Membuat Situs Media (Massa) Online Indie, Bagaimana Cara dan Tahapan Membuatnya?

Ilustrasi / gg
Cara Membuat Situs / Portal Media Massa Online - Blog Berita dengan Hosting Gratis.

JurnalMalang - Di abad pencapaian tertinggi teknologi informasi saat ini  segala hal serba mudah. Portal berita dan informasi berbentuk website pun menjadi tren zaman yang sudah melampaui media cetak bahkan radio.

Kini siapapun bisa membuat Media Berita Online atau situs informasi online. Baik itu berupa Media Online profesional yang mengacu pada UU Pers maupun sebatas Portal Online (personal web/blog) mandiri yang tidak memiliki badan hukum (PT), tapi berstatus media Citizen Journalism (Jurnalisme Warga) yang hanya mengacu pada UU ITE.

Membuat semacam Koran Online (e-news) atau Majalah digital sudah bukan lagi monopoli jaringan media massa yang besar seperti Kompas Group, JawaPos Group, Republika, Detik, Okezone, Tempo dst; kini semua organisasi, komunitas, tokoh politik, artis, pedagang atau perorangan yang mau bisa membangun situs beritanya sendiri.

Kami sejak tahun 2013 sudah menerapkan sendiri bagaimana mengelola media indie, membantu memandu pembuatan media online serupa pada komunitas-komunitas, situs berita mandiri bagi organisasi pemuda. Di kemudian hari situs situs tersebut beralih menjadi media profesional berbadan hukum.

Mulailah membangun media online sendiri, situs berita yang dikelola secara mandiri. Persoalan kualitas konten, tim dan tampilan bisa dikembangkan secara berkelanjutan, sambil proses belajar menuju sempurna.

Mari kita bahas sekilas tentang tahapan dan prosedur membuat Media Online mandiri:

Sebelum menguraikan langkah-langkah dalam membuat situs berita online atau blog media online, kita bahas dulu beberap hal mendasar sebagai perangkat sistem membuat blog / situs media online:

Jenis Media (Massa) Online:
#MediaOnline, yaitu sebuah portal digital berupa situs/blog yang menyajikan informasi/berita publik secara online yang bisa diakses oleh siapapun melalui jaringan internet.

1. Media massa online pro yang berbadan hukum, yaitu media yang bernaung di bawah badan hukum perusahaan, Perseroan Terbatas (PT). Media jenis ini mengacu pada UU Pers dan tunduk pada aturan Dewan Pers. Media pro memiliki legalitas untuk perjanjian kerjasama iklan/publikasi dengan pihak pemerintah / swasta. Jurnalisnya dilindungi UU Pers.
2. Media massa Online indie yang dikelola secara mandiri atau tim namun tidak memiliki Badan Hukum. Kalaupun berada dibawah suatu badan hukum seperti Yayasan dan Koperasi maka sifatnya lebih pada suara komunitas dan saluran komunikasi yang berorientasi sosial dan berbasis pada misi kelompok.

Siapa saja yang boleh membangun media online?
#Semua orang berhak membuat situs berita, semua berhak menyajikan informasi kepada publik sepanjang tidak mengandung SARA dan merugikan orang lain. Khusus untuk media cyber (profesional) bisa berdiri di bawah badan hukum PT atau Yayasan. Yang berbadan hukum bisa memiliki akses kerjasama iklan formal dengan instansi pemerintah.

Media online yang non profesional berstatus Citizen Journalism dan mengacu pada hukum komunikasi publik pada umumnya serta UU ITE. Seorang diripun bisa membuat media massa online indie, non profesional.

Apa syarat membuat media online?
#1. Media massa online pro harus mendirikan PT dan kelengkapan lainnya sesuai aturan Dewan Pers.
#2. Media massa Online non pro, cukup bermodal akses internet melalui androit maupun warnet untuk membuat Email dan membangun situsnya.


Apakah membuat situs Media Massa Online itu mahal?
#Tentu saja tidak. Tapi ada dua pilihan.
1. Berbiaya mahal dengan membeli domain, hosting, template premium dll. Biasanya untuk media pro.
2. Ada yang hanya modal beli domain, lainnya gratis seperti dengan memanfaatkan fasilitas free di Blogspot, Wordpress dll. Bahkan untuk menampung ide gagasan informasi bahkan berita bisa memilih yang murni free : untuk membuat email, subdomain, hosting di Blogger / Wordpress anda tidak perlu membeli. Akses internetpun bisa didapatkan di jaringan hospot di cafe-cafe, restoran atau di hospot area di kampus dan sekolah. Tapi kalau ingin lebih meningkat kualitas tampilan dan kapasitasnya maka bisa membeli domain dan hosting di perusahaan domain dan hosting melalui internet. Bisa juga langsung membeli situs jadi tinggal mengisi atau melengkapi berita dan informasi aja. Harganya bervariasi.

Apa itu Domain?
#Domain adalah "nama" atau "alamat" situs kita. Misalnya nama situs ini: www.JurnalMalang.Com adalah disebut Domain atau domain mandiri.
Domain mandiri ada yang berakhiran .com, .id, .net, .co.id, .co, .org dll.

Apa itu Domain tak Mandiri / Sub domain?
#Sub domain adalah bila nama/alamat situs kita masih nunut / menumpang di sebuah jaringan penyedia domain/hosting.
Misalnya: sebelum memiliki domain mandiri, situs ini beralamat: www.jurnalmalang.blogspot.com , itu adalah domain yang tidak mandiri alias masih dompleng di blogspot. Ketika kita sudah membeli domain sendiri, maka tulisan "blogspot" tidak muncul lagi.

Bagaimana Cara mendapatkan Domain dan berapa harganya?
#Anda harus membelinya di perusahaan domain banyak bisa di searching di goolge.com.
Harganya rata-rata per domain adalah antara Rp Rp 100.000 per tahun - Rp 200.000. Saat tulisan ini direvisi harga domain yang .com Rp 150 an ribu per tahun. Setiap tahun harus diperpanjang dengan harga yang sama atau menyesuaikan dengan harga terbaru perusahaan penjual domain.

Domain situs ini belinya di www.idwebhost.com karena panduannya praktis, prosesnya mudah dan mereka online 24 jam untuk konsultasi.

Apakah pengertian Hosting?
#Hosting ibaratkan rumah. Domain ibaratkan alamatnya. Percuma kita punya domain bila tidak punya rumah, maka kita harus punya hosting untuk menampung tulisan dan gambar kita. Hanya bermodalkan domain saja maka situs kita belum berwujud apa-apa.
Ada dua pilihan Hosting: Beli sendiri atau menumpang di hosting lain seperti di blogger.

Bagaimana mendapatkan Hosting?
#Kalau yang gratisan maka bisa membuatnya di Blogger atau Wordpress. Misalnya, bikin aja blog di www.blogger.com bila selesai, berarti pertama tama domain dan Hosting anda adalah Blogger. Bila ingin lebih profesional maka anda bisa membelinya, harganya bervariasi.

Situs ini hanya domain yang dibeli, Hostingnya gratis karena menempel di blogger.

"JurnalMalang.Com adalah situs yang hanya membeli DOMAIN dan tidak memiliki Hosting karena menumpang di Hosting Blogspot. Cukup dengan bikin blog di blogger maka tinggal pasang saja alamat domain kita berdasarkan petunjuk cara dari perusahaan penjual domain."

Bagaimana Tahapan Membuat SITUS - BLOG MEDIA MASSA ONLINE yang Non Pro alias Free?
#Di bawah ini kita jelaskan tahapannya, yaitu membuat media hosting EQgratisan dengan menggunakan subdomain dan hosting gratis Blogger / Blogspot:
  1. Buatlah Perencanaan: Nama Medianya, segmentasi medianya di bidang apa dan siapkan bahan-bahan dasarnya seperti tulisan dan foto-foto.
  2. Buatlah sebuah EMAIL dari GMAIL.COM karena blogger.com adalah perusahaan miliknya Google yang juga punya Gmail.
  3. Baru kemudian buka situs www.blogger.com dan buatlah sebuah blog (Caranya bisa di search di Google.Com"
  4. Setelah membuat blog anda akan punya: 1) Alamat Blog (sub-Domain) 2) Hosting dan pastikan blog anda sudah terkoneks dengan search google.com. Semua tulisan yang ada di blog PASTI akan terkoneks dengan mesin pencari google. Umumnya memerlukan waktu 2-6 hari. Sabar dan teruslah isi blog dengan tulisan.
  5. Kelola blog dengan baik yang intinya berisi: Halaman berita / informasi; posting populer, arsip, tab laman, traffik, dan perangkat dasar di blog. Caranya semua lengkap cari di google.com
  6. Mulai promosikan blognya baik di facebook, twitter maupun di publikasi langsung.
#Tingkatkan Situs Blog Media Onlinenya secara perlahan-lahan:
  1. Disarankan belilah domain sendiri agar alamat website / situsnya lebih pendek: misalnya dari www.jurnalmalang.blogspot.com menjadi www.jurnalmalang.com (harganya murah / tahun seperti yang tadi di ulas di atas)
  2. Bentuklah tim kecil antara 2-4 orang yang bertugas untuk: teknis grafis - jurnalis/fotografer - humas. Terus bangun situsnya hingga penuh dengan berita dan informasi. Atau dikelola sendirian juga bisa.
  3. Bila sudah benar-benar kuat, pengunjung blog media onlinenya sudah banyak maka tingkatkan lagi dengan legalitas.
  4. Legalitas adalah dengan mendirikan PT yang nanti akan menaungi media online kita sehingga bisa bekerjasama dengan instansi pemerintahan untuk kerjasama iklan atau riset. Cara membuat PT khusus Media massa silahkan search di google.com.
  5. Bila sudah ada legalitas maka bisa bergabung dengan aliansi jurnalis atau organisasi pers lainnya dan terdaftar di Dewan Pers.
  6. Kalau sudah ada payung hukumnya maka sebaiknya tingkatkan kualitas tampilan situs / blog.
"Agar tampilan lebih apik dan tatakelolanya lebih bagus maka anda bisa hunting TEMPLATE di internet dan sebaiknya beli saja yang harganya terjangkau. Ada banyak situs penjual template web.

Contoh template JurnalMalang.Com beli di pemilik situs SUGENG.ID, yang prosesnya praktis, bisa digunakan untuk banyak situs dan free update template terbaru.

Demikian semoga bermanfaat. Salam Demokratisasi Informasi.

Subscribe to receive free email updates: