Daftar SMP Negeri Pilihan di Kota Malang

Ilustrasi : Lomba Mengarang Tingkat SMP se-Kota Malang
Inilah Daftar SMP Negeri di kota Malang yang termasuk dalam kategori Sekolah Favorit yang dirangking berdasarkan: kualitas lulusan, kelengkapan sarana, lokasi dan "citra" sekolah favorit  yang umumnya menjadi persepsi di masyarakat Malang. Memang faktanya tidak mutlak demikian, namun inilah sekedar gambaran saja, pada kenyataannya semua sekolah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


1# SMPN 3 Malang
Sekolah ini memang sejak dulu dianggap SMP favorit di kota Malang meskipun secara fisik tidak se megah SMP 5 misalnya. SMPN 3 terletak di jalan Majapahit (-/+ 1 KM dari Balaikota), sekitar 500 meter di sebelah barat Lapangan Rampal. Secara lokasi SMPN 3 terletak di jantung kota. Sekolah ini didampingi oleh tenaga pengajar yang terkenal disiplin dan memiliki SDM lebih bagus. Untuk masuk di sekolah ini seleksinya amat ketat Nilai Akhir / Rapor harus rata-rata 9 dan itupun masih bersaing di jalur seleksi Online. Bagi yang nilainya nggak cukup tapi ingin masuk di sini bisa melewati jalur Prestasi. Lulusannya rata-rata bisa menembus SMA Negeri Favorit seperti SMAN 3 dan SMAN 1 Malang.

2.# SMPN 1 Malang
Sekolah ini letaknya di sekitar Jalan Ijen (Belakang Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Malang), benar-benar lokasi yang strategis. Seusai sekolah murid bisa langsung jalan kaki di Perpus Daerah terlengkap dan termodern di Indonesia ini untuk baca buku atau mengerjakan tugas sekolah. SMPN 1 Malang terkenal disiplin, muridnya cerdas dan kuat di Bahasa Inggris. SMPN 1 sudah bersaing ketat dengan SMPN 3 Malang.

3#. SMPN 5 Malang
Inilah sekolah yang memiliki lingkungan yang hijau dan langganan juara UKS. Kualitasnya bersaing dengan SMPN 1 dan 3. Lokasinya di Samping RS Lavallette (Utara Lap Rampal) termasuk dijantung kota Malang. Sekolah ini memiliki lapangan basket yang nyaman dan gazebo belajar yang indah.

4# SMPN 4 Malang
Sekolah ini kelebihannya selain memiliki sarana yang lengkap adalah terletak di zona pendidikan jalan Veteran. Dekat dengan kampus UB dan UM, dekat dengan SMKN 2 Malang dan SMAN 8 Malang. Juga dekat dengan Mall besar seperti Matos dan MX Mall. Eskull SMPN 4 yang sangat terkenal adalah Karawitan (Seni Tradisional). SMPN 4 Malang sejak 2 tahun lalu membuka kelas khusus Olahraga yang siap mencetak atlet seperti sepakbola yang hebat. Klub sepakbola SMPN 4 sering menjadi juara tingkat Jawa Timur hingga Nasional.

5# SMPN 20 Malang
Sekolah ini terletak di jalan raya Tumenggung Suryo Blimbing. Kualitas sekolah ini sejak lama sudah setara dengan SMPN RSBI seperti SMPN 5 Malang. Lulusannya juga rata-rata menembus SMAN favorit. 
Letaknya mudah karena di dekat jalan raya.

6# SMPN 6 Malang
Sekolah ini terletak di jalan raya Kawi, samping Bank Danamon, dekat MOG dan stadion Gajayana Malang. Kualitasnya tidak kalah dengan SMPN 5 bahkan lulusannya terkenal banyak yang berhasil menjadi pengusaha dan pejabat. Saat ini tengah merampungkan bangunan gedung baru berlantai 3 dengan sarana yang lebih modern.

7# SMPN 8 Malang
Sekolah ini terletak di jalan Arjuno, samping kantor Media Radar Malang. SMPN 8 Malang masih mengungguli SMPN 4, 20 bahkan di atasnya SMPN 6. Binaannya di bidang olahraga terutama renang sangat berhasil. Lokasinya di tengah-tengah kota memudahkan untuk akses dengan banyak angkutan umum.

8# SMPN 2 Malang
SMPN 2 Malang lokasinya di daerah sekitar selatan Pasar Besar, sebelum pasar Comboran Malang. Lokasi sekolah ini cukup luas dan lengkap. Terdapat Program SMP Terbuka Negeri 1 yang berada di lokasi yang sama namun memiliki ruangan kelas dan lab yang berbeda. SMPN 2 termasuk sekolah tua sehingga lulusannya banyak yang berhasil menjadi pengusaha, pejabat sukses.

9# SMPN 21 Malang
Sekolah ini letaknya di daerah Sawojajar Malang, lingkungannya cukup tenang karena di area perumahan Sawojajar yang luas. Sekolah ini merupakan SMPN yang paling favorit di kawasan Malang Timur. Tidak kalah dengan SMPN 4, 20 maupun SMPN 6.

10# SMPN 13 Malang
Sekolah ini berlokasi di Dinoyo, samping UIN Maliki Malang, agak masuk ke dalam kampung. Namun saat ini kualitasnya sudah sangat bersaing. Area sekolah ini cukup luas dan dilengkapi lapangan volli, futsal dan basket.

11# SMPN 12 Malang
Lokasinya di daerah Janti, dekat Univ. Kanjuruhan dan depannya SMK PGRI 7 Malang.

12# SMPN 16 Malang.
Lokasinya di daerah Arjosari, sebelah timur Terminal Arjosari, satu lokasi dengan SMP Terbuka Negeri.

13.# SMPN 9 Malang
Letaknya dekat dengan SMPN 2, di belakang Pasar Besar. Sekolah ini sudah bersaing ketat dengan SMPN 2 dan SMPN 4 Malang.

14# SMPN 18 Malang
Sekolah ini berlokasi di kawasan Perumahan Griya Santa, lokasinya aman dan tenang serta dekat dengan jalan raya Sukarno Hatta (Suhat). di Sekolah ini ada juga SMP Terbuka Negeri

15# SMPN 19 Malang
LOkasinya di sebelah utara persis Lapangan Sampo, kel Kasin Malang. SMPN 19 ini memiliki lingkungan yang hijau.

16# SMPN 24 Malang
Lokasinya di daerah pandanwangi Blimbing saat ini sudah berkembang jauh dibanding 2 tahun lalu.

17# SMPN 11 Malang
Sekolah ini terletak di jalan ikan di Kecamatan Lowokwaru, dekat dengan perbatasan Blimbing. Tak kalah dengan SMPN 2 dan SMPN 9.

18# SMPN 10 Malang
Berada di Buring, sebelum GOR Ken Arok, setingkat dengan SMPN 11, 12 dan 19.

19# SMPN 7 Malang
Lokasinya di Bumiayu, sebelah timur Mergosono. Meskipun dianggap belum selevel dengan SMPN 4 ataupun 2, SMPN 7 Malang sangat disiplin dan ketat. Banyak murid yang tidak lulus karena tidak memperbaiki nilainya atau karena melanggar disiplin sekolah.

20# SMPN 23 Malang
Lokasinya jauh di Malang Timur yaitu di Tlogowaru, samping SMKN 10 Malang. Meskipun jauh sekolah ini sudah mengejar ketertinggalannya sehingga mampu bersaing.

21# SMPN 15 Malang
Lokasinya di daerah Dieng, dekat dengan Perumahan Dieng. Sekolah ini dalam 2 tahun terakhir sudah berhasil membangun banyak fasilitas yang modern dan eskul yang handal.

22# SMPN 17 Malang
Lokasinya agar jauh ke dalam yaitu di Bakalan Krajan Malang, dekat dengan SMKN 11 Malang. 

23# SMPN 14 Malang
Berlokasi di daerah Blimbing, jalan Teluk Bayur dan dalam 1 tahun ini telah membuktikan diri sebagai sekolah yang berkualitas.

24# SMPN 20 Malang
Lokasi sekolah negeri favorit ini di kelurahan Bunul, sekitar 300 meter utara SMPN 5. Kualitasnya tidak kalah dengan SMPN 8 maupun SMPN 4.

Selain di atas bisa juga memilih SMPN 22, SMPN 25 dan 26 -sekolah baru dengan lokasi di daerah Tunggul Wulung Lowokwaru Malang. Terbaru adalah SMPN 27 yang dulunya SMPN satu atap Lesanpuro Kedungkandang.