Gambaran Kampus / Perguruan Tinggi di kota Malang, Pilih Kuliah di Mana??

Kota Malang merupakan kota pendidikan, salah satu kota favorit tujuan kuliah di Indonesia. Selain karena ada 50-an perguruan tinggi (Kampus) baik PTN maupun PTS, suasana kotanya sejuk, aman dan indah. Biaya hidup dan sewa kost di Malang relatif lebih murah. Namun sebelum memutuskan untuk menempuh studi di Malang, sebaiknya anda harus mengetahui dulu profil kampus yang dituju berikut prodi-nya. Jangan lupa juga kenali dulu lokasi, situasi sosial dan sarana pendukung di lingkungan sekitar tempat anda belajar.

Sekedar info aja, di kota Malang terdapat 3 kampus NEGERI terkenal yaitu: Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang. Ada juga kampus milik pemerintah seperti AKPER/AKBID IJEN dan POLTEK NEGERI (POLINEMA) Jalan Sukarno/Hatta.

Universitas Brawijaya (UB) terletak dijantung kota Malang yaitu di jalan veteran, berdekatan dengan Malang Town Square dan termasuk di dalam zona pendidikan. Kampus ini amat luas dan lumayan hijau dan sebentar lagi akan melauncing dua tower tinggi Asrama Mahasiswa yang berlokasi di dalam kampus. Hanya memang sulit masuk lolos di kampus ini karena memang jumlah peminatnya tinggi sementara yang diterima lebih sedikit. Tapi jangan khawatir, ada banyak jalur antara lain jalur prestasi, jalur teks khusus (entah apa namanya) dan program ekstensi, namun biayanya WOW lebih laham ker..

Sementara UM merupakan kampus keguruan (dulunya IKIP Negeri Malang), jadi peminatnya lebih banyak orang yang berorientasi jadi pengajar atau guru. Namun dengan melihat program dan jurusan baru saat ini UM tidak lagi didominasi mahasiswa yang bercita-cita jadi guru namun sudah luas peminatnya. Kampus ini juga terletak di tengah kota, malah lebih keren dekat dengan jalan raya Ijen dan kawasan kuliner Pulosari..

Sementara UIN Maliki Malang berada di kawasan Sumbersari tidak terlalu jauh dari UB. Kampus ini lumayan megah dan memiliki ma’had yang luas lazimnya kampus Islam modern yang nampaknya berambisi menyaingi Universitas Al-Azhar Mesir. Sekarang program studinya tidak hanya berbasis agama namun juga ada Arsitektur, IT, Psikologi dan segera membuka program Kedokteran, Kehutanan, Kelautan, Pertanian dst. Mahasiswa baru selama 1 tahun wajib tinggal di asrama di dalam kampus.

Kampus berkualitas bukan hanya milik kampus negeri saja. Ada banyak kampus swasta favorit di kota Malang, yang program dan jurusannya bahkan bisa melebihi kualitas kampus negeri. Lihat saja misalnya STIE Malang Kucecwara, kampus bonafid ini memiliki jurusan ekonomi, bisnis dan manajemen sebagai andalannya yang sejak lama diakui nasional, mahasiswanya banyak yang jadi model, ganteng dan cantik-cantik J
Lalu ada Universitas Merdeka Malang (UNMER), kampus swasta tertua di kota Malang yang terletak di jalan terusan Dieng (Barat Dieng Plasa). Kampus ini memiliki jurusan andalan IT, Teknik Mesin, Hukum, D3 Perbankan, Ekonomi Akuntansi, SIPIL dan Psikologi. Kampus ini pernah masuk sebagai 10 besar kampus terbaik nasional.

Ada lagi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kampus swasta terbesar di Malang bahkan juga di Indonesia, dengan gedungnya yang termegah multi fasilitas kampus UMM memiliki mahasiswa di atas 35 ribu orang (S1) belum termasuk Pasca Sarjana, S3 dan Diploma. Jurusan andalannya adalah Sospol, Hukum, Psikologi, Ekonomi dan Kedokteran.

Di Malang Timur (Sawojajar) ada Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (STIBA) sekolah yang khusus kuat di bahasa Asing seperti Inggris-Prancis, Mandarin, Jepang, Korea, Jerman dst. Pada masa jayanya STIBA menjadi salah satu kampus favorit di Jawa Timur. Artis senior Atiek CB adalah alumninya. Di sebelah kampus ini juga ada Univ. Wisnuwardhana yang memiliki jurusan andalah Psikologi, bisa jadi merupakan 3 besar Psikologi terbaik di Malang.

Kemudian ada Univ. Islam Malang (UNISMA) yang terletak di Dinoyo. Kampus yang dulu namanya Univ. Nahdlatul Ulama (UNNU) ini berganti nama menjadi Unsuri lalu UNISMA memiliki jurusan andalan Kedokteran dan memiliki rumah sakit sendiri yang lumayan bagus dan lengkap. Mantan Rektornya, Prof.DR.KH.Tolhah Hasan, pernah menjadi Menteri Agama di era Gus Dur.
Di seberang selatan UNISMA agak masuk ke dalam, ada Univ. Gajayana Malang (UNIGA, kampus favorit mahasiswa asal Indonesia Timur dan Tengah seperti NTB dan Sulawesi. Kampus ini memiliki program Pasca Sarjana dan memiliki pemancar/chanel TV sendiri.

Agak ke Utara, di dekat STIE MC (ABM) ada kampus Univ. Widya Gama Malang, salah satu kampus lama yang memiliki nama besar di Malang. Memiliki program pasca sarjana dan memiliki SMA dan SMK di bawah naungan yayasan yang sama. Lebih ke Utara lagi, ada STIKKEN JAYANEGARA yang biasanya menjadi pilihan favorit PNS dan Anggota Dewan.

Bergerak ke Selatan, ada Univ. Kanjuruhan yang memiliki gedung besar, terletak di tepi jalan dan menjadi kampus incaran mahasiswa asal Indonesia timur. Demikian juga dengan Univ. Tribuana Tunggadewi yang terletak di Tlogomas serta Institut Pertanian Malang (IPM) yang berada di Griya Santa Suhat Malang.

Lalu ada banyak kampus yang berbasis kesehatan seperti AKBID, AKPER, Sekolah Tinggi Keperawatan, STIKES yang jumlahnya puluhan dan semua memiliki sarana lab yang modern dan lengkap.

Kalau ingin kampus yang elitis dan eksklusif maka pilihannya ada pada Univ. Ma Chung yang terletak di Perum Puncak Tidar yang mewah dan mahal. Kampus ini milik LIPPO group dan mahasiswanya banyak dari keturunan Cina dan semuanya orang berduit.
Kalau ingin kampus yang harganya terjangkau pilih di UNIGA, STIBA, UWIDHA, UNNIKAN, UWG, UNITRI, UNISMA.
Kalau ingin yang lebih murah lagi bisa di STIE Indonesia (Dekat UNMER), IPM dan STIH.

Lalu ada Sekolah Tinggi Teknik Malang (STTM) yang belakangan ini tengah berkembang pesat. Kampus ini terkenal sebagai Kampus berbasis Multimedia yang amat maju saat ini. Memiliki 5 lokasi kampus antara lain di timur jalan Sukarno Hatta (setelah Restoran Ringin Asri ke timur). Dilengkapi gedung National Multimedia Centre (NMC) depan Perum Permata Jingga Suhat dan kabarnya akan melauncing TV Pendididikan sendiri.

Info lengkapnya bisa di akses di konten lainnya di : http://www.jurnalmalang.com/2013/12/kampus-swasta-tempat-kuliah-favorit-di_15.html.

Subscribe to receive free email updates: