Gus Abe, Kader Alumni UB, Terpilih Menjadi Ketua Umum PB PMII 2021-2023


JurnalMalang - Kongres XX Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) 2021 tuntas dilaksanakan dini hari tadi, Kamis 25/3/2021. Muhammad Abdullah Syukri atau akrab dipanggil Gus Abe terpilih menjadi Ketua Umum PB PMII periode 2021-2023.

Abe merupakan kader kelahiran Cirebon Jawa Barat yang mulai berproses menjadi kader PMII sejak kuliah di FISIP Universitas Brawijaya (UB) Malang tahun 2008. Tahun 2015 Abe melanjutkan studi pasca sarjana di Jerman. Usai lulus S2 Abe kembali ke Indonesia dan aktif di kepengurusan PB PMII Bidang Hubungan Internasional.

Sebagaimana diketahui, Kongres XX PB PMII telah digelar sejak Rabu 17 Maret 2021 lalu dan dibuka langsung secara virtual oleh Presiden RI Jokowi dari Istana Negara. 

Gambaran Perolehan suara putaran pertama, masih seimbang antara M.A.S dan M.S.H / wa.

Kemenangan M. Abdullah Syukri alias Gus Abe cukup dramatis mengingat selisih suara putaran pertama dengan kompetitor terkuatnya, M. Syarif Hidayatullah, hanya unggul satu suara, yaitu 64 : 63. Sisa suara menyebar ke puluhan kandidat lainnya dari total 249 suara yang diperebutkan. Di sini Abe masih berpeluang kalah mengingat kandidat MSH merupakan calon terkuat sejak awal sebelum Kongres dimulai.

Namun pada putaran kedua sebagai penentu, yang menyisakan hanya dua kandidat unggulan, Abe vs MSH, akhirnya dimenangkan oleh kader PMII Kota Malang ini dengan selisih suara cukup signifikan: 130 ~ 112 (total suara sah 242).


Di ujung suksesi, Abe berhasil menggalang koalisi dengan pendukung kandidat lainnya yang tersebar di 6 zona, yaitu Balikpapan, Samarinda, Batam, Kendari, Bekasi dan zona Lombok Timur. Seluruh daerah dipusatkan pada zona-zona tersebut dengan pertimbangan geografis. Dengan aplikasi khusus, semua zona terkoneksi secara realtime ke lokasi utama Kongres.
Meskipun dilaksanakan terpusat di Balikpapan Kalimantan, Kongres kali ini menggunakan sistem baru yaitu 6 zona dan mekanisme Kongres yang semi virtual untuk membatasi konsentrasi massa karena pandemi covid-19. 
Meski demikian, acara organisasi mahasiswa ekstra kampus (omeks) yang jumlah cabangnya terbanyak di Indonesia ini berjalan lancar. *Adm-2