Jelajah Perumahan Murah Bersubsidi di Kawasan Timur Kota Malang

Kali ini kami membahas Perumahan Murah bersubsidi di kawasan Timur kota Malang, yang disebut Perumahan Bulan Terang Utama (BTU), tepatnya di atas bukit rendah Kelurahan Madyopuro Kec. Kedung Kandang Kota Malang, Jalan Raya Ki Ageng Gribik.Perumahan ini atas prakarsa Pemerintah dan mendapat subsidi sehingga hanya boleh dijual kepada masyarakat yang belum punya rumah dan dari kalangan menengah ke bawah. Jumlah unitnya ada puluhan ribu rumah.


Perumahan BTU dibangun di atas sebuah bukit yang luasnya puluhan ribu hektar sudah terbangun setidak-tidaknya 5.000 an rumah dan hampir semuanya sudah laku dijual. Namun saat ini terus dibangun lagi hingga mencapai 10.000 unit rumah oleh PT. Bulan Terang Utama. Kawasan perumahan ini letaknya di dataran tinggi dan rencananya akan terus dikembangkan hingga menembus Perum Cemoro Kandang dan Perum Buring di selatan.

Kelebihan dari perum BTU ini adalah:
  1. Lokasinya di kota Malang dan akses menuju Bandara Abd. Saleh sudah mudah dan dekat
  2. Tersedia tiga macam type mulai dari RSH type Kecil (type 36 ) dengan luas tanah 65 meter. Harga jualnya Rp 88 juta (2014 ini ada kenaikan harga dan akan terus naik hingga di atas 100 juta). Kredit bisa sampai 20 tahun dengan uang muka hanya 10 %. Biaya realisasinya sekitar Rp 2 juta. Rumah type ini adalah rumah tapak jejer dinding menyatu, dua kamar tidur, 1 kamar tamu dan 1 kamar mandi. Dapur masih harus bangun sendiri. Kami menyarankan anda beli cash aja untuk rumah type ini.
  3. Tersedia juga Type sedang 45, 60, 70 standard 70 pojok dan ukuran besar 120 pojok. Harganya bervariasi antara Rp 275 juta, Rp 320 juta, Rp 475 juta, 675 juta dan Rp 985 juta. Dengan demikian maka penghuni Perumahan BTU ini nantinya beragam latar belakang ekonomi.
  4. View perumahan ini sangat indah bisa memandang hamparan kota Malang dan jauh di barat sana tampak deretan gunung. Suasananya juga sejuk dan jalan masuknya dekat, lebar (jalan kembar) dan tidak curam.
  5. Masih banyak tersedia kavling hanya saja yang lokasinya agak di ujung dan belum dibangun (masih proses perataan tanah).
Kekurangan dari perumahan BTU ini adalah:
  1. Rumah type tapak kecil (36) terlalu sederhana, menggunakan batako dan tidak lengkap (dapurnya harus dibangun sendiri). Tapi imbang dengan harganya yang murah. Jalan di depan tapak lebar.
  2. Pengajuan kreditnya sangat selektif (oleh Bank Bukopin).
  3. Terlalu mengistimewakan pengajuan kredit dari kalangan PNS / TNI-Polri dan atau tenaga kerja yang sudah bekerjasama dengan Jamsostek, sehingga rakyat biasa sulit mendapatkan ACC dari Bank. Semboyan Perumahan bersubdisi terlalu berlebihan karena dari aspek besaran angsuran dll cukup lama dan besar bagi rakyat yang disubsidi. Buktinya yang berhasil mendapatkan ACC adalah dari kalangan yang mampu.
  4. Bagi yang sudah memiliki rumah (dibuktikan dengan nama dalam sertifikat) tidak boleh lagi membeli rumah tapak di perumahan ini karena alasan perumahan ini perumahan rakyat bersubsidi. Tapi bisa saja pakai nama orang lain atau nama anggota keluarga lain.
  5. Proses penyelesaian pembangunannya lambat, peminatnya banyak namun banyak yang mundur justru karena terlalu lama menunggu rumah selesai dibangun. Saat ini sudah ada rumah yang berpenghuni di rumah jenis tapak (type 36) tapi mereka sudah mengajukan / membelinya sejak 2011-2012
Demikian jelajah perumahan murah di kota Malang ini khususnya di kawasan Malang Timur yang memang saat ini banyak sekali investasi perumahan. Saran kami, sebelum membeli rumah di kota Malang, sebaiknya anda survey lokasi dulu, teliti status tanahnya, peruntukannya dan harganya. Hindari membeli melalui makelar, datang langsung kepada kantor penjualan resmi.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya langsung aja ke Kantor Pemasarannya di Jalan Ki Ageng Gribik No. 999 (depan lokasi Perumahan BTU) Madyopuro Malang......

Subscribe to receive free email updates: