Pertama dalam Sejarah KNPI, LPJ Ketum Haris Diterbitkan dalam Bentuk Buku Laporan Terbuka


Ternate, Maluku Utara - Untuk pertama kalinya dalam tradisi KNPI, Laporan Kinerja Ketua Umum DPP KNPI dipublikasikan dalam bentuk buku (ISBN: 978-623-97368-1-1) dan dibagikan di arena Kongres XVI KNPI yang diselenggarakan di Maluku Utara pada tanggal 15-22 Mei 2022.

"Kinerja Kepengurusan DPP KNPI periode 2018-2021 yang ditulis media dan didokumentasikan DPP, dirangkum dalam buku ini. Sebagai bagian dari memperkuat budaya literasi," ujar Ketum DPP KNPI Haris Pertama.


Haris membuka akses bagi pemuda dan rakyat Indonesia untuk mengetahui lebih jauh terkait dokumen hasil Kongres XV/2018 yang mengukuhkannya sebagai Ketum KNPI yang sah dan bagaimana solidnya pemuda Indonesia menjalankan amanat organisasi sesuai AD/ART KNPI. Diketahui, Haris membuat terobosan dengan merubah orientasi perjuangan aktivis KNPI Pusat, dari tren struktural ke kultural dan sosial kerakyatan. KNPI hadir lebih dekat dengan realitas kehidupan masyarakat Indonesia.

"Apa yang telah kami lakukan, baik dalam konteks membangun gagasan untuk pemuda dan bangsa, hingga program kerja KNPI untuk rakyat, diulas dalam buku ini. Kami bagikan kepada para senior, pimpinan OKP, DPD KNPI, Pemerintah dan tokoh pemuda yang hadir maupun yang tidak sempat hadir di acara Kongres XVI," sambung Haris.

Dijelaskan, publik juga berhak memberikan penilaian mana kelompok pemuda yang serius menjalankan organisasi sesuai aturan, memperkuat SDM pemuda dengan melanjutkan konsep rejuvenasi KNPI dan melaksanakan program kerja nyata yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Penataan organisasi tingkat Provinsi, Kota, dan Kabupaten telah dilakukan semaksimal mungkin. Sudah 330 daerah tingkat dua saya kunjungi dalam rangka mengonsolidir KNPI dan memperluas agenda KNPI untuk rakyat. Sinergi Pemuda Indonesia Bangkit," pungkasnya.

Berikut ini pendahuluan rangkuman buku LPJ Ketua Umum DPP Haris Pertama periode 2018-2022, yang diedit oleh penulis Liga Alam M:

Laporan Pertanggung Jawaban
Ketua Umum DPP KNPI
Periode 2018 - 2021

Assalamualaikum. Wr. Wb
Salam sejahtera untuk kita semua
Shalom
Om swasti astu
Namo budaya
Salam kebajikan
Rahayu

Pertama-tama saya mengucapkan puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rakhmat dan karunianya kita dalam berkumpul di tempat yang istimewa ini, yaitu Kongres XVI Pemuda/KNPI, dalam rangka menjalankan amanat organisasi dan menegakkan konstitusi, tegak lurus berdasarkan AD ART KNPI.

Saudara2ku, pimpinan sodang dan segenap peserta Kongres yang saya hormati.

Sejak terpilih menjadi Ketua Umum DPP KNPI dalam Kongres ke XV di Bogor pada tanggal 22 Desember tahun 2018, saya telah berjanji untuk membangun kekuatan pemuda Indonesia di bawah semangat #EnergyOfHarmony, membesarkan KNPI dengan program #KNPIuntukRakyat dengan mengedepankan semangat gotong royong pemuda Indonesia. Saya juga menegaskan, akan selalu tunduk pada aturan organisasi dan tidak akan berkompromi dengan pihak manapun yang merongrong kesolidan pemuda, apalagi mengacak-acak AD/ART KNPI.

Saya telah menyusun LPJ dalam 2 bentuk laporan. Pertama, Laporan resmi Ketua Umum, antara lain yang saya sampaikan dalam forum Pleno ini, dan Kedua, laporan terbuka Ketua Umum dalam bentuk buku literasi, yang dapat dibaca dan dinilai oleh pemuda dan rakyat Indonesia.

Secara umum, terdapat 5 Agenda Besar yang harus saya perjuangkan, baik saya sebagai Ketua Umum DPP KNPI maupun sebagai Mandataris Kongres XV/2018.

Pertama, Mengawal tegaknya konstitusi KNPI secara konsisten, dari awal Kepengurusan berjalan hingga memastikan terlaksananya Kongres XVI Pemuda KNPI yang kita laksanakan hari ini. Perjuangan yang pertama ini tidak ringan, karena kita sama2 ketahui masih ada pihak-pihak yang mengganggu keutuhan KNPI, upaya becah belah organisasi. Namun, Alhamdulillah, berkat semangat kebersamaan kita semua, para pemuda Indonesia yang setia di jalur kebenaran, kapal besar KNPI tidak goyah. Kita tetap utuh sebagai satu-satunya rumah besar pemuda Indonesia.

Kedua, konsolidasi dan kaderisasi keorganisasian kita jalankan secara maksimal. DPP KNPI aktif melakukan kunjungan ke berbagai daerah untuk memastikan jalannya roda organisasi, memperkuat konsolidasi dan mensinergiskan program-program DPP KNPI dengan DPD KNPI. Sehingga, agenda KNPIuntukRakyat mulai menyentuh berbagai pelosok nusantara. Pelaksanaan MUSDA2, Pelantikan Pengurus di tingkat DPD Provinsi maupun Kota dan Kabupaten berjalan sesuai harapan.  Saya menyaksikan langsung, bagaimana KNPI di daerah-daerah menjadi lokomotif perjuangan pemuda yang bermanfaat untuk rakyat dan daerah.

Ketiga, mewujudkan program-program strategis KNPIUNTUKRAKYAT. Bagaimana KNPI harus hadir di tengah2 jantung kehidupan rakyat, KNPI hadir dalam derita masyarakat dan KNPI menjadi poros utama yang memperjuangkan kepentingan rakyat. DPP KNPI telah merealisasikan program seperti: bakti sosial rakyat terdampak pandemi, bantuan korban bencana alam, safari amal ramadhan untuk anak-anak yatim dan bantuan sosial lainnya di berbagai daerah. DPP KNPI juga melakukan advokasi terhadap rakyat dalam memperjuangkan tegaknya keadilan.

Keempat, menjadikan KNPI sebagai pusat kajian dan diskusi gagasan pemuda, dalam merespon berbagai isu aktual bangsa, mulai dari masalah Pemilu, IPTEK, HanKam, Ekonomi, Politik dan Hukum. DPP KNPI telah banyak menyumbangkan narasi dan gagasan versi pemuda kepada negara, sebagai bagian dari kontribusi pemuda untuk mencapai target IndonesiaEmas2045.

Kelima, memperjuangkan tegaknya martabat dan nilai tawar aktivis pemuda di tengah dinamika kebangsaan, yang hari ini didominasi dan dibuat gaduh oleh para BUZZER2 politik. Saya memperjuangkan agar peran aktivis harus didengarkan dan diakomodir oleh Pemerintah. Aktivis pemuda yang ada di KNPI merupakan mitra kritis pemerintah, yang harus menjadi subjek perubahan dan ikut menggerakkan roda pembangunan.

Saya yakin, jika potensi pemuda yang ada di KNPI bersinergi, maka Indonesia bangkit akan menjadi kenyataan. Jika sinergi ini kita #Lanjutkan, maka kejayaan KNPI akan semakin nyata. Panji2 KNPI akan semakin berkibar tinggi di seluruh penjuru Indonesia.

Pimpinan Sidang dan peserta Kongres yang saya hormati dan banggakan.

Untuk melengkapi Laporan ini, DPP KNPI membagikan draft resmi LPJ dan didukung oleh buku (versi cetak maupun digital) dengan judul "Senergi Pemuda Indonesia Bangkit" sebagai laporan terbuka saya untuk seluruh pemuda dan rakyat Indonesia.

Demikian, lebih dan kurangnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr.wb
Salam Pemuda

Ternate, Maluku Utara,  Mei 2022

Ttd

Haris Pertama (Ketua Umum)
Gamdung RN Huda (Sekjen)