Membuat Media Online Indie; Sederhana, Murah dengan Domain Sendiri dan Hosting Gratis Blogger


Gbr. Ilustrasi / google

JurnalMalang, Panduan Media - Sekarang bukan jamannya lagi sekedar menjadi pengikut / konsumen media-media besar atau media mainstream. Jangan hanya menjadi objek berita dan informasi media mainstream. Padahal kita mampu menjadi subjek media.

Era baru ini memungkinkan kita bisa mengimbangi monopoli jaringan media mapan sebagai penyedia berita dan informasi untuk publik. Saatnya sobat rame-rame membuat Media Online Indie yang tidak ribet dengan sejumlah aturan dan kaidah jurnalistik kuno. Sepanjang tidak menyinggung SARA, dan konten informasinya bermanfaat untuk masyarakat maka Media Online alternatif sangat dibutuhkan sebagai penyeimbang media informasi publik. 

Teknologi Informatika era 4.0 telah menyiapkan segalanya. Media citizen journalistik adalah alternatif yang ideal untuk membangun situs media informasi publik. Lebih praktis, mudah dan bermanfaat.


Media Online Indie adalah istilah yang kita digunakan untuk menyebut sarana penyampaian informasi dan berita yang independen, murah dan tidak harus terikat pada formalitas media massa yang berorientasi profit aja. Formalitas yang dimaksud adalah harus mendirikan Badan Hukum (PT/CV/Yayasan/Lembaga) atau harus punya kantor dan tim redaksi yang banyak dan modal besar. Lupakan dulu semua itu. Teknologi menawarkan kemudahan 'ga pake ribet' dan manfaatkanlah dengan sebaik mungkin.


Apa saja ciri media online indie yang dimaksud?
  • Tidak perlu badan hukum yang menaungi keberadaan media online.
  • Tidak harus punya alamat kantor atau kalaupun ada bisa gunakan alamat rumah masing-masing. Atau kantornya di tas ransel juga bisa :)
  • Tidak harus bergabung ke dalam forum / aliansi Jurnalistik (AJI-PWI). Gabung di komunitas Blogger aja :)
  • Tidak harus terdaftar di PEMDA setempat.
  • Tidak takut dibredel aparat berwajib karena kontennya tidak melawan hukum.
  • Tidak ada kewajiban untuk menyampaikan berita pesanan atau tunduk pada himbauan pihak tertentu. Bebas menyampaikan info apapun asal tidak menyesatkan masyarakat. Kalau mau bekerjasama juga boleh asalkan tidak ribet akan segala legalitas perusahaan.
  • Merdeka dari segala intervensi
  • Sewaktu-waktu bisa , apabila mau, ke depannya ditingkatkan menjadi media online profesional yang berbadan hukum PT, tentunya dengan biaya dan sistem manajemen media online yang profesional.
Bagaimana Cara Mendirikan Media Online Indie yang Sederhana dan Murah?
  • Buatlah BLOG media online dengan nama terserah kalau bisa yang unik dan keren. Kami rekomendasikan buat Blog di Blogger (blogspot). Cara buatnya search aja di om google.com yang merupakan keluarga besar blogger.com. Sehingga jadinya seperti ini: www.koranku.blogspot.com (panjang memang).
  • Setelah selesai membuat blog, isilah dengan tulisan dan mulai memuat berita dan foto-foto. Sebaiknya isi dengan sekurangnya 10 tulisan.
  • Disarankan belilah domain (agar bisa lebih singkat: misalnya dari www.koranku.blogspot.com menjadi www.koranku.com) Murah kok, cuman Rp 95 ribu 1 tahun. Setiap tahun hanya domain cenderung naik. Nama-nama domain juga harus pintar cari nama yang bagus. Beli domain di perusahaan penyedia domain. Cari saja di google. Kami belinya di IDWebHost.
  • Setelah beli domain, arahkan (koneksikan) dengan blog yang sebelumnya sudah dibangun. Bila beli domainnya di WWW.IDWEBHOST.COM, ada panduannya atau akan dipandu langsung oleh operator mereka yang online 24 jam. Perusahaan Domain lainnya juga boleh, sama aja asal terpercaya dan memiliki reputasi sebagai penjual domain.
  • Proses integrasi domain berbayar dengan blog kita memakan waktu paling lambar 2 hari: transaksi domain sekitar 3 jam, aktivasi sekitar 6 jam dan koneksi total sekitar 24 jam.
  • Promosikan via FB-Twitter, sticker atau via cerita mulut ke mulut (MLM: marketing lewat mulut:).

Jadi, dengan modal hanya Rp 95 ribu (harga domain) dan sekitar 10 ribu (biaya warnet, atau free wifi) kita sudah bisa mendirikan media online sendiri yang siap bersaing dengan media-media besar untuk sama-sama menyajikan informasi kepada masyarakat luas. Syukur kalau bisa mengisinya dengan tulisan dan berita yang menarik dan diperlukan publik maka akan masuk dalam halaman pertama mesin pencari google search.

Tidak ada perbedaan mendasar antara situs media pro yang umumnya menggunakan platform wordpress dengan media indie yang pakai blogger, kecuali traffick atau jumlah pengunjungnya. Tidak sedikit juga media pro berbadan hukum PT menggunakan hosting gratis blogger.

Kalau tidak ingin ribet dengan segala macam beli domain dan proses aktifasi hosting dll, untuk tahap awal langsung aja pakai domain+hosting gratisan yang di blogger. Memang, namanya akan panjang. Mulailah sekarang. Banggalah dengan karya sendiri meskipun sederhana dan kecil artinya bagi orang lain. Kita sendirilah yang harus pertama kali menghargai hasil karya sendiri....
(Netizen indie)