MENGGUNCANG MAINSTREAM: Kisah Akun Twitter Triomacan2000

"Triomacan2000 (@TM2000Back) merupakan salahsatu akun twitter yang paling fenomenal di negeri ini... Legend yang tiada tandingan kecuali waktu jua. Dia akhirnya tamat.
  
[2/2014] Akun twitter anonim Triomacan2000 / @TM2000Back makin menjadi bahan perdebatan, tidak hanya di medsos, media umum dan Televisi namun banyak tokoh sudah angkat bicara. Beberapa media massa internasional juga mengulas sepak terjang akun "hantu gendeng" yang suka menyerang pihak yang disebutnya mafia dan pelanggar hukum ini. Tidak sedikit yang berkata bahwa dia sendirilah yang melanggar hukum.

TM2000 adalah akun twitter yang paling gigih membongkar apa yang dia yakini sebagai skandal tingkat tinggi dan korupsi elit yang berskala amat besar, rencana-rencana rahasia di balik layar penguasa yang tidak diketahui publik serta menelanjangi ulah-ulah bejat dan kasus pihak-pihak yang dianggapnya musuh negara -tak peduli pejabat tinggi, mafia besar dan bahkan jenderal. Dan karna TM, info "intelejen" bukan lagi sesuatu yang rahasia dan menakutkan; sebaliknya bisa anda perbincangkan leluasa dengan gaya katrok maupun serius.

Harus diakui, banyak hal yang diungkap TM2000 sulit untuk didebat karena dia beber data: detail, jelas dan kejam. Entahlah, belum ada pihak yang memverifikasi data tersebut. 

Akun kegelapan ini dibenci sekaligus dirindu; dibully dan juga dibela. Bahkan sudah "dibunuh" (di suspend) oleh Twitter dengan sejumlah alasan antara lain dianggap menebar kebencian pada Zionisme. Akun ini disuspend oleh manajemen Twitter hanya beberapa hari menjelang PILPRES Juli 2014 dan ketika followernya hampir mencapai 1 juta pengikut. 

Namun, dasar hantu, dia bangkit lagi dengan nyawa cadangan, akun beckup-an dengan identitas yang identik, dari 70an ribu follower meroket dua kali lipat hanya dalam waktu seminggu. Dan kini dia tidak merubah gayanya dengan tetap menebar psywar yang kadang amat sangat sensitif dan sekeras cadas. Nggak kapok dibunuh lagi ya? Hehehe

Orang lalu bertanya-tanya, Dari mana akun siluman ini mendapatkan informasi dan salinan data-data yang memiliki kerahasiaan tingkat tinggi? Bagaimana caranya hantu ini menyadap lalulalang info-info yang diklaimnya info A1 dari balik tembok kekuasaan yang tebal?? Dan mengingat kerasnya politik dan tingginya kekuasaan yang sedang diserang oleh TM2000 di republik ini, kemudian siapa yang menjamin keamanan nyawa mereka? 

TM2000 dengan enteng mengklaim punya banyak jaringan, sesumbar punya akses intelejen dalam dan luar negeri; "Kami adalah Ronin NKRI yang tidak butuh popularitas. Penjamin nyawa kami adalah Tuhan Yang Maha Kuasa." 

Nah, Mari kita mulai :)

Siapapun yang sudah lama mengikuti kicauan akun TM2000 pasti terheran-heran dan penasaran dengan konsistensinya untuk berkontroversi melawan, kubu yang ditudingnya sebagai "kaum kurawa" dan para manusia drakula (yang untuk sementara kita sebut saja 'kaum kurawa-drakula' versi TM2000). Kemudian TM panen cacimaki sekaligus juga mendulang dukungan publik. Akun kontroversial ini sama sekali tidak terganggu; terus saja berkicau dan membongkar, membuka rahasia kaum elit yang paling sensitif yang tidak mungkin berani diulas oleh media massa manapun di republik ini. 

Fenomena ini menggugah nalar dan kewarasan yang agak malu-malu kita akui: betapa beda antara suara si medsos pinggiran TM2000 dengan opini yang dihembuskan mayoritas media massa sang kiblat informasi rakyat Indonesia. TM2000 tidak hanya membongkar data kasus korupsi di lingkar elit kekuasaan dengan metode yang unik, mereka juga menelanjangi "konspirasi" apa yang terjadi di balik layar petinggi negeri yang memiliki potensi bahaya bagi negara, lalu praktek suap ratusan miliar hingga triliunan yang diduga melibatkan pengusaha hitam mafia hukum dan ditunjang oleh media massa premium, membongkar "sandiwara" Lembaga anti rasuah, kasus2 di lingkaran dalam Istana, kebobrokan Kejaksaan, bandar Narkoba hingga konspirasi yang berskala internasional. TM2000 mengklaim dengan penuh keyakinan bahwa kicauan-kicauan mereka berbasis data intelijen, analisa yang hati-hati dan riset lapangan. 

Tapi tak sedikit yang menudingnya sebagai akun penyebar teori konspirasi dan data yang diklaimnya A1 tak lain dari imajinasinya TM2000. Atau, data yang dicampur dengan imajinasinya sehingga menjadi "data" menarik.

Nyali gerakan si macan harus diakui melampaui kapasitas umum; sudah kategori 'nekad' dan seakan sudah putus urat takutnya. Boikot semua media massa besar ditanggapi oleh si Macan sableng ini dengan satu deret kalimat yang kian provokatif: "Bahwa sebagian besar informasi yang kita saksikan di media massa adalah "telenovela" pembohongan publik dan manipulasi fakta yang disponsori oleh para Penipu, Maling dan Musuh Negara!" Dengan kata lain, rakyat dijejalkan informasi palsu dan opini rekayasa untuk mengaburkan fakta dimana fakta tersebut sesungguhnya adalah kejahatan belaka. Nah tambah edan si macan ini :D

Ini ada beberapa contoh "issue-issue" besar yang menjadi grand tema serangan TM2000 sejak bertahun-tahun lalu, yang tidak hanya menggemparkan publik dan menggetarkan dinding istana Presiden, calon Presiden atau Presiden terpilih tetapi juga mengundang teror maut bagi orang-orang yang diduga berkaitan dengan admin siluman "gendeng" ini, antara lain:
  • Twit lama mereka yang mengatakan bahwa ada dugaan mega-skandal korupsi yang bagi TM2000 dilakukan oleh tokoh sekaligus pejabat DIS yang kalau ditotal mencapai nilai kerugian negara ratusan triliun! Publik terkejut ribuan aktifis tersentak, mengingat selama ini beliau adalah salahsatu tokoh yang dikenal sebagai moralis yang berintegritas langka. Orang jujur, tulus ikhlas dan bersih tiada bandingan. Bagi yang pernah baca biografi dan catatannya di buku maupun kolom media, mungkin predikat itu akan bertambah. Kamipun tidak meragukan integritas beliau. Di antara keheranan orang-orang, TM2000 lalu membeberkan "data" tertulis, berlembar2 MOU yang ganjil, malah menyerempet "bukti" pemalsuan gelar padahal hanya lulusan sekolah setara menengah atas, daftar rincian kasus per kasus dst. TM2000 menantang siapapun untuk membantah tuduhannya, bahwa DI adalah koruptor besar di negeri ini yang selamat hanya karena kongsinya dengan mafia BLBI melalui pengusaha kaya C.T kongsinya dengan elit2 penegak hukum yang sudah disuap mahal dan juga karena grup media miliknya punya ratusan jejaring media dan TV lokal yang setia melindunginya dari opini hitam sekaligus menghajar siapapun yang berani menyentuh sang big boss. Khusus untuk serangannya pada DIS, TM2000 mengaku pernah beberapa kali melaporkannya ke KPK namun diabaikan sehingga pada satu waktu mereka maju ke Sekretaris Kabinet D.A melalui konsultan hukum yang mereka sewa. Audiensi yang heboh antara "akun Hantu" TM2000 dengan Sekretaris Kabinet RI diliput secara luas di media massa dan ujung-ujungnya pejabat pemberani tersebut panen kritik lantaran dianggap sudah "nggak waras" mau menerima audiensi entitas yang masih berupa bayang-bayang. TM2000 membuktikan bahwa mereka entitas yang tidak pantas untuk diremehkan ketika pak SBY pernah titip bantahan melalui Seskab (sehari sebelum audiensi TM menyerang SBY sebagai langkah cerdik utk memancing reaksi istana).... Lalu, TM sangat yakin bahwa DI akan tenggelam dalam penjara tipikor: "Untuk kasus korupsinya di PLN saja, mafia ngaspo ini telah merampok 37 triliun uang negara. Reputasi buruknya dalam menilep uang pembaca Jp korban bencana dulu hanyalah contoh kecil dari busuknya hati (cut) yang sesungguhnya. Mafia antek Cn ini sudah menyiapkan dana Rp 500 miliar untuk suap Kejaksaan pasca mundurnya NP Dirut PLN. Kroninya sudah ada yang mulai ditangkap dan dia akan segera menyusul, membusuk di Penjara." Kira-kira demikian koar TM2000 biadab ini. Akun horor ini juga memfitnah DI yang katanya punya banyak istri, salah satunya adalah perawat muda di negeri tirai bambu. Gile nih si Macan, adminnya kebanyakan nonton gosip selebriti hehe. Mungkin ini trik dia mancing heboh dengan awalan palsuu.
  • Kisah "besar" yang "dibongkar" TM2000 lagi adalah dugaan issue PENCITRAAN PALSU salah satu capres jauh sebelum beliau maju sebagai kandidat Presiden. Semula adalah tokoh fenomenal yang hampir tidak punya cacat. TM2000 mengagetkan publik dengan memberondong tuduhan kejam pada beliau bahwa di belakang semua 'fakta' tersembunyi sebuah sandiwara cerdas namun amat palsu dan bernilai triliunan! Katanya, politisasi citra tersebut adalah permainan drama politik yang melibatkan bertalenta alami yang disokong sumber daya yang besar dan mahal. Dramatisasi kehebatan yang instan itu berhasil karena sokongan dana besar dan sdm yang handal. Kemudian Si macam mengaitkannya dengan gerakan dukungan politik oleh Arkansas Connection dengan melibatkan seorang pakar konsultan pencitraan kaliber dunia berdarah Yahudi, Stan Greenberg yang reputasinya sukses mengorbitkan citra puluhan pimpinan dunia termasuk sohibnya Bill Clinton. Sempat luput dari perhatian bahwa Grenberg adalah seorang sekularis kelas dunia. Kicauan TM2000 tentang fenomena banyaknya politisi baru yang tiba2 moncer ini unik dan mengejutkan, banyak hal baru yang sulit dipercaya. Kamipun hingga kini tidak yakin dengan celoteh TM2000 karena sulit dipercaya. Menurut TM2000 Para tokoh yang tiba2 naik daun di kancah politik nasional belakangan ini bukanlah pemimpin yang sehebat dia diberitakan media karena dibelakang citra besar mereka disokong oleh triliunan dana iklan media untuk menjadikannya sebagai elit politik yang kelak akan menjadi boneka konglo-konglo, oligarki musuh negara. Wartawan yang mengikuti kemana si pejabat turba adalah jurnalis premium yang telah dikontrak mahal, kata Macan. Masih menurut TM2000, rata-rata elit politikus punya "Prajurit" khusus di dunia maya, ribuan jumlahnya digaji dan terbagi dalam shiff kerja, tugasnya untuk mem beckup berita-berita di media jejaring sosial, facebook, twitter dst, untuk mencaci maki orang yang menjelekkan tuannya serta memuja-muja berita baik tentangnya (untuk hal ini TM menyajikan foto-foto sebuah tim dalam sebuah ruangan luas sedang serius di depan laptop masing-masing). Kemanapun elit politik pergi selalu diikuti oleh media massa yang telah dikondisikan, lokasi blusukan juga telah dikondisikan dengan baik oleh sebuah tim khusus dan kata TM2000, mereka tinggal tampil saja dengan senatural mungkin dan seakan-akan tidak memiliki apa-apa kecuali cinta rakyat jelata. Dan yang lebih mengejutkan adalah: kicauan TM2000 tentang masa lalu sejumlah elit kekuasaan yang katanya amat korup. Namun. Ada kekuatan yang luar biasa besar yang tak sanggup ditembus sehingga mereka aman sentosa, kata Macan. TM2000 tidak berhenti sampai di situ, dia rupanya tergolong pembenci Ahok. Dia klaim memiliki data lengkap kasusnya dari sejak Ahok menjadi pejabat di Beltim hingga masuk dki.
  • Akun TM2000 dengan lantang tegas dan kasar menyerang Presiden RI pak SBY baik sebagai Presiden maupun sebagai Pribadi (keterlaluan nih Macan hehe), dengan mengungkap beberapa indikasi pembiaran SBY terhadap sejumlah korupsi kelas kakap, hingga rahasia pribadi Presiden misalnya: terkait issue "pernikahan lain" yang katanya ditutupi rapat oleh publik. Seorang politisi terkenal pernah juga menebar isu yang mirip ini tapi belakangan dia mengaku salah karena diakuinya itu dusta belaka. Lalu katanya Macan ada skenario super rahasia istana dalam mengendalikan lembaga penegak hukum dan seluruh lembaga tinggi negara untuk mengamankan keluarga besar penguasa dan jaringan terdekatnya, sekaligus melibas musuh-musuh mereka hingga tumpas di Penjara. TM juga klaim bisa membuka rencana rahasia "plan A, B dan C" terkait Pilpres 2014. Dan ketika plan A dan B gagal dilaksanakan maka TM menyodorkan analisa bahwa Pak BY punya banyak skenario demi menyiapkan masa pensiun politiknya yang harus tenang dan aman (Sementara di Penjara KPK AU yang sudah divonis lamaa mulai memukul gong "perang" tetapi tidak terlalu kedengaran ditutupi hingar bingar Pemilu). Anehnya, TM2000 tidak pernah menghujat AU yang terbukti kegulung kasus berat tipikor, yang hukumannya tambah diperberat oleh hakim agung Artijo. Justru yang terlihat tm2000 membela AU sebagai korban politik tingkat tinggi.
  • TM2000 sangat agresif menyebar berita tentang kasus-kasus yang diduga melibatkan ring 1 istana, Menteri, orang dekat elit penguasa. TM2000 berkoar bahwa dia memegang data valid dan tidak ada yang mampu membantahnya, beberapa kasus sudah terbukti benar, seperti korupsi anak Menteri dan beberapa kasus memang pernah heboh di media. Ulah si Macan gendeng ini mungkin bikin suasana makan malam keluarga istana menjadi kurang tenang :(
  • Tak hanya koruptor, TM2000 juga mengobrak abrik citra media massa yang kita anggap paling idealis di Indonesia, yaitu T3MPo. TM2000 menjelaskan dengan amat serius dan detail bagaimana modus pemerasan elit-elit media kepada perusahaan-perusahaan negara, kepada tokoh dan elit yang terlibat skandal korupsi, bagaimana menjadi pihak yang mengamankan berita, meraup untung besar dari sejumlah monopoli iklan beromzet besar. Masih menurut TM, GM dan T3MPO-nya adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi bangsa Indonesia karena selalu menjadi promotor sekularisme pembela penjahat kelamin rampok berdasi namun ngotot menjadi ikon idealisme jurnalis Indonesia. Selain media besar tersebut, TM2000 juga menuding ada manusia tanpa karakter seperti KIL yang moncer dengan acara  bersama acara LawyerClubnya sebagai acara gaduh proyek pembelokan fakta. Hampir semua media mainstream pemilik traffik pembaca yang tertinggi tidak ada yang luput dari hujatan TM2000 dengan menyebutnya sebagai pelacur informasi. Si Macan ini jan huassu tenan 😁
  • TM2000 tidak membiarkan LSM  nyenyak dalam buaian pujapuji. ICW yang merupakan salahsatu lembaga anti korupsi terpercaya dan konsiaten di negeri ini tak luput dari cemoohan TM2000, dimana dia nenuduh ICW  akhir-akhir ini "bungkam" pada kasus-kasus besar dan garang pada kasus gurem. Tm2000 pun sesumbar tahu yang sebenarnya: ada LSM sok idealis yang telah menerima aliran dana besar bermodus dana kerjasama dari lembaga antirasuah melalui BW untuk mengamankan beberapa kasus-kasus besar dan hitam. TM nantang publik untuk cermati sikap aneh ICW yang menurutnya tidak serius bicara bila terkait dengan Century misalnya, Migas dan kasus yang melibatkan orang dekat Istana. Tm2000 mengaku secara sepihak bahwa ulah LSM yang main mata dengan koruptor telah menimbulkan rasa jijik dan muak.
  • Yang tak kalah heboh adalah klaim TM2000 terhadap kasus LHI (mantan Presiden sebuah partai menengah yang kini sedang dipenjara kpk) yang menurutnya adalah skenario paling busuk di negeri ini. TM memandang LHI adalah korban dari sebuah konspirasi besar transnas yang melibatkan intelejen Australia (Asis), dibiarkan bahkan didukung oleh beberapa orang kuat dalam negri, dan diam-diam lowong politik papan atas ini disambut oleh AM  (penggantinya kemudian) melalui adanya peran sentral AF. AF kata TM, dulunya adalah kriminal bejat (otak penyelundupan imigran gelap dari timteng yang di vonis penjara 20 tahun di rutan Barramah Australia, namun hanya 2,3 tahun menjalani hukuman, dia dilepas ke Indonesia dengan sejumlah agenda super rahasia yang salah satunya untuk menjebak LHI -menghancurkan Parpol Islam terkuat kedua tersebut. Ketika kasus LHI mencuat, fakta hukumnya yang ganjil lalu dikaburkan dengan sejumlah issue "wanita muda simpanan", artis binal Vitalia Sesya, pameran daun muda dan gaya hidup borjuis si "Olong" AF di media massa, cerita TM. Media massa juga lebih antusias dalam memberitakan skandal seks dan gadis daun muda ketimbang logika hukum "penjebakan" LHI (TM ingatkan publik pada kasus penangkapan AM KetuaMK yang tiba2 diikuti dengan issue Narkob di ruang kerja AM). Akhirnya, dengan adanya kasus skandal LHI, Partai logo hitam putih tersebut kini terpuruk dan LHI akan tua 16 tahun di penjara, AF menurut TrioMacan akan dibantu dikurangi masa hukuman lalu menikmati harta berlimpah, atau juga  mungkin akan dihabisi sekalian untuk menutup buku. Apakah ini fakta, analisa ataukah khayalan saja, tapi harus diakui Si Macan memang hebat dalam berkisah, hhee...
  • Pada kasus yang menyangkut AU, TM2000 bersikap beda dengan mayoritas orang yang yakin bahwa AU terlibat skandal korupsi besar yang dituduhkan Nz. TM2000 membela bahwa AU adalah korban konspirasi kotor elit partai yang semula tidak setuju dengan AU menjadi Ketum dan calon pemimpin yang paling potensial: Muda, ganteng, cerdas, Jawa, Hmi dan Aswaja. Untuk mendukung argumennya ini, TM2000 menjelaskan lengkap kronologi, sejak Pelarian Nz dari Bandara Sukarno Hatta ke Singapura, lanjut ke Kanada dan Kolumbia yang tepat waktu dan penuh rekayasa, keterlibatan CM. Suap media massa untuk mengaburkan fakta megakorupsi Nz dengan terus-menerus menyorot AU dengan kasus yang kabur tidak jelas, serta bagaimana si Nz memainkan perannya bak aktor sinetron sebagai bagian dari kesepakatan rahasianya dengan sang aktor dengan jaminan diri dan keluarganya aman, terbukti dihukum ringan dan bebas ngendalikan puluhan perusahaan raksasanya di tahanan, tulis TM. Memang, Nz adalah satu-satunya tahanan yang paling "ganteng" karena tak pernah memakai rompi seragam tahanan orange, kata netizen suatu waktu.
  • KPK sendiri yang terbukti garang pada koruptor adalah sasaran empuk pukulan opini dari TM2000, dia klaim akan membongkar sejumlah konspirasi KPK dalam melibas korbannya dan melindungi para calon tersangka yang sudah digaransi oleh penguasa utk tidak diganggu, TM juga tak segan menyerang pribadi-pribadi elit KPK, misalnya AS yang menurutnya latar belakang pendidikan keilmuan hukumnya yang lemah, doyan main perempuan (TM sesumbar sudah mengantongi video asusilanya melalui jaringan intelejennya) dan parahnya TM menyebut tokoh besar tersebut sebagai bekas aktifis "kampungan" yang rakus harta; BW yang merupakan mafia hukum lawas yang sudah menjual idealismenya demi harta melimpah dan sangat setia membela koruptor besar, mengamankan korupsi elit parpol dan saat yang sama menghajar pion-pionnya, ulah-ulah orang dalam lembaga tersebut yang menjual informasi dan menghilangkan barang bukti. Bagi TM2000, KPK saat ini diisi oleh mayoritas tokoh LSM, mantan Pengacara yang tidak kredibel, dan kotor. Janjinya untuk tuntaskan Century dalam 1 tahun, kini udah berapa tahun belum jelas arahnya. Belum lagi banyak kasus korupsi raksasa yang kini makin terkuat namun KPK tidak berkutik. Hati2 TM2000, anda bisa diciduk kapekah!
  • TM2000 sangat sering berpolemik dengan tokoh seperti Prof.Dr.Yusril Ihza Mahendra terkait tudingannya menjadi striker SBY pada kasus gugatan sistem Pemilu di MK, aktifis FazroelRahman yang dituduhnya sebagai penyebar ateisme di Indonesia, Budiman Sudjatmiko (mantan aktifis PRD dan Anggota DPR RI FPDIP) yang ditudingnya sebagai aktifis kiri yang sudah menjual idealismenya, dst. TM ini punya banyak musuh dan anehnya punya banyak pendukung yang setia memberinya support moral di akun twitternya.
  • Ohya, bukan hanya di pihak pak Sby, pak Jokowi dan JK yang diserang oleh TM dengan sejumlah issue yang amat senstif, di pihak pak PS juga pernah dihantamnya dengan isu telak sebagai pribadi yang emosional dan keras. Yang anyar adalah dia menuduh ada skandal mega-korupsi Keluarga (terutama anak-anak) HRj yang telah lama menggurita dan menghanguskan uang negara triliunan rupiah.
Demikian sekelumit contoh kicauan akun twitter Triomacan2000 yang telah menjadi ikon protes gaya baru di era ajaib dunia maya ini. TM2000 berjanji akan terus berkicau demi membela NKRI dan melawan koruptor musuh rakyat.

Akun TM2000 nampaknya tidak sendirian, Sepertinya dia bekerja dalam tim, atau berafiliasi dengan media massa alternatif (mungkin milik mereka) yaitu: www.asatunews.com yaitu situs berita yang membeckup kicauan-kicauan TM2000 dalam format berita (media ini termasuk media online 'anyaran' yang berhasil menembus rangking tinggi rank global versi AlexaRank). 

Mereka juga membuka situs Blog yaitu: radennuh.org yang juga memiliki rangking tinggi nasional dalam situs pengukur rating pengunjung terakurat di dunia (Alexa) dan sudah digantikan oleh yudisamara.org. Mereka juga membekingi akunnya dengan akun twitter kembaran sebagai nyawa cadangan mengantisipasi disuspend lagi oleh manajemen Twitter. 

Saat ini, TM2000 kelihatannya sudah punya banyak pendukung baik dari kaum blogger, facebookers dan masyarakat twitterian. Tak ketinggalan juga 'klub' Blackberry mesegger yang saat ini sedang ngtrend. TM2000 kian moncer... Entahlah kehidupan asli admin-admin mereka bagaimana sesungguhnya, dan siapa mereka, belum jelas....

Siapakah dibalik TM2000 yang mengaku Ronin NKRI ini?
Hingga sekarang masih misteri. Memang sudah berkuak siapa pendiri akun ini dan jejaring mereka di Jaringan Advokad Publik (JAP) beberapa organ gerakan sebagai alat tempur mereka di lapangan. Namun secara lengkap masih jadi misteri. 

Meski tidak logis, TM2000 hanya sesumbar bahwa mereka punya agen ribuan orang, punya banyak senior para Jenderal /Purnawirawan, mantanJaksa, intelejen, pengusaha, mantan pejabat tinggi, mantan aktifis senior dst. Katanya, dari merekalah TM2000 bisa memiliki akses data rahasia yang tidak dimiliki orang, yang selama ini dibongkar di publik. Kecuali satu hal, TM2000 tidak pernah mengaku punya dukun :))

Siapa anda? Ada netti yang iseng tanya.
"Kami Ronin penjaga NKRI!" Jawabnya simple.
Kepada siapa anda mengabdi? siapa yang bayar kalian?
"kepada NKRI. Dibayar dengan pahala dari Tuhan YME."
Sponsor anda?
"Kami komunitas intelejen publik yang merdeka."

Terlepas dari siapa mereka, yang paling penting adalah apa yang mereka ungkap dan substansi kicauan mereka, sejauh mana relevan dengan realitas/fakta. Harus diakui banyak kicauan mereka yang terbukti terjadi secara nyata, pengungkapan kasus korupsi yang semula dianggap sampah sama musuhnya ternyata benar ketika di muat media besar. 

Ada yang setengah terbukti dan ada juga yang tidak sama sekali alias tuduhan palsu, atau belum terbukti. Kadang-kadang apa yang terkuak tahun ini, TM2000 sudah duluan mencuitnya 1,3,5 atau 12 bulan sebelumnya. Ada kalanya juga TM melakukan serangan rancak sama sekali tanpa bukti dan hanya berdasarkan analisa. 

Di sinilah kami menyimpulkan: TM2000 secara cerdik meracik data, fakta dengan analisa dan imajinasi. Maka hasilnya tampak menarik perhatian, tampak dekat dengan realitas, menggugah logika dan membuat orang saling ikut membangun persepsi. Sedikit data akan sangat menarik pada orang yang mahir menganalisis dan pandai menulis. 

TM, memang mengakui bahwa kebenaran data bukanlah kewajibannya tapi mencari bukti yang benar adalah tugas aparat penegak hukum. TM lebih berperan  memberikan petunjuk dan menggugah kesadaran kritis, namun caranya brutal dan berbahaya bagi dirinya dan juga orang yang mereka serang.

Pada kasus akun twitter TM2000, sudah menjadi bukti betapa jejaring sosial sudah memiliki ruang penting di publik kita hari ini, sudah bisa diserap luas oleh masyarakat banyak sebagai penyeimbang informasi, informasi bukan lagi monopoli media massa besar yang selama ini jadi sandaran utama berita. Karena pada kenyataannya media massa besar tetaplah perusahaan yang tetap bicara untung rugi. Dan banyak media besar juga milik politisi elit dimana mereka pasti bicara kepentingan dan bargaining untuk mengamankan kepentingan masing-masing. Sementara rakyat (pembaca) menjadi objek kadang menjadi korban giringan opini. Seandainyapun serangan TM adalah sebagian besarnya hanya fitnah dan ada konsekwensi hukum bagi adminya, maka tetap ada hikmahnya: sudah banyak orang berani bicara lantang pada elit berkuasa dan pada arus2 besar, dengan saluran media sosial yang mudah di akses publik. Dan itu jauh lebih tajam dari peluru.

TM2000 mendobrak tradisi dan dominasi media mainstream bahwa jangankan situs berita indie, sebuah akun twitter pun memiliki kekuatan publikasi yang dahsyat, yang bisa memaksa seorang Presiden bicara dan banyak Menteri ramai-ramai klarifikasi dan menjawab. Membuat banyak orang gentar dan panik ketika namanya disenggol oleh sebuah akun anonim yang tak jelas identitasnya. TM2000 telah merobohkan kedinastian mediabesar, bukan hanya dengan memberikan informasi dari sudutpandang yang berbeda dan sepihak namun juga sekaligus menyerang pada inti persoalan yaitu mereka (media mainstream) sebagai salahsatu pihak yang ikut bertanggungjawab sejumlah krisis di masyarakat akibat ketidakadilan dalam menyampaikan informasi.

Twitter TM2000 akan jadi legend. Sayangnya, suatu hari nanti perangkat hukum akan mengakhirinya kisahnya. Bisa jadi, untuk selamanya ...