMK-SMKN di Kota Malang, Pilih Mana??





JurnalMalang - Kota Malang sudah termasuk kota vokasi yang terbesar di Jawa Timur, dimana telah berkembang maju banyak SMK Negeri maupun SMK Swasta dengan kualitas yang merata, memiliki banyak pilihan jurusan dan sarana andalan. Ada SMK yang sudah setara RSBI (istilah lama); ada yang sedang gencar membangun kualitas dan ada SMK yang sudah membangun kemitraan dengan dunia industri.

Pilihlah SMK berdasarkan minat, bakat, prospek lulusan dan cita-cita calon siswa, buka karena "ikut-ikutan teman" atau "paksaan" Ortu. Sebelum memilih jurusan, pastikan dulu minat utama siswa, kecendrungan utama bakat dan skillnya serta pertimbangkan rencana karir/kerja jika nanti sudah lulus. Era saat ini, jurusan apa yang paling prospektis? Atau siswa punya jaringan kerja di bidang apa kelak?

Yang tidak kalah penting lagi: cari tahu profil SMK tujuan, kenali kualitasnya, sarana-prasarananya, ketahui pilihan jurusan yang ada, teliti lingkungannya, budaya belajar lingkungan di dalamnya, jaringan sekolah dengan industri, aturannya, biayanya, akses transportasi dan lainnya.

Sebelum mendaftar pastikan sudah mantap memilih sekolah kejuruan yang mana, bagi yang nilai NUN dan NA nya pas pasan sebaiknya pilih beberapa alternatif sekolah untuk menghindari tereliminasi di sekolah pilihannya. Aturan baru PPDB memungkinkan siswa bisa pilih lebih dari satu SMK dan atau lebih dari satu jurusan.
Berikut ini gambaran singkat profil SMK Negeri maupun SMK Swasta di Kota Malang.

# SMKN 4 Malang
Lokasinya di samping SMAN 5 Malang di kelurahan Kasin sebelah barat pasar Comboran. SMKN 4 ini merupakan SMKN favorit sejak lama, selain RSBI juga sarananya sangat lengkap. Tersedia jurusan Grafika, RPL, TKJ dan Animasi. Biaya SMKN 4 Malang ini termasuk yang paling mahal (dulu). Sarana olah raganya cukup bagus, didukung oleh lingkungannya yang hijau asri.

# SMKN 3 Malang
Sekolah ini terletak di jalan raya Surabaya dekat UM dan di tengah kota. Dekat Jalan Ijen dan hanya beberapa langkah dari Kantor Kecamatan Klojen. Ke mana-mana, seputar Makota, dekat. Tersedia jurusan Kecantikan Kulit/Rambut, Perhotelan, Tata Busana, TKJ. Sekolah ini termasuk favorit namun biayanya lumayan tinggi (dulu), hampir sama dengan SMKN 4. Namun SMKN 3 Malang terjamin kualitasnya. Sarana praktikumnya lengkap. Tersedia lapangan basket dan kantin sehatnya yang luas.

#SMKN 2 Malang.
Sekolah ini terletak di kawasan strategis pendidikan yaitu zona pendidikan segala tingkatan, di jalan Veteran. Berdekatan dengan kampus UB di depannya, kampus UM di samping timurnya, kampus I UMM di belakang/selatan dan ada SMPN 4 di samping agak ke belakang. Di samping kirinya terletak Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang. SMKN 2 bersebelahan dengan SMAN 8 Kota Malang. Lalu di dekatnya agak ke utara, ada mall TransMart dan Matos. Lingkungannya luas dan hijau, tersedia jurusan favorit seperti KePerawatan, Perawatan Sosial, Perhotelan. Biaya lumayan terjangkau, lebih murah dibanding SMKN 4 Malang. Namun kualitasnya tidak kalah. SMKN 2 Malang ini bahkan punya Hotel untuk praktikum siswa dengan standar profesional.

# SMKN 1 Malang.
Sekolah ini terletak di daerah Janti Kec Sukun, sekolah favorit para siswi (cewek) tetapi juga tersedia banyak jurusan untuk siswa. Tersedia Jurusan Akuntansi yang paling diminati siswi, perkantoran yang tak kalah kerennya, AGB yang tidak pernah sepi peminat, TKJ, Animasi dan juga Pemasaran yang lulusannya siap pakai. Biayanya juga terjangkau dan alumninya terbukti banyak diserap di dunia kerja.

#SMKN 6 Malang.
 Sekolah yang satu ini terletak di Sawojajar, tak jauh dari taman Velodrom, dan kini hanya beberapa langkah dari exit tol. SMKN 6 ini termasuk sekolah kejuruan favorit dengan biaya terjangkau di Kota Malang. Ada Jurusan Otomotif, Ototronik, TKR, TKJ, Gambar Bangunan dan lainnya. SMKN 6 ini dahulu pernah mampu memproduksi mobil Esemka untuk bahan praktikum. Siswa asal Malang timur sebaiknya pilih masuk di SMKN ini karena tersedia banyak pilihan jurusan.

#SMKN 5 Malang
.
Terletak di kec. Lowokwaru Malang. Juga dekat dengan wilayah Blimbing. Biaya terjangkau tetapi sarana-prasarananya mumpuni. Letaknya yang di tengah kota/pemukiman membuat siswa sekolah ini mudah terpantau -jika bolos gampang ketahuannya 😆 . Tersedia banyak jurusan seperti jurusan komputer, TKJ, Desain Batik, Kriya kayu dst. Jika muridnya serius belajar maka lulusannya terbukti banyak yang langsung terserap dunia kerja yang linear dengan jurusannya.

#SMKN 7 Malang.
Inilah sekolah yang paling mewah (mepetsawah). Tapi itu dulu. Sekarang sekelilingnya sudah berkembang properti dan bangunan modern. Meskipun terletak di ujung Selatan kota SMKN 7 Malang (dekat jalan raya Satsuitubun, Kec. Sukun) cukup banyak peminatnya. Biaya terjangkau, pihak sekolah terkenal bijaksana dan tersedia jurusan Tata Busana yang urusan fesyen tak kalah kereen dari SMKN 3, ada jurusan kimia yang nggak dimiliki Sekolah lain, ada tata boga (restoran) dan lainnya. SMKN 7 Malang kebetulan aja lokasinya di pinggir selatan Kota, namun dalam hal prestasi dan gengsi cukup terdepan.

#SMKN 8 Malang
Sekolah ini lokasinya di bagian utara Kota Malang. Terletak di daerah sekitar Arjosari Kecamatan Blimbing, cukup dekat dengan VEDC. Sekolah kejuruan satu ini memiliki sarana dan lab yang lengkap dan teruji kualitas lulusannya. Jurusan andalannya terkait IT. SMKN ini dulu terkenal dengan disiplin belajarnya yang tinggi. 

#SMKN 11 Malang
Inilah SMKN yang jarang disebut (dibanding SMKN fav lainnya), padahal mutu dan sarananya sudah canggih dan lengkap. Terletak di sekitar Kel. Bakalan Krajan Kecamatan Sukun, tidak terlalu jauh dari jalan utama. Biaya terjangkau tetapi cukup berkualitas. Tersedia jurusan TKJ, RPL, TKR dll. Jauh dari mall, alun-alun, tamankota dan gor membuat siswanya lebih fokus belajar.

#SMKN 10 Malang
Sekolah kejuruan satu ini terletak di daerah Tlogowaru Kecamatan Kedungkandang, samping SMPN 23, dekat dengan kantor terpadu Block Office. Sekolah ini meski terpencil namun satu-satunya SMKN yang berada di zona pendidikan terpadu: di dekatnya ada Kampus Poltekom, ada SMPNegeri, SD standar Internasional, Sekolah Inklusi, dekat dengan Akbid dan tak jauh dari Akademi Mpu Nala. Di masa mendatang sekolah ini akan paling favo. Fasilitasnya lengkap, ada jurusan TKJ, Animasi, RPL, TKR, Ototronik dll.

#SMKN 9 Malang
Inilah sekolah kejuruan yang letaknya paling timur. Yaitu di daerah Cemoro Kandang Malang bagian timur. Berabatasan dengan Kabupaten Malang. Namun melihat gedung dan sarananya cukup menjamin kualitas untuk muridnya. Biaya terjangkau dan fasilitas memadai 

#SMKN 13, Malang
Sekolah ini yang usianya paling muda namun sarananya sangat lengkap sejak pertama didirikan. Tersedia jurusan Perawatan, Perkapalan dan AGB. Inilah satu-satunya SMKN yang mempunyai tema maritim, wawasan bahari dan punya asrama. Lokasinya di kawasan puncak bukit Tidar (di atasnya JoyoGrand terus belok kiri). Sekolah ini memang letaknya paling ujung barat Kota Malang, namun paling tinggi: bisa memandang panorama kota yang indah, seindah cita-cita pelajarnya.

#SMKN 12 Malang
Sekolah ini letaknya di ujung utara Kota Malang. Lebih utara dari SMKN 8. Masuk di wilayah Kecamatan Blimbing Kota Malang. Namun tidak jauh dari jalan utama sehingga tidak sulit di akses dari berbagai arah. Sekolah ini terkenal disiplin dan memiliki jaringan kemitraan yang kuat dengan dunia industri, terutama untuk kerjasama magang bagi pelajarnya.

SELAIN sekolah diatas banyak juga SMK Swasta yang tak kalah dalam hal prestasi dan kualitas. Sebut saja SMK PGRI 3 (Tlogomas) yang sudah lama menjadi sekolah favorit karena kualitas dan jaringan kerjasamanya dengan dunia industri. Untuk bisa masuk di SMK ini harus melewati tahapan seleksi yang ketat. Terkadang lebih sulit masuk ke SMK PGRI 3 dibanding masuk di salah satu SMK Negeri.

SMK PGRI 2 (Janti) yang masih tetap eksis di tengah banyaknya jurusan baru di SMKNegeri. Tiada lain karena kinerja lembaga, loyalitas Guru dan semangat muridnya.

SMK PGRI 6 (Janti-Gadang) yang menerbitkan banyak lulusan siap kerja. Sarana SMK ini tidak kalah dengan negeri dan lingkungannya cukup luas. Didukung oleh tenaga pengajar yang berkualitas.

SMK PGRI 7 (Janti, lagi) yang berada persis di samping kampus besar Univ. Kanjuruhan Malang. Banyaknya lembaga pendidikan di sekitarnya (ada Unikan, SMPN, SMA PGRI dan SD) memperkuat lingkungan belajar sehingga siswa diharapkan rajin. SMK PGRI 7 Janti Kecamatan Sukun ini sejak lama memiliki komitmen dispensasi biaya untuk pelajarnya yang kesulitan masalah biaya sekolah. Sekolah ini patut menjadi salah satu teladan institusi pendidikan vokasi yang meniliki visi edu-sosial untuk generasi Bumi Arema.
Tentu masih banyak SMK yang belum kami ulas. Akan terus kami kaji dan perbaharui ulasan ini, sesuai perkembangan.

Demikian, semoga bermanfaat. Salam cerdas...