Pelopor Jurnalisme Warga (Malang Raya, Jawa Timur)

Polling Pilkada MLG_KAB 2020 [One Phone One Vote]

Opini Mahasiswa : Pengaruh Globalisasi Pada Persebaran Covid 19 Di Dunia

Ilustrasi / ig
 Iksan Trio Pamungkas
(Mahasiswa Sosiologi Fisip Universitas Muhammadiyah Malang)

Covid 19 atau virus corona  adalah sebuah pandemi yang di waktu sekarang mampu merubah tatanan kehidupan  dunia pada titik  keterpurukan, sampai saat ini penemuan vaksin juga masih belum ditemukan, saya ibaratkan Covid 19 bagaikan perang dunia ke 4 sebab semua negara terkena dampaknya semua negara berlomba lomba untuk menemukan vasin dan berperang untuk menghentikan persebaran virus ini .

Berbicara Covid 19 maka tak luput dari pengaruh globalisasi sebab,  Globalisasi justru sangat mempengaruhi meningkatnya persebaran virus corona di berbagai macam belahan dunia karna mengapa bisa berdampak besar sebab globalisasi sendiri juga punya artian yaitu Suatu proses yang mendunia, suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak. Di era globalisasi saat ini  yang didukung perkembangan teknologi ilmu pengetahuan yang super power di dunia global. dan  alat transportasi  seseorang di suatu wilayah dapat mengetahui segala jenis informasi yang tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah.

Dengan adanya proses tersebut dunia global saling ketergantungan saling berhubungan satu sama yang lainnya baik di sektor ekonomi ekspor impor sebagai jalur perdaganngan dari sektor wisata dengan banyaknya keluar masuk akses wisatawan manca negara dari berbagai belahan dunia dengan hal ini menujukan bahwa di tengah wabah virus corona dunia dihancurkan oleh virus ini menghancurkan kapitalisme dunia menghancurkan perdangangan dunia industri wisata dengan ini corona dapat menyebar ke segala penjuru dunia dengan adanya sistem globalisasi ini corona dengan cepat menyebar ke negara negara lain karna negara global memiliki sistem yang membuat dunia saling terbuka dan bergantungan dengan negara lainnya denngan  berbagai akses masuk keluar antar negara yang bebas saling bekerjasama sama membuat dunia menjadi korban keganasan virus corona dan berdampak panjang bagi perekonomian dunia nilai mata uang dunia hancur meleah pendapatan perkapita di segala bidang merosot  drastis. dunia seolah olah tenggelam dunia seolah olah mati tak berdaya.
Dalam perkembangannya virus corona ini sudah menembus 200 negara yang terinveksi dengan jumlah penduduk didunia lebih dari 4, 4 juta yang terinveksi dengan seiring berkembanganya waktu, jumlah tersebut akan naik lagi. Ini adalah bukti nyata bahwa globalisai mampu mendorong tersebarnya virus corona sebab Perekonomian adalah bagian dari kehidupan sosial yang paling banyak bersentuhan dengan globalisasi. Misalnya perdagangan internasional dan masuknya barang-barang impor di Indonesia.

Globalisasi ekonomi pun membawa dampak besar bagi tersebarnya virus corona di  masyarakat kita bukan saja globalisasi ekonomi saja tetapi globalisasi hubungan internasional hubungan politik, hubungan wisatawan destinasi wisata  mau tidak mau dunia darurat corona.
kesimpulan yang dapat saya  ambil pada saat Pandemi covid 19 adalah kekuatan kekuasaan baik dari negara maju dan berkembang di dunia ini tidak bisa menjadi indikator dalam keberhasilan dalam penyelesaian virus corona dan pengaruh adanya globalisasi pada saat ini yang sedang berkembang pesat di dunia sangat berdampak besar pada proses persebaran  virus corona ini karna dunia mau tidak mau harus membuka memperluas hubungan dan kerjasama antar negara dengan demikian hal ini menimbulkan   kurva  persebaran covid 19 sangat berkembang cepat penularannya di berbagai belahan dunia.*

Subscribe to receive free email updates: