Jurnalisme Warga (Malang Raya) - Not Commercial Media - jurnalmalang@gmail.com

Manfaat Catat Mandiri Tagihan Air PDAM Kota Malang; Menjaga Akurasi Beban Tagihan Pelanggan

Panduan / Cara Melakukan Pencatatan Mandiri Meteran Air PDAM Kota Malang, dan cara mengetahui biaya beban tagihan air PDAM kota Malang:

JurnalMalang - Layanan publik sudah lama memanfaatkan jaringan internet/online. PDAM atau Perumda Tugu Tirta kota Malang melayani pelanggannya melalui media online www.pdamkotamalang.com

Masyarakat kota Malang diharapkan menggunakan layanan ini terutama dalam hal; mengecek jumlah volume penggunaan air PDAM dan biaya yang harus dibayarkan. Bagaimana cara mengetahui jumlah tagihan air PDAM kota Malang?

Pertama kunjungi situs PDAM www.pdamkotamalang.com dan klik di sebelah kiri sesuai layanan yang dibutuhkan. Misalnya Info Tagihan untuk mengetahui berapa jumlah volume penggunaan air dan berapa beban biaya yang harus dibayarkan.
Gambar di atas menunjukkan laman pengecekan volume penggunaan air dan beban biaya RP yang harus dibayarkan ke PDAM. Caranya mudah, cukup isi nomor pelanggan 6 digit dan masukkn kode angka chapcha di bawahnya lalu klik cek tagihan, maka akan tampil layar yang menjelaskan jumlah berapa meter kubik penghunaan air dan berapa total tagihan bulan ini (dan denda, jika terlambat). Ada keterangan apakah sudah atau belum dibayar. Jika sudah maka akan tertera tanggal pembayarannya.

Layanan lain yang tidak kalah penting adalah Pencatatan Mandiri air PDAM kota Malang yang dilakukan oleh pelanggan, tidak harus menunggu petugas pencatat dari PDAM kota Malang. Jikapun ada petugas keliling yang mencatat, maka ada baiknya masyarakat pelanggan tetap melakukan pencatatan mandiri, untuk sama-sama menjaga akurasi tagihan biaya air.q

Catat mandiri ini pertama-tama foto (menggunakan hp) meteran air di rumah yang biasa berupa dereta angka berwarna hitam dan merah. Perhatikan angka yang berwarna hitam, karena itu yang menunjukkan volume penggunaan air.

Kemudian masuk ke situs PDAM kota Malang, klik Catat Mandiri yang tertera di sebelah kiri layar situs dan anda akan terakses ke laman sebagaimana berikut ini:
Hanya ada 5 kolom yang dimintakan untuk disi. Pertama isikan nomor pelanggan 6 digit,, agak ke bawah isi nomor kontak/hp, Email, Tulis angka berwarna hitam pada kolom dibawahnya. Terakhir upload foto gambar angka meteran tadi. Selesi. Data akan otomatis tertanam dalam sistem online pdam.

Perhatikan, bahwa catatan online ini ada waktunya yang dijadwal berdasarkan jadwal masing-masing kelurahan. Jika pencatatan online / isi kolom di atas "belum" jadwalnya maka sistem akan otomatis memberitahu pelanggan bahwa anda belum bisa melakukan catat mandiri. Upload foto meteran tidak akan terproses... Akan ada tampilan pengumuman di layar  apkah anda bisa atau tidak melakukan upaya catat mandiri di website pdam. Jika memang sudah waktunya maka segala proses akan lancar.

Perlu diingat bahwa catat sendiri angka meteran PDAM kota Malang cukup efektif dalam menjaga akurasi penggunaan air anda, menutup peluang bagi oknum petugas melakukan markup data penggunaan air. Kami telah menerima beberapa testimoni yang menyatakan bahwa sejak dilakukan catat mandiri maka tagihan air PDAM nya semakin murah dan terukur. Lakukan catat mandiri penggunaan air PDAM. **Ed

Subscribe to receive free email updates: