Latihan Simulasi SRC-PB Wilayah Timur

Latihan SRC-PB Wilayah Timur / Pendiv2
Pendivif2 - Setelah sehari sebelumnya Selasa (18/10) dilaksanakan pembukaan dan pembekalan Latihan SRC - PB Wilayah Timur, kali ini Panitia dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) gelar simulasi kegiatan penanggulangan Bencana, Rabu (19/10) di areal Hotel Purnama, Kota Batu.

Kegiatan yang mengambil tema simulasi Bencana Tsunami dan Gempa Bumi ini, dengan tujuan agar masing-masing Bidang memahami dan penanggulangan serta penanganan Bencana alam. Kepala SRC PB Wilayah Timur Yana Susana, S.I.P menjelaskan, bahwa kegiatan simulasi ini merupakan rangkaian dari tahapan dalam pelatihan gabungan SRC - PB Wilayah Timur yang diselenggarakan oleh BNPB Pusat.

Dalam pelatihan ini masing-masing Bidang melaksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai dengan kelompok Bidang yang ada dalam struktur organisasi SRC - PB Wilayah Timur", pangkasnya.

Kegiatan simulasi ini melibatkan 140 peserta yang terbagi dalam masing-masing Bidang, antara lain :
- Bidang Info Media
- Bidang Kaji Cepat dan Perencanaan
- Bidang Sumber Daya
- Bidang Operasi

Dengan pembekalan materi simulasi ini, semua Bidang diharapkan mampu memahami langkah-langkah dalam penanganan korban bencana karena sebagai ujung tombak dalam penanggulangan bencana yang suatu saat bisa terjadi di Wilayah Timur Indonesia.

Direncanakan, Kamis (20/10) bertempat di Hutan Cuban Talun Batu akan dilaksanakan sesi Field Training Exercise (FTX) atau geladi lapangan oleh seluruh jajaran. Kegiatan ini merupakan aplikasi lanjutan dari pelaksanaan CPX (Command Post Exercise). (Pendiv2/red1).