saluran publik - not commercial media

Mendukung Ketahanan Pangan Masyarakat, Mahasiswa KKN UM Bantu Donasi Sembako

Seremonial baksos pembagian sembako peserta KKN UM / kkn.um
JurnalMalang, Blitar – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata oleh Universitas Negeri Malang (UM) tetap digelar di tengah pandemi Covid-19, dengan tetap menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah.

Agenda yang dilaksanakan setiap tahun ini merupakan bentuk pengabdian UM kepada masyarakat, sebagai bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program ini diselenggarakan dan dikelola oleh pihak LP2M Universitas Negeri Malang dengan mahasiswa sebagai pelaksana kegiatan.

Meskipun situasi di Indonesia saat ini sedang dilanda pandemi, hal tersebut tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, tidak terkecuali kelompok mahasiswa UM yang melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Karanggayam, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar.

Masyarakat Desa Karanggayam yang mayoritas adalah petani, ikut merasakan dampak dari adanya Covid-19 di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan turunnya harga hasil panen sayuran di desa. Sehingga penjualan hasil panen tidak dapat maksimal seperti ketika sebelum ada pandemi ini. Selain itu, ada pula masyarakat yang tidak dapat bekerja sehingga untuk memenuhi kebutuhan menjadi terbatas.

Selasa, 16 Juni 2020 mahasiswa KKN Desa Karanggayam melaksanakan kegiatan pembagian bantuan sosial berupa sembako. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Karanggayam. Kegiatan ini dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa KKN Desa Karanggayam dan perangkat desa termasuk perwakilan dari masyarakat. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini diantaranya membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat terdampak Covid-19 dan membantu menjaga ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi.

Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB, dengan dipandu oleh pembawa acara. Rangkaian acara yang dilaksanakan meliputi pembukaan oleh MC, sambutan ketua pelaksana dan Kepala Desa Karanggayam, pembagian sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat dan diakhiri dengan doa serta penutup. Kegiatan ini disambut antusias oleh kepala desa dan masyarakat. “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Karanggayam”, ujar Kepala Desa dalam sambutannya.

Kegiatan pembagian sembako ini juga mengikuti protokol kesehatan covid 19 yang berlaku. Seluruh peserta yang menghadiri kegiatan ini diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak serta tidak lupa tersedia tempat untuk mencuci tangan. Kegiatan ini juga tidak mengundang seluruh warga yang akan diberikan sembako tetapi hanya mengundang beberapa perwakilan saja. Hal ini sesuai dengan anjuran kepala desa supaya tidak menimbulkan kerumunan massa.
Pembagian sembako ini merupakan salah satu program kerja unggulan dari mahasiswa KKN Desa Karanggayam.

Dalam pelaksanaannya tentu terdapat berbagai kendala, dikarenakan situasi dan kondisi di tengah pandemi yang mengkhawatirkan. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat para mahasiswa KKN Desa Karanggayam untuk tetap mengabdi. Meskipun di tengah kondisi yang serba terbatas, kegiatan pembagian sembako berjalan dengan baik dan lancar.

Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari warga masyarakat Desa Karanggayam. Seperti yang disampaikan oleh kepala desa, kegiatan ini juga mencerminkan kepedulian generasi muda dalam menghadapi masa sulit di tengah pandemi, yaitu turut memberikan sumbangsih berupa bantuan sembako bagi warga desa yang mengalami kesulitan ekonomi selama masa pandemi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap sesama. **

Subscribe to receive free email updates: