Informasi Kongres Sungai Indonesia (KSI 2) 2016 di Bendungan Selorejo Malang Barat

Serahterima Kepanitiaan KSI dari Gubernur Jateng ke Gubernur Jatim dihadapan Pokja KSI Jatim
JurnalMalang - Kongres Sungai Indonesia yang ke 2 (KSI II) akan diselenggarakan di Bendungan Selorejo Kabupaten Malang, Jawa Timur pada tanggal 20-24 Agustus 2016. KSI2 ini merupakan kelanjutan dari acara Kongres Sungai Indonesia yang pertama (KSI1) yang dulu diadakan di Banjarnegara Jawa Tengah tahun 2015 lalu. Maka tahun 2016 ini Jawa Timur menjadi tuan rumah KSI yang kedua. Rencananya KSI yang ke 3 tahun 2017 akan diadakan di Kalimantan.

KSI merupakan agenda tahunan yang berskala nasional dengan diikuti oleh berbagai perwakilan instansi pemerintah seperti dari Jasa Tirta, Perhutani, Dinas PU/Binamarga Pemda, PDAM/PAM, Pengairan, LSM Lingkungan, Media Massa, Akademisi dan lain sebagainya. 

Ada banyak aspek yang dibahas di dalam KSI seperti bagaimana menyatukan visi terkait fungsi dan pengelolaan sungai yang pro lingkungan; usulan terhadap regulasi pengelolaan air, lingkungan dan khususnya tat kelola sungai sebagai salah satu urat nadi kehidupan masyarakat. Grand temanya adalah bagaimana mengembalikan fungsi sungai, dimana pada zaman dulu sungai merupakan sentral peradaban.

Diskusi Publik tentang Sungai di UM sbg Agenda Pra-KSI-2
Dalam rangka mempersiapkan agenda KSI 2 Selorejo maka panitia KSI2 telah melakukan serah terima kepanitiaan bersama Gubernur JATENG Gandjar Pranowo kepada Gubernur JATIM Dr. Soekarwo pada mei lalu di hadapan POKJA KSI jatim. Audiensi dengan DPRD JATIM, DPR RI, Panglima Armatim dan berbagai pihak sudah dilakukan. Demikian pula sosialisasi kepada masyarakat luas.

Rakor Panitia KSI2 di Sekret Panpel KSI2 di Ijen52 Malang
Sekretariatan kepanitiaan KSI2 di kota Malang terletak di Rumah Dinas Perum Jasa Tirta 1 (PJT1) Jalan Besar Ijen Nomor 52 (Sebelah Utara Kantor Perpustakaan Umum Kota Malang) Malang. Sebagaimana koordinasi terbaru panitia OC dan SC KSI 2 JATIM (25/06/2016) pelaksanaan KSI2 Selorejo Malang dipastikan dilaksanakan pada 20-24 Agustus 2016, dengan peserta sekitar 3.000 perwakilan dan Pembukaan Acara akan Dibuka Oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo. (jm1).

Subscribe to receive free email updates: