Soendari Batik Art Gallery (Kota Malang) Tawarkan Wisata dan Nilai Edukasi


Pewarta: Marsyanda Rahma Anggita M (Mahasiswa Public Relations Universitas Brawijaya Malang)

JurnalMalang - Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa). Di Kota Malang terdapat gallery batik unik dan menarik yaitu Soendari Batik and Art Gallery yang terletak di Permata, Jl. soekarno Hatta PTP II Jl. SoekarnoHatta No.A2, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Setiap daerah memiliki motif batik yang beraneka ragam dan memiliki ciri khas masingmasing, seperti di Malang, Jawa Timur terdapat batik yang menjadi ciri khas yakni Malangan, dengan motif seperti motif bunga teratai, motif mahkota, motif sulur, dan lain sebagainya.

Mereka juga menyediakan beberapa produk siap pakai seperti pakaian wanita, kemeja pria,meskipun Soendari Batik Malang terkena imbas dengan adanya pandemi Covid-19, Soendari Batik tidak berhenti berinovasi salah satunya yaitu memproduksi masker kain batik.Tidak hanya itu, di Soendari Batik juga menawarkan wisata dengan konsep bangunan klasik tradisional khas budaya Indonesia dilengkapi alat musik, galeri berbagai macam barangbarang antik, pawonan, begitu juga memiliki rooftop dengan pemandangan yang sangat indah.


Selain memperkenalkan berbagai macam motif batik dari berbagai daerah, Soendari Batik juga menawarkan pengunjung untuk edukasi batik, Soendari Batik memiliki semacam kursus yang dinaungi oleh sebuah divisi bernama LKP (Lembaga Khusus Pelatihan Batik) Soendari Batik bagi pengunjung yang ingin melihat atau belajar proses membatik. 

Pandemi Covid-19 memang cukup menghambat beberapa UMKM khususnya UMKM batik, Namun pelatihan membatik yang diadakan oleh Soendari Batik juga menyediakan pelayanan kepada beberapa UMKM batik di Malang. 

Soendari Batik berusaha melestarikan kebudayaan Indonesia dan mendukung gerakan berkain bersama menggunakan batik di kehidupan sehari-hari agar generasi milenial juga membudayakan kembali batik di tengah-tengah masyarakat. **