Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat, Dr. Tantri Bagikan Sarana Cuci Tangan Kolektif

JurnalMalang - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona/covid-19 di Kabupaten Malang.

Setelah sebelumnya membagikan hand sanitizer, sarung tangan karet, masker hingga penyemprotan pasar dan desa, kali ini Anggota Fraksi DPRD PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini membagikan gentong air gratis di beberapa desa di Kecamatan Wajak dan Kecamatan Tajinan.

Selain desa, perempuan yang akrab disapa Tantri itu juga memberikan gentong air cuci tangan di sarana publik seperti pondok pesantren dan pasar rakyat.

Puluhan gentong berwarna merah itu akan dijadikan sebagai fasilitas cuci tangan bagi warga untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Itu adalah bagian dari edukasi untuk membangun kesadaran masyarakat bagaimana menjaga kebersihan dan kesehatan," ujar Tantri usai memberikan gentong air cuci tangan kepada Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Rabu (15/04/2020).

Tantri meminta agar warga turut menjaga sarana cuci tangan tersebut dan ikut bergotong royong secara swadaya untuk mengisi air gentong dan sabun jika habis.

"Kepedulian dan sikap gotong royong harus kita bangun bersama-sama. Jika airnya atau sabunnya habis mari kita swadaya isi bersama," papar Doktor lulusan Universitas Brawijaya Malang itu.

Sutrisno, Kasi Pemerintahan Desa Ngawonggo mengapresiasi atas kepedulian Tantri Bararoh terhadap masyarakat untuk menanggulangi covid-19.

Sutrisno secara langsung merasakan dampak dari gentong air cuci tangan tersebut. Menurutnya, tempat cuci tangan itu sangat dibutuhkan warga.

"Dengan adanya gentong air ini, perangkat desa maupun masyarakat bisa semakin rajin cuci tangan. Mudah-mudahan masyarakat desa Kabupaten Malang selalu dilindungi dan terbebas dari virus corona, sehingga kegiatan normal kembali," papar Sutrisno. **