Satgas Bankes Gulbencal Yonkes 2/2 Kostrad, Sosialiasi Rumah Sakit Lapangan Ke Tenda-Tenda Pengungsia

Kostrad Peduli dan kerja keras bantu korban bencana Palu
Pendiv2 - Satuan Tugas Gabungan Bantuan Kesehatan Penganggulangan Bencana Alam Palu Sulawesi Selatan (Satgasgab Bankes Gulbencal) Satuan Yonkes 2/2 Kostrad melaksanakan Sosialisasi ke tenda-tenda pengungsian yang berada di sekitar wilayah Kelurahan Balaroa, tentang adanya Rumah Sakit Lapangan yang bertempat di Halaman Kantor BMKG Kelas 1 Palu. Rabu (3/10).

“Hal ini kita lakukan karena minimnya informasi yang diterima oleh para pengungsi yang letaknya di pelosok pelosok Kelurahan Balaroa. Terbukti dengan banyaknya tanggapan pengungsi saat dilakukan Sosialisasi Rumah Sakit Lapangan, mereka tidak mengetahuinya”, ujar Danyonkes 2/2 Kostrad Letnan Kolonel dr. Djeffri Federik Longdong, Sp. An, M. Kes.

“Pentingnya sosialisasi Rumah Sakit Lapangan agar para pengungsi yang berada di pelosok Kelurahan Balaroa mengetahui dan segera berobat sehingga sakit yang diderita tidak semakin parah”, imbuh Danyonkes.

Sosilasi yang dilaksanakan oleh prajurit Satgas dengan berjalan kaki menanjak menyusuri pelosok Kelurahan Balaroa yang kondisi geografisnya perbukitan.

Kapten Ckm Dwi Yatno saat melaksanakan sosilasisi mengatakan bahwa banyak juga ditemukan pengungsi yang mengalami sakit sejak terjadinya Gempa dan Tsunami dan sampai dengan saat ini belum ada penanganan medis. “Setelah Sosialisasi saya akan melaporkan kepada Komandan Satgas agar Kelompok Evakuasi Rumah Sakit Lapangan segera melakukan evakuasi terhadap korban yang sakit”, terang Dwi..