Yonkav 8 Kostrad Selenggarakan Tarmudi Transporter Iveco dan Leyland

Penataran pengemudi tranporter / Pendiv2
Pendivf2 - Dalam rangka menghadapi Latihan Gabungan TNI yang rencananya akan dilaksanakan pada Triwulan pertama tahun 2017, Yonkav 8 Kostrad mulai mempersiapkan diri. Salah satu hal penting yang disiapkan adalah mempersiapkan para pengemudi kendaraan angkut Ranpur Tank Leopard, yaitu Transporter Iveco dan Leyland. Persiapan para pengemudi ini dilaksanakan dalam bentuk Penataran Pengemudi (Tarmudi) Tranporter, yang dilaksanakan di Markas Yonkav 8 Kostrad, Rabu (23/11). 

Transporter Leyland DAF DROPS adalah Truk 8x6 bermesin Perkins (Rolls-Royce) dengan Eagle 350M turbocharged diesel 350 hp, adalah jenis kendaraan pengangkut Tank Scorpion dan mampu mengangkut 2 tank sekaligus dengan gandengan.

Sedangkan Tranporter Iveco adalah truk offroad 4×4 yang memiliki Keistimewaan Lowbed Doll yakni memiliki tujuh sumbu yang memungkinkan seluruh rodanya mampu bergerak secara bersamaan, sehingga menjamin kelincahan dengan radius putar yang kecil. Truck ini mampu mengangkat beban sebesar 90 ton. 

Dalam pelaksanaan penataran ini, para peserta diberikan berbagai materi mengemudi kendaraan tempur antara lain peraturan lalu lintas, baris berbaris kendaraan, pemindahan pasukan, pengetahuan mengemudi taktis dan teknis, mengemudi secara taktis dan teknis, serta keluar masuk garasi. 

Dok. Pendiv2
Penataran mengemudi ranpur bukanlah latihan untuk menyiapkan prajurit sebagai peraga-peraga untuk memperlihatkan keindahan manufer ranpur, tetapi lebih bertujuan untuk menyiapkan prajurit yang mampu benar-benar tangguh dan handal dalam mengawaki ranpur guna menjawab tantangan-tantangan tugas. Penataran ini sangat penting dilakukan,mengingat spesifikasi kendaraan yang akan diawaki merupakan kendaraan yang cukup rumit, sehingga memerlukan pelatihan khusus. Para peserta pelatihan tersebut dilatih oleh para pengemudi senior yang sangat handal dan berpengalaman. 

Komandan Latihan Kapten Kav Dody Suryo Purnomo mengatakan,”Pelatihan ini dilaksanakan selama 1 minggu penuh dengan pentahapan yang benar dan terjadwal,” beliau yakin walaupun dengan waktu singkat namun sasaran latihan pasti dapat tercapai bila dilandasi ketekunan dan keseriusan dalam berlatih. (Pendiv2/red1).

Subscribe to receive free email updates: