Jadikan HMI Komisariat ISIP UMM Sebagai Rumah Kedua Perkaderan

JurnalMalang - Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (HMI ISIP UMM) pada Ahad (01/10) akan menggelar Masa Perkenalan Calon  Anggota (Maperca) bertajuk “HMI Berteman Lebih dari Saudara” di Pusat Dakwah Muhammadiyah (PDM) Sengkaling, Dau, Malang.

Menurut Ketua Umum HMI Komisariat ISIP UMM Abu Nizam Al-Zanzami,  Maperca tahun ini, pengurus melakukan sebuah rekayasa dengan metode pola pendampingan dini, sehingga ke depan kader dapat menjadikan HMI Komisariat ISIP UMM sebagai rumah kedua tempat berproses dan beraktualisasi diri bersama keluarga seperti halnya di rumah sendiri.

Nizam bilang, setiap organisasi membutuhkan kader yang solid secara tim dan militan secara individu. Kombinasi kekuatan inilah yang nantinya akan menunjang proses pembelajaran seorang anggota dalam melakukan aktifitas organisasi yang ada.

“Seorang kader yang memiliki integritas yang tinggi saat ini sangat dirindukan. Integritas yang didasari pada semangat berbagi dan menolong sesama, menjadi rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil ‘alamin),” kata Nizam di Malang, Sabtu (30/09) malam.

Dikatakan Nizam, komitmen dan rasa memiliki terhadap organisasi adalah bentuk konsekuensi logis dari perasaan nyaman dan dihargai dari seluruh anggota organisasi. Nizam melanjutkan, ketika seorang kader dapat merasakan hal ini, maka kepemilikan lembaga organisasi mahasiswa oleh semua kader akan terwujud.

“Ibarat rumah, jika kita sudah tidak merasakan kenyamanan ketika berada di rumah, pasti kita akan mencari banyak alasan untuk berada di rumah seminimal mungkin,” ujarnya.

Mengenai tujuan Maperca itu sendiri, kata Nizam, untuk membangun kedekatan emosional antara pengurus dan calon kader baru sebagaimana tema yang diusung oleh pengurus. Sementara, menurut catatan pengurus, jumlah peserta yang akan ikut Maperca berjumlah 95 orang dari berbagai lintas disiplin ilmu sosial dan politik. ***

Subscribe to receive free email updates: