Pelopor Jurnalisme Warga (Malang Raya, Jawa Timur)

Polling Pilkada MLG_KAB 2020 [One 'Phone' One Vote]

Pasar Burung "Splindit" Kota Malang; Jenis Burung Dan Info Lainnya

Gbr. Pintu masuk Pasar Burung Splindit Malang dari arah pasar Bunga / utara / dok. Jmlg

Gambaran lokasi, informasi dan suasana Pasar Burung Splindit kota Malang: 

JurnalMalang - Inilah salah satu tempat yang menarik bagi warga Malang Raya, pusat perdagangan semua jenis burung berikut sangkar dan pakannya. Letaknya ditengah kota, tersedia begitu banyak jenis burung dari berbagai daerah di Nusantara. Harganya juga terjangkau, banyak pilihan dari sekitar 500 pedagang burung, ditambah lagi di dekatnya adalah pusat penjualan ikan hias dan aneka bunga.
Link TemplateBlog JurnalGroup)

Pasar Burung Splindit kota Malang, atau seringkali disebut Pasar Manuk Splindit, terletak di sebelah barat jalan raya Majapahit (sebelum Balai Kota Malang dari arah Alun-alun Merdeka, dari arah selatan, kiri jalan), di sebelah selatan Jalan Tumapel (Hotel Splindeet), hanya beberapa puluh kaki dari Balaikota Malang. 
Pasar burung sendiri ada di sepanjang jalan Brawijaya. Tak heran banyak turis mancanegara yang jalan-jalan di Pasar Burung ini, karena lokasinya dekat dengan beberapa hotel seperti Hotel Tugu, Hotel Splindit, Hotel Montana Satu, Hotel Kartika Kusuma, Olena Garden. Selain itu, orang yang habis jalan-jalan di teman rekreasi kota (Tarekot/Tawira) di belakang Balaikota Malang juga biasanya singgah di Pasar Burung kota Malang.

Terdapat sekitar 500 orang pedagang burung baik yang ada di bedak-bedak maupun yang menempati lokasi PKL, khususnya di kedua sisi jembatan di atas kali Brantas. Pasar ini buka dari pagi hingga sore hari. Pengunjung bisa masuk dengan sepeda motornya dengan parkir yang cukup representatif dan aman. Ada ribuan burung di jual dengan ratusan jenis burung, dan burung-burung tersebut banyak jenis yang berasal dari luar pulau Jawa misalnya dari Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua dan Sumatera. Ini menunjukkan pedagang pasar burung kota Malang memiliki akses perdagangan dengan penjual burung luar pulau.

Tidak hanya aneka burung yang dijual belikan. Ada juga jenis ayam hutan, kucing, anak anjing, monyet, ular, marmut namun hewan2 seperti itu tidak banyak. 
Enaknya di Pasar burung splindit ini tersedia juga pakan / makanan burung seperti biji-bijian, buah-buahan, sayur, serangga dan segala jenis sangkar burung dan kandang ayam serta perlengkapan apapun untuk merawat burung.
Perlu diketahui, di Pasar Burung ini tidak hanya menjual burung namun juga membeli burung dari para peternak burung yang datang atau orang yang berhasil menangkap burung di hutan bisa langsung di jual di sini. Pasar burung Malang adalah tempat bursa burung yang banyak dikunjungi pembeli maupun penjual burung. 
Disarankan untuk tidak memperjualbelikan hewan atau burung terlarang / hewan lindung di pasar burung splindit ini, karena pernah ada razia aparat.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kita lihat dan kenali satu-satu jenis burungnya (Ada beberapa jenis burung yang tidak lengkap karena keterbatasan waktu untuk menfotonya), harap maklum.

A.Burung Love Bird











B.Burung Hantu












C. Burung Cucak Gadung (Bonggo Nilo)













D. Burung Kenari












E. Burung Perkutut (Sumbawa)












F. Burung Jalak Uret











G. Burung Krocok












H. Burung Branjangan











I. Burung Ciblek











J. Burung Krantil











K. Burung Murai Putih











L. Burung Kacamata











M. Burung Parkit











N. Burung Mantenan Orange











O. Burung Jalak Nies











P. Burung Cucak Ijo
(Burung yang menjadi ikon Kab. Malang)











Q. Kelelawar











R. Ayam Hutan


















Tersedian juga aneka jenis Sangkar Burung berbagai ukuran dan harga dan Makanan Burung (Biji-Bijian, Buah-buahan, Pakan kemasan instan dan Serangga) berikut ini:





Sebagai catatan, membeli burung di Pasar Burung Splindit Malang sebaiknya:
  • Pastikan untuk memilih burung yang kondisinya prima dan sesuai hobi anda. Rata2 burung di Splindit sehat, terawat dengan baik oleh pedagang2 berpengalaman.
  • Sebaiknya lakukan pilihan teliti dengan keliling ke banyak bedak untuk membandingkan harga-harga, tapi umumnya harganya relatif sama. Harga di disini lebih murah dibandingkan yang dijual online.
  • Harga biasanya bisa ditawar.
  • Ketersediaan burung dalam jumlah banyak dan naik turunnya harga tergantung musim, misalnya saat artikel ini ditulis lagi musim Jalak Uret dan Cucakrowo yang harga nya lagi mahal. Sebelumnya musim burung Kenari yang mahal, sebelumnya lagi musim LoveBird jenis biru dan beberapa waktu yang akan datang infonya musim Jalak Uret lagi. Burung lovebird jenis batman (kepala hitam) masih cukup mahal dan langka.
  • Saat beli burung anda tidak perlu bawa sangkar atau beli tempatnya karena penjual sudah menyediakan kantong burung yang ada sirkulasi udara (tapi jangan lamap-lama burung dikantongin nanti kelaparan:)
  • Catatan: bagi anda yang ingin menjadi peternak burung sebaiknya sering2 berkunjung ke pasar manuk splindit Malang untuk belajar cara merawat, jenis makanan burung, mengawinkan burung dan juga belajar perkembangan harga pasaran berbagai jenis burung.
Demkian sekilas tentang Pasar Burung Splindit Kota Malang. Bila ada yang belum jelas maka bisa juga menghubungi para penjual burung ini untuk konsultasi harga atau bertanya tentang jenis burung-burung yang dijual. (Tulisan tentang pasar burung ini akan terus di update sesuai perkembangan). Red5**

Subscribe to receive free email updates: