saluran publik - not commercial media

DPP KNPI - Bakornas LKMI PB HMI Bantu Pemerintah dan Masyarakat Hadapi Covid19

Ketum DPP KNPI - Dir. Bakornas LKMI KonPrens Bersama di Jakarta / ist
JurnalMalang - Dengan semakin meningkatnya jumlah suspect Covid19 di berbagai daerah dan analisa kemungkinan bertahannya situasi ini hingga akhir mei 2020 membuat DPP KNPI pimpinan Haris Pertama dan Bakornas Lembaga Kedokteran Mahasiswa Islam (LKMI) PB HMI turun lapangan.

Langkah tersebut untuk membantu meringankan beban Pemerintah dalam menghadapi pandemi global yang sudah merambah negeri ini. Untuk itu, DPP KNPI sudah mempersiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung program ini, antara lain pengadaan masker dan hand sanitizer yang ikut didukung oleh solidaritas intern Ketum dan Pengurus DPP KNPI.

Selasa, 17/3/2020 DPP KNPI  - Bakornas LKMI PB HMI melakukan konpress sebagai pengumuman program bersama ini dimulai. Berikut pernyataan bersama DPP KNPI - LKMI PB HMI :

PRESS RELEASE
Pasca Pemerintah menetapkan Wabah Corona Covid-19 sebagai bencana nasional non alam, menjadikan Indonesia sebagai negara dalam posisi tanggap darurat bencana non alam pandemi Covid-19. Dampak turunan yang lebih besar, sehingga pemerintah akhirnya melakukan pengumuman kepada masyarakat terkait status darurat bencana non alam.

Dalam rangka mengkoordinasikan berbagai upaya penanganan covid-19 Pemerintah membentuk Gugus Tugas percepatan penanganan agar virus ini agar tidak melebar luas di masyarakat. Berbagai upaya telah banyak dilakukan pemerintah dalam rangka mencegah penularan lebih meluas, mulai dari pencegahan lewat edukasi, pemantauan langsung dalam bentuk aksi nyata. Maupun melakukan komunikasi yang  intensif  pemerintah pusat dengan pemerintah daerah agar bisa memastikan bahwa gerakan pencegahan bisa berjalan dan terkoordinasi dengan baik.

Selain berbagai upaya diatas pemerintah juga melalui berbagai instansi melakukan berbagai kebijakan diantaranya meliburkan berbagai aktifitas masyarakat baik yang bekerja dipemeritah maupun pada instansi swasta. Sejalan dengan itu upaya meliburkan aktifitas juga terjadi didunia pendidikan yang hampir rata-rata sampai 14 hari kerja. Kebijakan libur ini, hendaknya diamanfaatkan masyakat untuk mementau dan mengisolasi diri dengan tidak beraktifitas diluar rumah kecuali ada hal yang sangat penting. Waktu 14 hari sangat bermanfaat dalam memotong rantai penularan covid 19.

Sebagai bagian dari elemen yag perduli terhadap munculnya covid-19 DPP KNPI dibawah kepemimpinan Haris Pertama sebagai ketua umum , mencoba merancang langkah-langkah strategis agar penyakit ini tidak sampai menular lebih jauh. Daiantara langkah-langkah yang dilakukan DPP KNPI diantaranya dengan membentuk Tim Covid-19 yang bertugas sebagai pelaksana berbagai rangkaian kegiatan pencegahan yang bekerja sama dengan berbagai elemen.

Diantara kegiatan yang akan berjan adalah dengan cara melakukan kerja sama dengan Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam  (LKMI HMI), sebagai wujud nyata membantu pemerintah dalam mencegah penularan covid-19.

Beberapah isi kesepakatan tersebuat adalah :

1. Berangkat dari penetapan covid-19 sebagai bencana Nasional Non Alam. Oleh karena itu, DPP KNPI dan Badan Koordinasi Nasional Lembaga KeSehatan  Mahasiswa Islam Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (Bakornas LKMI PB HMI) siap bersinergi untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid -19
2. Menghimbau kepada DPD KNPI Provinsi, DPD KNPI Kota/Kabupaten Se-Indonesia dan LKMI cabang Se-Indonesia akan turun bersama untuk memberikan edukasi terkait Covid-19 dan membagikan Hand Sanitizer kepada masyarakat.
3. Menghimbau kepada seluruh kader KNPI dan LKMI se-Indonesia untuk selalu membantu memberikan informasi yang terpercaya dalam menggunakan sosial media, sebagai media informasi mengenai perkembangan covid-19.

Demikian beberapa hal yang perlu kami sampaikan kepada masyarakat, semoga dengan upaya-upaya pencegahan bersama bangsa Indonesia kembali aman seperti semula dan kita terhindar dari penularan Covid – 19.

Jakarta, 17 Maret 2020

Haris Pertama, SH
Ketua Umum DPP KNPI

dr. Muh. Fachrurrozy Basalamah
Direktur BAKORNAS LKMI PB HMI


Subscribe to receive free email updates: