Pastikan Batas Negara Kokoh, Satgas Yonif Para Raider 503 Kostrad Gelar Patroli Patok

dok.pendivif2 kostrad
Pendiv2 – Batalyon Infanteri Para Raider 503 Kostrad kini tengah melaksanakan misi pengamanan di wilayah perbatasan Republik Indonesia dengan Papua Nugini (RI-PNG), tepatnya di Kabupaten Merauke, Papua.

Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG, Yonif Para Raider 503 Kostrad mempunyai tanggung jawab yang sangat besar, terlebih tugas tersebut dilaksanakan di tanah Papua yang terkenal mempunyai cuaca dan kondisi alam yang ekstrim.

Walaupun dihadapkan dengan kondisi medan yang sulit, mereka tetap menjalankan kewajiban untuk menjaga kedaulatan dan keamanan negara di wilayah perbatasan, diantaranya dengan menjaga Patok-Patok perbatasan. Selain menjaga agar Patok tersebut tidak dirusak atau digeser, para prajurit TNI ini juga menjaga wilayah tersebut dari pelintas batas illegal serta peredaran barang-barang illegal seperti Narkoba, minuman keras, senjata api dan munisi, maupun para pekerja illegal.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan Satgas Yonif Para Raider 503 Kostrad yaitu dengan melaksanakan Patroli Patok, berkeliling memeriksa kondisi maupun wilayah sekitar Patok perbatasan. Patroli Pengamanan Patok tersebut dilaksanakan oleh Pos Kotis Kaliwanggo, Distrik Sota, Kabupaten Merauke dengan mengeluarkan 1 regu berjumlah 10 orang anggota Satgas yang dipimpin oleh Lettu Ctp Elvis Aprianto.

Menurut Elvis Aprianto, tim Patroli Satgas Yonif Para Raider 503 Kostrad mulai bergerak pukul 05.30 WIT dari Pos Kotis Kaliwanggo, mereka menuju koordinat yang sudah ditentukan, dimana terdapat Patok MM 12.3. Patok tersebut merupakan salah satu dari 13 Patok tapal batas yang menjadi tanggung jawab dari Satgas Yonif Para Raider 503 Kostrad. Pukul 10.00 WIT tim Patroli tiba di Patok MM 12.3, dilanjutkan melaksanakan pengecekan dan pembersihan sekitar Patok, serta pengambilan dokumentasi.

Komandan Satgas, Mayor Inf Erwin Agung T.W.A., S.T. menyampaikan bahwa Patroli tersebut merupakan salah satu tugas pokok yang harus dilaksanakan oleh Satgas selama bertugas di perbatasan RI-PNG. “Kegiatan Patroli dilakukan untuk mengecek kondisi dan keberadaan Patok serta menghindari tindakan-tindakan perusakan dan pergeseran Patok tapal batas kedua negara”, ungkapnya. (Pendiv2/red).

Subscribe to receive free email updates: