Pelopor Jurnalisme Warga (Malang Raya, Jawa Timur)

Polling Pilkada MLG_KAB 2020 [One Phone One Vote]

Lokasi, Alamat Stasiun Kereta Api & Layanan Rute KA di Malang Raya

Stasiun Kereta Api / ig

JurnalMalang - Di kota Malang dan Kabupaten Malang terdapat delapan stasiun Kereta Api (aktif) baik yang tipe kecil hingga besar sebagai tempat pemberhentian dan atau persinggahan Kereta Api yang datang dari arah Surabaya, Banyuwangi, Blitar, Jogjakarta, Bandung hingga Jakarta.

Berikut ini alamat lokasi stasiun pemberhentian / persinggahan Kereta Api di kota dan kabupaten Malang, di mulai dari arah utara:

1. Stasiun KA Lawang.

Gbr. Wikipedia

Stasiun KA Lawang berlokasi di Jalan Thamrin Lawang. Cukup dekat dengan pasar Lawang dan perbatasan Malang utara ke arah Pasuruan / Surabaya. Stasiun KA Lawang adalah Stasiun Kereta Api kelas I yang terletak di ujung utara kabupaten Malang dan stasiun KA yang terbesar di kabupaten Malang. Stasiun Lawang dekat dengan jalan besar yang menuju arah Malang kota.

Stasiun KA Lawang dibuka mulai tahun 1879 sejak zaman Belanda. Kini sudah direnovasi modern. Adapun layanan pembelian tiket tersedia di sini. 

Kereta Api yang melewati dan atau berhenti di St. KA Lawang Malang adalah: KA Bima, KA Mutiara Selatan, KA Jayabaya, KA Songgoriti, KA Tawang Alun, KA Penataran, KA Tumapel dan KA ketel/ angkutan BBM.

2. Stasiun KA Singosari Malang.

SumberFoto: Wikipedia

Stasiun ini terletak di Jalan stasiun Singosari, Pagentan, Singosari Malang. Merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil di Kab Malang. Stasiun Singosari melayani loket penjualan tiket.

Stasiun Singosari Malang melayani Kereta Api Panataran tujuan Surabaya dan Blitar via Malang; kereta api Tumapel tujuan Surabaya dan Malang.

3. Stasiun Kereta Api Blimbing kota Malang.

SumberFoto: Wikipedia

Stasiun KA Blimbing termasuk stasiun KA tipe III/kecil. Terletak di kelurahan Purwodadi Blimbing. Ada di tengah kota bagian utara, dekat dengan jalan - jalan utama dan hanya sekitar 2 km dari Terminal Arjosari Malang.

Stasiun kereta Blimbing Malang melayani Kereta Api Panataran tujuan Surabaya dan Blitar via Malang; kereta api Tumapel tujuan Surabaya dan Malang.

4. Stasiun KA Kotabaru Malang atau sering disebut Stasiun Malang kota.

SumberFoto: Wikipedia

Stasiun KA yang berdiri sejak tahun 1879 ini terletak di tengah kota Malang, jalan raya Trunojoyo, sekitar 300 meter dari Balaikota Malang dan Alun-alun bundar kota. Stasiun ini merupakan stasiun KA besar tipe A dan stasiun terbesar di Malang Raya. Layanan dan fasilitasnya lengkap, area luas dan aman. 

Stasiun KA Malang Kota Baru melayani KA:

KA kelas Eksekutif:

#KA.Gajayana (reguler/tentatif), dari dan tujuan Jakarta via Blitar, Madiun, Jogja-Purwokerto. Tersedia KA eksekutif jenis Luxury pada jadwal reguler.

#KA.Bima, dari dan tujuan Surabaya bersambung ke Jakarta via Madiun-Jogja-Purwokerto.

KA Kelas Campuran:

#KA.Mutiara Selatan, dari dan tujuan Surabaya lanjut Jakarta via Madiun, Jogja dan Bandung (eksekutif, ekonomi dan premium).

#KA.Malabar, dari dan tujuan Jakarta via Blitar, Madiun, Yogya, Bandung (eksekutif, bisnis, ekonomi).

#KA.Jayabaya, dari dan tujuan Surabaya lanjut ke Jakarta via Bojonegoro, Cepu, Semarang (eksekutif, ekonomi plus).

#KA.MalioborEkspres, dari dan tujuan Yogyakarta (eksekutif-ekonomi plus).

KA Kelas Ekonomi Premium

#KA.Songgoriti dan dan ke Surabaya Jatim.

KA Kelas Ekonomi Plus

#KA.Majapahit, dari dan tujuan Jakarta via Blitar, Madiun-Semarang.

KA Kelas Ekonomi:

#KA.Matarmaja (reguler dan tambahan), dari dan tujuan Jakarta via Blitar, Madiun, Semarang.

#KA.TawangAlun, tujuan Malang kotalama dan ke Bangil bersambung Banyuwangi Jatim.

KA Lokal Ekonomi:

#KA.Penataran tujuan Blitar dan Surabaya gubeng dan srbya kota.

#KA.Tumapel, dari dan ke Surabaya (sering juga disebut KA Penataran).

KA Barang:

Parcel ONS dari dan ke Jakarta via Blitar, Kediri, Madiun, Jogjakarta.

5. Stasiun KA Kotalama Malang kota.

SmbrFto/google

Stasiun KA kelas I Kotalama Malang kota terletak jalan Kol. Sugiono, di sebelah barat Jalan Martadinata, Kel. Ciptomulyo Sukun Makota. Dekat flyover kotalama dan sebelah hotel Balava dan dekat pasar Comboran.

Stasiun KA yang dibangun tahun 1896 ini melayani rute KA:

KA Gajayana Eksekutif (reguler/ fakultatif) tujuan Jakarta dan tujuan Malang kota baru.

KA Malabar tujuan Jakarta; Malioboro Ekspres tujuan Jogjakarta; KA Majapahit tujuan Jakarta; KA ekonomi Matarmaja; KA ekonomi Tawang Alun dari dan ke Bangil lanjut Banyuwangi; KA lokal Penataran tujuan Surabaya dan Blitar. Juga KA Barang angkut BBM tujuan Bangil-Surabaya.

6. Stasiun KA Kepanjen Malang.

SumberFoto: Wikipedia

Adalah stasiun KA kelas I di jalan Banurejo Kepanjen Kabupaten Malang. Stasiun KA Kepanjen Malang melayani rute:

KA Gajayana Tujuan Jakarta, KA Malabar tujuan Jakarta, KA Malioboro Ekspres tujuan Jogjakarta; KA Majapahit tujuan Jakarta, KA ekonomi Matarmaja tujuan Jakarta dan KA lokal Penataran tujuan Blitar dan Surabaya.

7. Stasiun KA Ngebruk Malang.

SumberFoto: Wikipedia

Stasiun Ngebruk terletak di jalan stasiun Ngebruk Sumberpucung Kabupaten Malang. Adalah stasiun KA kelas III / Kecil yang melayani rute:

KA lokal ekonomi Penataran tujuan Blitar dan tujuan Surabaya.

8. Stasiun KA Sumberpucung Malang.

SumberFoto: Wikipedia

Stasiun KA Sumberpucung Malang adalah stasiun kereta api kelas III/Kecil di jalan Suka Maju Sumber Pucung kabupaten Malang. 

Stasiun yang berada di selatan kabupaten Malang ini melayani KA:

KA ekonomi Matarmaja jurusan Jakarta via Blitar; KA lokal Penataran tujuan Blitar dan Surabaya.

DEMIKIAN gambaran nama dan lokasi Stasiun Kereta Api di Malang Raya serta nama Kereta Api yang dilayaninya. Berbagai hal terkait armada, rute dan layanan sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kebijakan pemerintah melalui PT. KAI. **@dmin3

Subscribe to receive free email updates: