250 Siswa Ikuti Pendidikan Bela Negara di Markas Yonif Mekanis 413 Kostrad

Menguatkan rasa cinta tanah air / dok.pendiv2
Pendiv2 – Pendidikan bela negara sangat penting diterapkan kepada segenap warga negara Indonesia, terlebih bagi para pelajar. Hal itu diperlukan untuk membina karakter, penguatan revolusi mental dan mempersiapkan dalam menghadapi ancaman kepada para pelajar, seperti penyalahgunaan narkoba, paham radikalisme, pergaulan bebas serta konflik antar pelajar.

Sebanyak 250 siswa dari SMP Negeri Jatinom Klaten mengikuti kegiatan pendidikan bela negara yang diselenggarakan di Markas Batalyon Infanteri Mekanis 413 Kostrad, Sukoharjo, Rabu (15/3).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini juga bertujuan untuk menguatkan rasa cinta tanah air kepada para siswa, meyakini kebenaran Pancasila sebagai ideologi negara, membentuk kedisiplinan dan etos belajar, kemandirian, serta kesetiakawanan sosial melalui semangat gotong royong.

Adapun kegiatan yang diberikan tidak hanya difokuskan pada kegiatan ceramah saja, namun diberikan kegiatan yang mengandung unsur mendidik dan melatih konsentrasi siswa, melatih daya ingat, tanggung jawab dan kekompakan, seperti permainan ketangkasan, pengetahuan kompas, pengetahuan pertolongan pertama lapangan (longmalap) dan api unggun.

Letda Inf Warmu Selaku Kepala Komando Rumah (Kakorum) Yonif Mekanis 413 Kostrad menyampaikan, “Kegiatan ini mendidik para siswa agar memiliki disiplin tinggi dan membentuk jiwa korsa yang positif, sehingga mereka tidak melakukan perbuatan yang berdampak negatif bagi sekolah maupun lingkungan”, ujarnya.

“Indonesia membutuhkan pelajar yang dalam segala aktivitas didasari atas kecintaan dan kebanggaan terhadap NKRI. Semangat itu, nantinya akan melahirkan pelajar yang berkarakter dan berprestasi”, tambah Warmu.

Kegiatan ini berakhir pada hari ini dan ditutup oleh Serka Maryono selaku koordinator pembina Pramuka. “Saya ucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat, yang telah mendidik serta membina para siswa dan tentunya sangat bermanfaat besar bagi kami”, ucap Tri Daryanti selaku kepala sekolah SMP N Jatinom Klaten. (Pendiv2/red).

Subscribe to receive free email updates: