Info Kost Kost-an di Kota Malang

ilustrasi kos kosan / nyewain.com
JURNALMALANG - Keberadaan banyak kampus, mahasiswa dan semaraknya sektor bisnis jasa membuat kota Malang ramai pendatang. Maka dengan sendirinya usaha kost kostan di kota Malang menjadi lebih hidup dan bergairah. Lokasinya pun tersebar hampir merata tidak hanya di sekitar kampus dan mall saja. Berikut beberapa info penting terkiat kosan di kota Malang.


Pilihan Lokasi Kos bagi Mahasiswa dan Pegawai / Karyawan di Kota Malang
Bagi yang kuliah di UB biasanya memilih kost di daerah Sumbersari, Penanggungan (Betek) dan Ketawang Gede yang letaknya persis di samping kampus UB. Di zona ini biaya kost relatif terjangkau antara 150-500 / kamar tergantung kondisi da fasilitasnya, bahkan ada yang lebih mahal lagi. Biaya hidup murah dan banyak pilihan. Lingkungannya juga aman karena ditengah-tengah kota.

Bagi yang kuliah di UNISMA, UMM umumnya tinggal di Dinoyo dan Tlogomas dengan biaya yang hampir sama dengan di sekitar UB, kecuali di utara UMM Tlogomas biaya sewa kost dan kontrakan lebih murah hanya saja akses angkutan kota minim dan agak gelap serta mewah (mepet sawah)

Mahasiswa ITN dan UM memilih tinggal di sekitar Sumbersari dan Gading Kasri, lingkungannya tenang dan aman dengan semua biaya hidup terjangkau. Khusus yang kuliah di kampus 2 ITN di Karang Ploso kabupaten Malang terpaksa harus tinggal di sana karena letaknya dengan pusat kota Malang lumayan jauh. Tapi bagi yang membawa kendaraan hal ini bukan menjadi kendala.

Bagaimana dengan yang kul di IKIP Budi Utomo? kebanyakan tinggal di daerah Bareng Tengah dan Bareng Kartini. Di sana cewek biasanya ngekos dan cowok biasanya patungan untuk nyewa rumah kontrakan. UNMER yang letaknya di Barat Dieng Plasa rata-rata tinggal di Pisang Candi, Taman Agung dan Gading Pesantren. Juga banyak yang tinggal di jalan Bukit Barisan meskipun biaya kost cukup mahal. Daerah Unmer yang kos murah adalah di Belakang Balai Merdeka Pisang Candi dan di daerah Kalisongo.

Univ Kanjuruhan letaknya di daerah Janti Sukun, mahasiswanya biasanya tinggal di daerah Janti dan Bandungrejosari. Biaya kos di sini lebih murah ketimbang di daerah klojen.

Kalau yang kul di STIBA dan Univ Wisnuwardhana tinggalnya dekat kampus yaitu jalan Danau Paniai Sawojajar Malang, disana banyak rumah kontrakan yang bisa disewa karena daerah perumahan.

Kalau yang kul di STIE Malang Kucecwara (ABM) otomatis langsung tinggal di sekitar kampus yang lumayan mahal namun bisa memilih tinggal di seberang jalan dekatnya UWIGA. UNITRI lebih mudah karena banyak pilihan di sekitar Merjosari hingga di perumahan murah Graha Dewata - Villa Puncak Tidar. Demikian juga dengan UNIGA yang di Merjosari.

Kalau STIKI bisa di sekitar Tidar bawah (Karang Besuki). Kalo UIN Maliki Malang semester 1-2 langsung tinggal di dalam Ma'had Kampus setelah itu baru ngekos di sekitar Sumbersari dan belakang kampus. Atau bahkan bisa gabung di Pesantren Luhus yang ada di sebelah UIN dimana mahasiswa bisa tinggal di Ponpes tersebut. Banyak mahasiswa UB, UM dan UIN yang semester 3-8 tinggal di Ponpes Mahasiswa Luhur ini.

Bagaimana dengan yang kerja???
Kalau kerja di Pasar Besar atau Mall area Alun-Alun Merdeka, sebaiknya tinggal di Sukoharjo, Kidul Dalem, Basuki Rakhmat atau di Talun. Tempat yang disebut ini lebih aman dan tenang karena tidak sepadat di daerah Kebalen, Jodipan dan Muharto yang rada 'garis keras'. Bisa juga cari kost di Kasin tapi alangkah bagusnya di Talun, Basuki Rakhmat dalam atau daerah Kidul Dalem.

Kalau bekerjanya di MOG maka wajib hukumnya tinggal di Bareng Tengah yang letaknya persis depan Mall, udah aman harganya sangat terjangkau.

Kalau di daerah Dieng Plasa disarankan kost di Gading Kasri atau di sekitar Taman Gayam (jalan buah-buahan) dua lokasi ini sangat aman, dan lebih murah di Gading ketimbang di taman buah-buahan.

Kalau di sekitar Plasa ARaya, maka jangan coba-coba kost / kontrak di Perum Araya atau PBI kecuali memiliki gaji di atas 5 juta / bulan. Ini zona ekslusif kecuali di daerah belakangnya yang rumahnya kecil-kecil. Tapi sebaiknya tinggal di Pandanwangi atau di daerah depan Araya, terjangkau dan aman. Hanya dibatasi lalulintas padat dan jalur cepat.

Kalo kerja di sekitar MATOS atau MX Mall maka paling enak karena di tengah kota, dekat kampus dan banyak pilihan untuk kost. Yaitu di Penanggungan (Betek) yang relatif murah banyak pilihan, Sumbersari ( yang ikut Klojen), Oro-Oro Dowo juga bisa namun jaraknya sekitar 2 km. Kalo di Betek cuman 20 langkah.

Kalo bekerja di daerah Hotel Kartika Graha, Regent Park, TRIO Hotel maka direkomendasikan memilih kost di Samaan Celaket. Kalau kerja di daerah jalan Sukarno Hatta maka sebaiknya tinggal di Tembalangan atau Jatimulyo Barat, jangan di Permata Jingga hehe. Atau kontrak patungan di Grya Santa juga boleh. Kalo di jalan Papa Biru atau Papa Ijo mahal.

Ada juga beberapa gedung kosan yang setara fasilitas hotel dengan harga yang cukup mahal. Namun dengan melihat lokasi dan fasilitasnya bisa dibilang terjangkau. Contohnya di Ratu Boarding House merupakan kostan mewah yang ada di tengah kota (samping Magistra Utama, dekat UB/UM) yaitu di Betek jalan Bogor Atas. Kosan ini berupa gedung besar 5 lantai kamar AC, TV dan naik menggunakan Lift. Parkir mobil, aman. Kos yang serupa bisa di Apartemen Suhat (Utara UB/Depan Polinema) dan di kawasan Suhat sendiri. Harganya sewanya hampir sama berkisar antara 3 juta - 5 juta per bulan. Tempat kost mewah yang seperti ini di Malang bisa disewa mingguan atau bulanan atawa langsung 1 tahun.

Kalau ngontrak rumah di kota Malang berkisar di antara 3 juta - 20 jutaan per tahun (ada yang lebih mahal lagi). Kalau yang kisaran 3 juta / pertahun umumnya ada di dalam kampung, rumah ukuran kecil dan mobil tidak bisa masuk. Di perbatasan juga biaya sewa rumah type 36 rata-rata 2 juta namun harus kontrak minimal 2 tahun.

Ini sekedar gambarannya. Yang perlu diingat, kalau cewek sebaiknya jangan memilih tinggal di daerah perumahan yang terpencil seperti di Graha Dewata (Sepi dan gelap kalo dah jam 18 ke atas) dan rawan begal. Jangan sembarangan kenal orang yang gak jelas dan setiap naik angkutan sebaiknya tidak sendirian.. Intinya dimanapun berada tetap selalu waspada....

Subscribe to receive free email updates: