Membuat Media Online Indie; Sederhana dan Murah dengan Domain Sendiri dan Hosting Gratis Blogger

Sekarang bukan jamannya lagi menjadi pengikut media-media besar yang mapan. Jangan mau dikendalikan oleh berita dan informasi media mainstream. Kita harus menghapus monopoli jaringan media mapan sebagai penyedia berita dan informasi untuk publik. Ayo rame-rame membuat Media Online Indie yang tidak ribet dengan sejumlah aturan dan tata tertib jurnalistik. Sepanjang tidak menyinggung SARA, dan bermanfaat maka Media Online sangat dibutuhkan sebagai penyeimbang media informasi publik. Teknologi Informatika telah menyiapkan segalanya.


Media Online Indie adalah istilah yang digunakan untuk menyebut Wahana penyampaian informasi dan berita yang independen, murah dan tidak harus terikat pada formalitas media massa yang berorientasi profit aja. Formalitas yang dimaksud adalah harus mendirikan Badan Hukum (PT/CV/Yayasan/Lembaga) atau harus punya kantor dan tim redaksi yang banyak dan modal besar. Lupakan dulu semua itu. Teknologi menawarkan kemudahan 'ga pake ribet' dan manfaatkanlah dengan sebaik mungkin.

Apa saja ciri media online indie yang dimaksud?
  • Tidak perlu badan hukum yang menaungi keberadaan media online.
  • Tidak harus punya alamat kantor atau kalaupun ada bisa gunakan alamat rumah masing-masing. Atau kantornya di tas ransel juga bisa :)
  • Tidak harus bergabung ke dalam forum / aliansi Jurnalistik (AJI-PWI). Gabung di komunitas Blogger aja :)
  • Tidak harus terdaftar di PEMDA setempat.
  • Tidak takut dibredel aparat berwajib.
  • Tidak ada kewajiban untuk menyampaikan berita pesanan atau tunduk pada himbauan pihak tertentu. Bebas menyampaikan info apapun asal tidak menyesatkan masyarakat. Kalau mau bekerjasama juga boleh asalkan tidak ribet akan segala legalitas perusahaan.
  • Merdeka dari segala intervensi
  • Sewaktu-waktu bisa , apabila mau, ke depannya dibuat dengan konsep media online profesional, tentunya dengan biaya dan sistem manajemen media online yang profesional.
Bagaimana Cara Mendirikan Media Online Indie yang Sederhana dan Murah?
  • Buatlah BLOG media online dengan nama terserah kalau bisa yang unik dan keren. Kami rekomendasikan buat Blog di Blogger (blogspot). Cara buatnya search aja di om google.com yang merupakan keluarga besar blogger.com
  • Setelah selesai membuat blog, isilah dengan tulisan dan mulai memuat berita dan foto-foto.
  • Disarankan belilah domain (agar bisa lebih singkat: misalnya dari www.koranku.blogspot.com menjadi www.koranku.com) Murah kok, cuman Rp 95 ribu 1 tahun.
  • Setelah beli domain, arahkan (koneksikan) dengan blog yang sebelumnya sudah dibangun. Bila beli domainnya di WWW.IDWEBHOST.COM, akan dipandu langsung oleh operator mereka yang online 24 jam. Perusahaan Domain lainnya juga boleh, sama aja asal terpercaya dan memiliki reputasi sebagai penjual domain.
  • Proses integrasi domain berbayar dengan blog kita memakan waktu paling lambar 2 hari: transaksi domain sekitar 3 jam, aktivasi sekitar 6 jam dan koneksi total sekitar 24 jam.
  • Promosikan via FB-Twitter, sticker atau via cerita mulut ke mulut (MLM: marketing lewat mulut:).
Jadi, dengan modal hanya Rp 95 ribu (harga domain) dan sekitar 10 ribu (biaya warnet) kita sudah bisa mendirikan media online sendiri yang siap bersaing dengan media-media besar untuk sama-sama menyajikan informasi kepada masyarakat luas. Syukur kalau bisa mengisinya dengan tulisan dan berita yang menarik dan diperlukan publik maka akan masuk dalam halaman pertama mesin pencari google search.

Tapi kalau tidak ingin ribet dengan segala macam beli domain dan proses aktifasi hosting dll, langsung aja pakai domain+hosting gratisan yang di blogger atau wordpress. Banggalah dengan karya sendiri meskipun sederhana dan kecil artinya bagi orang lain. Kita sendirilah yang harus pertama kali menghargai hasil karya sendiri....

Subscribe to receive free email updates: