Aliansi Malang Kondusif Waspadai Provokasi Politik Di Ruang Publik

Aliansi Malang Kondusif jaga ruang publik dari segala bentuk provokasi
JurnalMalang - Aliansi Malang Kondusif (AMK) merespon cepat terkait beredarnya informasi rencana deklarasi (klaim) kemenangan pasangan capres/cawapres tertentu yang beredar di medsos sejak beberapa hari lalu. Informasinya deklarasi kemenangan yang akan dilakukan salahsatu relawan pendukung paslon 02 tersebut akan dilaksanakan di Gor Ken Arok hari ini, 09/05/2019.

"Kami sudah meminta kepada pihak terkait, penyelenggara acara untuk membatalkan kegiatan tersebut," tegas Dersi Hariono Ketua Brigade Gus Dur kota Malang yang juga mengoordinir aksi penolakan kegiatan yang dinyatakan inkonstitusional tersebut. Lanjutnya, kegiatan yang berpotensi mengganggu stabilitas publik tersebut pada akhirnya batal dilaksanakan

Sebelumnya Aliansi Malang Kondusif sudah menyatakan sikap menentang kegiatan tersebut dengan mengirim tembusan surat ke berbagai instansi pemerintah, dan meminta agar kegiatan di ruang publik tersebut tidak diberi ijin dan harus digagalkan.

Keberatan AMK didasarkan pada proses perhitungan suara / entri data hasil pemilu yang masih berjalan secara prosedural sehingga semua harus menunggu keputusan final KPU pusat dari hasil perhitungan manual. Sementara aksi deklarasi kemenangan lebih merupakan klaim yang menduhului proses formal yang belum selesai.

"Kegiatan tersebut berpotensi menimbulkan keresahan dan bersifat provokasi di kalangan masyarakat kota Malang yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan." Tulis AMK dalam point surat pernyataan sikapnya.

Aliansi Malang Kondusif sendiri didukung oleh para Ketua Organisasi berpengaruh seperti PC Anshor Kota Malang, Laskar Aswaja, Banser Kota Malang, Senkom Kota Malang dan  Brigade Gus Dur Kota Malang.

Dalam pantauan di lapangan, kegiatan deklarasi relawan 02 batal dilaksanakan. Di area Gor Ken Arok tampak para aktifis AMK siaga memastikan tidak ada kegiatan deklarasi politik relawan 02 dan terus berkoordinasi dengan warga untuk mendukung kota Malang yang kondusif. *red03

Subscribe to receive free email updates: