Inilah Peran PDAM dalam Masyarakat Indonesia


JurnalMalang, Wawasan - Air menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Tidak semua daerah memiliki air tanah dengan kualitas baik. Oleh karena itu, peran PDAM dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan air bersih sangatlah penting.

Peran PDAM di Masyarakat

PDAM merupakan perusahaan daerah yang berperan dalam menyediakan air minum bagi masyarakat. Air minum yang dimaksud tersebut adalah air yang bersih, sehat serta memenuhi persyaratan kesehatan bagi masyarakat. 

Dalam operasionalnya ada dua fungsi utama dari PDAM, yaitu sebagai unsur pelayanan masyarakat dan juga sebagai salah satu sumber pendapatan daerah.

Sebagai pelayan masyarakat, PDAM berkewajiban memberikan pelayanan yang baik serta dituntut untuk berorientasi sosial. Sedangkan sebagai sumber pendapatan daerah, PDAM tidak terlepas dari aspek ekonomi untuk mendapatkan keuntungan.

Perbedaan PDAM dan PAM

PDAM dan PAM sering dianggap sama. Akan tetapi, faktanya kedua perusahaan ini berbeda. berikut perbedaan dari PDAM dan PAM:

1. Arti Kedua Perusahaan

PDAM merupakan kependekan dari Perusahaan Daerah Air Minum, sedangkan PAM merupakan kependekan dari Perusahaan Air Minum. PDAM ini adalah perusahaan air yang dikelola langsung oleh pemerintah di masing-masing daerah. Sedangkan PAM merupakan perusahaan air yang dikelola oleh pihak swasta.

Dengan pengolahan PDAM yang dilakukan oleh daerah, maka kebijakan antara satu PDAM dan PDAM lainnya akan ada perbedaan. Oleh karena itu, tidak heran jika tarif penggunaan PDAM di dua kota bisa berbeda meskipun tidak terlalu signifikan. 

Selain itu, kebijakan lainnya seperti diskon, batas akhir pembayaran, hingga cara pembayaran air PDAM antar daerah bisa berbeda.

2. Pengelolaan Sumber dan Kualitas

Pada umumnya PAM melakukan pengelolaan sumber air non-perpipaan. Air yang digunakan PAM berasal dari air tanah. Sedangkan PDAM umumnya mengelola sumber air perpipaan. Apakah dampak dari perbedaan keduanya? Hal tersebut akan menghasilkan kualitas air yang berbeda.

Air yang dihasilkan PAM lebih bervariasi karena menggunakan sumber air dari tanah. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh muatan atau kandungan dan kualitas air tanah yang digunakan. Sedangkan PDAM menggunakan sumber air mengalir, misalnya waduk dan sungai, sehingga kualitas dan kuantitas air cenderung lebih stabil.

3. Tarif Keduanya

Biasanya tagihan air PAM lebih mahal, namun jangkauan pelayanannya relative lebih luas, mudah dan cepat karena akses air tanah yang mudah dijangkau. Sebaliknya, tagihan air PDAM umumnya lebih muran, namun jangkauan layanannya relatif terbatas karena hanya bisa dilakukan di kawasan tertentu saja.

Meskipun demikian, besaran tarif air PAM dan PDAM ini disesuaikan berdasarkan kategori jenis-jenis pelanggan. Oleh karena itu, biaya air untuk kebutuhan rumah tangga, kelompok sosial, industri, serta beberapa kategori pelanggan lainnya akan berbeda.

Harga tarif PAM maupun PDAM relatif terjangkau oleh masyarakat. Namun, terkadang beberapa pelanggan terkejut saat akan melakukan pembayaran karena tagihan yang membengkak di luar dugaan. Anda perlu melakukan penghematan air, misalnya mematikan seluruh keran jika tidak digunakan, catat angka penggunaan terakhir, dan masih banyak lagi.

Cara Pembayaran tagihan PDAM

Agar bisa terus mendapatkan fasilitas air yang sehat dan berkualitas, Anda harus membayar tagihan PDAM tepat waktu pada setiap bulannya. Dengan kemajuan teknologi saat ini, pembayaran tagihan PDAM bisa dilakukan dengan mudah secara online. Anda tidak perlu antre atau harus keluar rumah, karena bisa dilakukan melalui smartphone. 

Pembayaran tagihan pdam ini salah satunya bisa dilakukan melalui Blibli. Caranya yaitu melalui menu Tagihan Air, lalu Anda akan diminta untuk memasukkan nomor pelanggan. Setelah itu, klik Lihat Tagihan untuk mengetahui total tagihan Anda. selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran dengan memilih salah satu metode pembayaran yang tersedia. **