Pelopor Jurnalisme Warga (Malang Raya, Jawa Timur)

Polling Pilkada MLG_KAB 2020 [One Phone One Vote]

Mahasiswa Lakukan Sosialisasi Bahaya dan Pencegahan Corona di Tengah Acara Muslimatan


JurnalMalang - Coba bayangkan acara muslimatan dihadiri hampir 100 orang. Itulah kegiatan rutinan yang dilakukan ibu-ibu RT.01 dan RT.07 di jalan Indragiri, gang 5, Dusun Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu yang setiap hari sabtu dilakukan secara bergantian dirumah anggota muslimat yang hampir 100 orang. Ditengah pandemi saat ini, kegiatan muslimatan dimulai jam 18.30 sampai jam 20.00 yang ditutup dengan arisan.

Kegiatan diatas dimanfaatkan mahasiswa pengabdian kelompok 53 Universitas Muhammadiyah Malang untuk melakukan sosialisasi bahaya dan pencegahan awal proses virus corona masuk tubuh. Kegiatan yang berlangsung hari sabtu (19 september 2020) di rumah salah satu warga. Diawali muslimatan dan ketika setelah doa, mahasiswa melakukan sosialisasi singkat kepada ibu-ibu muslimatan akan bentuk penularan virus corona yaitu melewati kandungan air dari tubuh pasien seperti air ludah. Oleh karena itu, sebagai langkah ringan dalam new normal diharuskan menggunakan masker setiap bepergian. Bahaya virus corona ini mengganggu sistem pernapasan dan dapat menyebabkan kematian pada seseorang.

Menurut bu Rini atau bu RT, acara sosialisasi virus corona sebelumnya dilakukan oleh pihak pemerintahan bertempat di balai desa. Sehingga dengan dilakukan sosialisasi secara langsung kepada ibu-ibu ini bisa lebih menambah wawasan akan virus corona saat ini. Begitu pula dengan pernyataan bu Sumarsih. Beliau mengatakan bahwa sebelumnya dia hanya memakai masker tetapi tidak mengetahui untuk ada kegunaannya dan dari sosialisasi singkat itu membuat janda satu anak ini  lebih waspada dalam beraktivitas sehari-hari. 


Acara muslimatan dan sosialisasi dilakukan dengan antusias oleh ibu-ibu, bahkan saat materi diberikan terlihat anggota diam memperhatikan namun terkadang ada candaan lucu untuk merubah suasana. Warga yang terlihat antusias dan terbuka ini memudah dalam penyampaian materi sosialisasi, begitulah kesan dari pemateri pada hari itu. Semoga dengan sosialisasi tersebut mampu untuk membantu pemahaman warga dan menjaga diri dari penularan virus corona. **

Subscribe to receive free email updates: