Dilema Opsi Lock-Down, Dr. Rizal Ramli: Mobilisasi (Logistik) Besar-Besaran Serupa Zona Perang

Dr. RizalRamli  / @RamliRizal
JurnalMalang - Opsi Lockdown untuk menghadapi wabah Corona sebagaimana yang diusulkan beberapa pihak untuk mereduksi penyebaran virus Corona amat tidak mudah, akan membawa konsekwensi ekonomi dan kebutuhan tenaga yang amat berat dan kebijakan yang luar biasa dilematis.

Realitas di Indonesia berbeda dengan umumnya negara-negara yang sudah memutuskan lock down hadapi covid19. Ada faktor geografis, kesiapan tenaga, manajemen taktis dan kondisi ekonomi nasional yang berbeda.

Hal ini sejalan dengan yang dijelaskan tokoh ekonomi senior berpengaruh Dr. Rizal Ramli melalui cuitannya, sabtu 28/3/2020.

Ada yg tanya pendapat RR soal lock-down ?

Jawabannya:
“The best option only if the gov’tc an provide food & other basic necessities directly to all homes. To do so, they have to implement a radical re-allocation of the budget and mobilize massive delivery like a war-zone”. Tulisnya di akun @RamliRizal.

Dengan kata lain, pilihan lockdown terbaik hanya jika pemerintah menyediakan bahan makanan dan kebutuhan pokok lainnya langsung di antar ke rumah-rumah, dengan alokasi anggaran radikal, dengan mobilisasi pengiriman logistik besar - besaran serupa dalam zona perang.
*ed1

Subscribe to receive free email updates: