Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 413 Kostrad Bangun Fasilitas MCK Untuk Masyarakat Perbatasan

Karya Bhakti TNI di wilayah perbatasan / Dok.Pendiv2
Pendiv2 - Dalam program kerja Satgas Pamtas RI-PNG, Yonif Mekanis 413 Kostrad melaksanakan program karya bhakti TNI berupa jambanisasi di wilayah perbatasan. Seperti yang kita ketahui saat ini di daerah perbatasan khususnya di pedesaan yang terpencil masih sangat minim sarana MCK (Mandi Cuci Kakus/WC). 

Kebiasaan atau pola hidup membuang air besar tidak pada tempatnya sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat setempat. Kebiasaan seperti ini sangat tidak baik dan mempunyai dampak yang sangat buruk bagi lingkungan maupun kesehatan masyarakat itu sendiri.

Dengan diadakannya program pembuatan fasilitas MCK oleh Satgas Yonif Mekanis 413 Kostrad, diharapkan memberikan perubahan pola hidup sehat bagi masyarakat khususnya di daerah perbatasan Kabupaten Boven Digoel.

Program ini tidak dipusatkan hanya disatu titik saja, tetapi pembuatan fasilitas MCK dibagi pada 3 Distrik yang ada, antara lain Distrik Mindiptana, Waropko dan Kombut. Sebanyak 12 sarana MCK akan dibangun untuk masyarakat Kabupaten Boven Digoel, saat ini baru 10 fasilitas MCK yang telah selesai dibangun dan sisanya masih dalam proses pengerjaan oleh anggota Yonif Mekanis 413 Kostrad.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 413 Kostrad Mayor Inf Arif Munawar menyampaikan, "Diharapkan dengan dibangunnya fasilitas ini, masyarakat jadi lebih peduli dengan kesehatan lingkungan serta masyarakat harus dapat menjaga dan merawat sarana MCK yang telah dibuat”.

Program ini mendapatkan apresiasi serta tanggapan yang positif dari masyarakat dan Pemerintah setempat. Dengan dibangunnya sarana MCK ini masyarakat dapat membuang air besar pada tempatnya. Program Karya Bhakti TNI diprogramkan oleh Mabes TNI khususnya di daerah terpencil dan perbatasan guna membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan di masyarakat perbatasan. (Pendiv2/red1).

Subscribe to receive free email updates: