Kelebihan dan Keuntungan Kuliah di kota Malang

ilustrasi /tipsngampus.wp.com
JURNALMALANG - Malang salahsatu kota pendidikan terbesar di Indonesia dengan jumlah mahasiswa ratusan ribu orang di sekitar 60an perguruan tinggi yang tersebar di Malang Raya terutama kota. Berikut ini kelebihan dan keuntungannya bila memilih kuliah di kota Malang:

Pertama, Predikat Malang sebagai kota pendidikan sudah menasional. Jadi suasana kota Malang memang kondusif untuk proses pendidikan. Apalagi dalam 10 tahun terakhir ini kota Malang banyak meraih penghargaan di bidang pendidikan.

Kedua, Banyak pilihan kampus baik negeri, swasta, program S1, S2, S3, D3, D2, D1 maupun program pendidikan Profesi seperti Magistra Utama, School of Businness (SOB) dan Wearness Education Centre (WEC). Ada sekitar 60an perguruan tinggi dan banyak program pfofesi di bidang IT, Ekonomi, akuntansi, Perbankan, Pariwisata, Musik, Modeling dst.

Ketiga, Suasana kota yang aman dan kondusif serta hawa kota malang yang sejuk nyaman. Kota Malang termasuk kota besar yang menuju metropolis sehingga situasinya semakin aman dan akses dengan kepolisian dan aparat hukum sangat dekat. Semakin maju suatu kota maka semakin meningkat pula keamanannya.

Keempat, Akses menuju kampus mudah. Letak kampus di kota Malang umumnya di tengah-tengah kota dan cukup jalan kaki sudah sampai kampus. Kalaupun jauh dipinggir, namun tetap terakses dengan mudah oleh berbagai jalur angkutan, semisal STIBA & Univ. Wisnuwardana di Sawojajar dilintasi Angkot MM, CKL dst. Univ Kanjuruhan ada LG, GL, GML, LDG dst. Hampir tidak ada kampus yang letaknya jauh dari jantung kota. Mayoritas ada di tengah kota dan mudah terakses.

Kelima, biaya hidup murah. Dibandingkan dengan beberapa kota besar lainnya kota Malang termasuk mudah biaya hidupnya. Untuk kos kos an tersedia yang harga 100-an hingga 2 juta yang paling mewah per bulan. Kos di kota Malang sangat banyak di sekitar kampus dan harga terjangkau. Kemudian untuk biaya makan juga murah, misalnya nasi Goreng cukup Rp 9.500 sudah bisa makan dengan puas. Nasi lalapan ayam di sekitar kampus rata-rata 10an ribu bahkan ada yang lebih murah dengan jenis makanan yang beraneka ragam.

Harga komoditi lainnya juga terjangkau mengingat Malang kabupaten dan Batu juga memproduksi hasil pertanian, kelautan dan sayur mayur. Malang Barat dan Timur adalah pusat sayur mayur besar di Jatim. Malang Selatan adalah pusat ikan laut dan di kota Malang adalah salah satu pusat distribusi komoditas tersebut.

Keenam, Akses masuk kota Malang ada BANDARA, Terminal antar Provinsi dan Stasiun Kereta Antar Provinsi. Malang memang komplit untuk transportasi. Sudah punya bandara Abd Saleh Malang dengan maskapai seperti Garuda, Lion, Batavia, Sriwijaya Airlines, Batik Air jurusan MLG-JKT (Soeta/Halim)-BALI-KALIMANTAN. 

Ada Juga stasiun Kota Baru dimana berpangkalan Kereta Api ekseskutif GAJAYANA tujuan JKT, kereta Malabar tujuan Bandung, Malioboro Ekspres tujuan JOGJA, Matarmaja (kereta murah tujuan JKT). Selain itu juga ada kereta api antar kota tujuan SBY, BLITAR dan Banyuwangi.

Ketujuh, Malang banyak tempat hiburan dan wisata terutama wahana wisata edukasi yang jarang ada di kota lain. Kita dah pasti tahu betapa banyak lokasi wisata buatan di Batu seperti Jatim park, BNS, EcoGreen, Museum Angkut, Payung, Permandian Cangar yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Malang. Di kabupaten Malang juga banyak tempat wisata alam seperti Coban Rondo, Goa Cina, Wisata Pantai Ngliyep, Wendit dst. Di kota Malang sendiri ada banyak wisata even modern, wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah.

Demikian sekilas info kenapa kota Malang cocok untuk pilihan tempat kuliah...

Subscribe to receive free email updates: