Mengkaji Akun Twitter Triomacan2000 ; Fenomena Jejaring Sosial yang Mengguncang dan Meruntuhkan Dominasi Media Mainstream

"Triomacan2000 (@TM2000Back) merupakan salahsatu akun twitter yang paling fenomenal di negeri ini...
  
Akun twitter anonim Triomacan2000 / @TM2000Back makin menjadi bahan perdebatan, tidak hanya di medsos, media umum dan Televisi namun banyak tokoh sudah angkat bicara. Beberapa media massa internasional juga mengulas sepak terjang akun "hantu koboy" yang doyan meneror mafia dan pelanggar hukum ini. TM2000 adalah akun twitter yang paling gigih membongkar skandal tingkat tinggi dan korupsi elit yang berskala triliunan rupiah, rencana-rencana rahasia di balik layar yang tidak diketahui publik serta menelanjangi ulah-ulah bejat dan kasus pihak-pihak yang dianggapnya musuh negara -tak peduli pejabat tinggi, mafia besar dan jenderal. Dan karna TM, info intelejen bukan lagi sesuatu yang rahasia dan menakutkan; sebaliknya bisa anda perbincangkan leluasa dengan gaya katrok maupun serius.

Harus diakui, banyak hal yang diungkap TM2000 sulit untuk dibantah karena dia beber data: detail, jelas dan kejam. Akun kegelapan ini dibenci sekaligus dirindu; dibully dan juga dibela. Bahkan sudah "dibunuh" (di suspend) oleh Twitter dengan sejumlah alasan antara lain dianggap menebar kebencian pada Zionisme. Akun ini disuspend oleh manajemen Twitter hanya beberapa hari menjelang PILPRES Juli 2014 dan ketika followernya hampir mencapai 1 juta pengikut. Namun, dasar hantu, dia bangkit lagi dengan nyawa cadangan, akun beckup-an dengan identitas yang identik, dari 70an ribu follower meroket dua kali lipat hanya dalam waktu seminggu. Dan kini dia tidak merubah gayanya dengan tetap menebar teror yang kadang amat sangat sensitif dan sekeras cadas. Nggak kapok dibunuh lagi ya? Hehehe

Orang lalu bertanya-tanya, Dari mana akun siluman ini mendapatkan informasi dan salinan data-data yang memiliki kerahasiaan tingkat tinggi? Bagaimana caranya hantu ini menyadap lalulalang info-info A1 di balik tembok kekuasaan yang tebal?? Dan mengingat kerasnya politik dan kelamnya kekuasaan yang sedang diserang oleh TM2000 di republik ini, kemudian siapa yang menjamin keamanan nyawa mereka? TM2000 dengan enteng mengklaim punya banyak jaringan, sesumbar punya akses intelejen dalam dan luar negeri;"Kami adalah Ronin NKRI yang tidak butuh popularitas. Penjamin nyawa kami adalah Tuhan Yang Maha Kuasa." 

Nah, Mari kita mulai :)


Siapapun yang sudah lama mengikuti kicauan akun TM2000 pasti terheran-heran dan penasaran dengan konsistensinya untuk berkontroversi melawan kaum kurawa dan para manusia drakula (yang untuk sementara kita sebut saja 'kaum kurawa-drakula' versi TM2000). Kemudian TM panen cacimaki sekaligus juga mendulang dukungan publik. Akun kontroversial ini sama sekali tidak terganggu; terus saja berkicau dan membongkar, membuka rahasia kaum elit yang paling sensitif yang tidak mungkin berani diulas oleh media massa manapun di republik ini. Fenomena ini menggugah nalar dan kewarasan yang agak malu-malu kita akui: betapa beda antara suara si medsos pinggiran TM2000 dengan opini yang dihembuskan mayoritas media massa sang kiblat informasi rakyat Indonesia. TM2000 tidak hanya membongkar data kasus korupsi di lingkar elit kekuasaan dengan metode yang unik, mereka juga menelanjangi konspirasi apa yang terjadi di balik layar petinggi negeri yang memiliki potensi bahaya bagi negara, lalu praktek suap ratusan miliar hingga triliunan yang diduga melibatkan pengusaha hitam mafia hukum dan ditunjang oleh media massa premium, membongkar sandiwara KPK, kasus2 di lingkaran dalam Istana, kebobrokan Kejaksaan, bandar Narkoba hingga konspirasi yang berskala internasional. TM2000 mengklaim dengan penuh keyakinan bahwa kicauan-kicauan mereka berbasis data intelejen, analisa yang hati-hati dan riset lapangan.

Nyali gerakan si macan harus diakui melampaui kapasitas umum; sudah kategori 'nekad' dan seakan sudah putus urat takutnya. Boikot semua media massa besar ditanggapi oleh si Macan sableng ini dengan satu deret kalimat yang kian provokatif: "Bahwa sebagian besar informasi yang kita saksikan di media massa adalah "telenovela" pembohongan publik dan manipulasi fakta yang disponsori oleh para Penipu, Maling dan Musuh Negara!" Dengan kata lain, rakyat dijejalkan informasi palsu dan opini rekayasa untuk mengaburkan fakta dimana fakta tersebut sesungguhnya adalah kejahatan belaka. Nah tambah edan si macan ini :D

Ini ada beberapa contoh "issue-issue" besar yang menjadi grand tema serangan TM2000 sejak bertahun-tahun lalu, yang tidak hanya menggemparkan publik dan menggetarkan dinding istana Presiden, calon Presiden atau Presiden terpilih tetapi juga mengundang teror maut bagi orang-orang yang diduga berkaitan dengan admin siluman "gendeng" ini, antara lain:
  • Twit lama mereka yang mengatakan bahwa ada mega-skandal korupsi yang bagi TM2000 dilakukan oleh Dahlan Iskan (Meneg BUMN) yang kalau ditotal mencapai nilai kerugian negara ratusan triliun. Publik terkejut ribuan aktifis tersentak, mengingat selama ini DIS adalah salahsatu tokoh yang dikenal sebagai moralis yang berintegritas langka. Orang jujur, tulus ikhlas dan bersih tiada bandingan. Bagi yang pernah baca biografi dan catatan DIS di JPgroup mungkin predikat itu akan bertambah. Di antara keheranan orang-orang, TM2000 lalu membeberkan data tertulis, berlembar2 MOU yang ganjil, bukti pemalsuan gelar sarjana padahal hanya lulusan Madrasah Aliyah di Magetan, daftar rincian kasus per kasus dst. TM2000 menantang siapapun untuk membantah tuduhannya, bahwa DIS adalah koruptor terbesar di negeri ini yang selamat hanya karena kongsinya dengan mafia BLBI melalui pengusaha kaya Chairul Tanjung kongsinya dengan elit2 penegak hukum yang sudah disuap mahal dan juga karena Jawa Pos grup miliknya punya ratusan jejaring media dan TV lokal yang setia melindunginya dari opini hitam sekaligus menghajar siapapun yang berani menyentuh sang big boss. Khusus untuk serangannya pada DIS, TM2000 pernah beberapa kali melaporkannya ke KPK namun diabaikan sehingga pada satu waktu mereka maju ke Sekretaris Kabinet Dipo Alam melalui konsultan hukum yang mereka sewa. Audiensi yang heboh antara "akun Hantu" TM2000 dengan Sekretaris Kabinet RI diliput secara luas di media massa dan ujung-ujungnya Dipo Alam panen kritik lantaran dianggap sudah nggak waras mau menerima audiensi entitas yang masih berupa bayang-bayang. TM2000 membuktikan bahwa mereka entitas yang tidak pantas untuk diremehkan ketika pak SBY titip bantahan melalui Seskab (sehari sebelum audiensi TM menyerang SBY sebagai langkah cerdik utk memancing reaksi istana).... Lalu, TM sangat yakin bahwa DIS akan tenggelam dalam penjara tipikor:"Untuk kasus korupsinya di PLN saja, mafia ngaspo ini telah merampok 37 triliun uang negara. Reputasi buruknya dalam menilep uang pembaca Jawa Pos korban bencana NTT dulu hanyalah contoh kecil dari busuknya hati Dahlan Iskan yang sesungguhnya. Mafia antek Cina ini sudah menyiapkan dana Rp 500 miliar untuk suap Kejaksaan pasca mundurnya Nur Pamuji Dirut PLN. Kroninya sudah ada yang mulai ditangkap dan dia akan segera menyusul, membusuk di Penjara." Kira-kira demikian koar TM2000. Akun horor ini juga membuka rahasia istri-istri DIS yang katanya salah satunya adalah perawat muda di negeri tirai bambu. Gile nih si Macan, mirip gosip selebriti aja hehe.
  • Kisah besar yang dibongkar TM2000 lagi adalah issue PENCITRAAN PALSU JOKOWI jauh sebelum Jokowi maju sebagai kandidat Presiden. Semula Jokowi adalah tokoh fenomenal yang hampir tidak punya cacat, pejuang mobil Esemka yang sederhana dan manusia yang paling dikenal-disuka dan hampir semua syarat pemimpin yang dicintai rakyat ada pada sosok Jokowi. TM2000 mengagetkan publik dengan menjelaskan secara massal dan massif bahwa di belakang semua 'fakta' tentang Jokowi tersembunyi sebuah sandiwara cerdas namun amat palsu dan bernilai triliunan! Katanya, Jokowi adalah pemain drama politik yang bertalenta alami karena didukung oleh wajahnya nan polos ndeso yang hanya Tukul Arwana yang mampu menyainginya. Dramatisasi kehebatan Jokowi yang instan itu berhasil karena sokongan dana besar dari: konsorsium Cina yang membawa lari uang BLBI ke Singapura, didukung penuh oleh konglomerat kelas dunia James Riady (Lippo Group) yang punya agenda terselubung untuk menguasai RI melalui pemimpin seorang boneka yang tengah menjadi idola wong cilik. Kemudian gerakan dukungan Jokowi for Presiden ini secara profesional di dukung oleh Arkansas Connection dengan melibatkan seorang pakar konsultan pencitraan kaliber dunia berdarah Yahudi, Stan Greenberg yang reputasinya sukses mengorbitkan citra puluhan pimpinan dunia termasuk sohibnya Bill Clinton. Sempat luput dari perhatian bahwa Grenberg adalah seorang sekularis kelas dunia yang memang pernah mempublikasikan di banyak media mengenai potensi Jokowi menjadi Presiden RI. Kicauan TM2000 tentang Jokowi-Ahok ini unik dan mengejutkan, banyak hal baru yang sulit dipercaya. Menurut TM2000 Jokowi bukanlah pemimpin yang sehebat dia diberitakan media karena dibelakang citra besar Jokowi disokong oleh triliunan dana iklan media untuk menjadikan Jokowi sebagai Presiden RI yang kelak akan menjadi boneka konglo-konglo hitam musuh negara. Wartawan yang mengikuti blusukan Jokowi adalah jurnalis premium yang telah dikontrak mahal. Masih menurut TM2000, Jokowi punya "Prajurit" khusus di dunia maya, ribuan jumlahnya digaji dalam 3 shiff kerja, tugasnya untuk mem beckup berita-berita di media jejaring sosial, facebook, twitter dst, untuk mencaci maki orang yang menjelekkan Jokowi serta memuja-muja berita baik tentang Jokowi (untuk hal ini TM menyajikan foto-foto ratusan tim berbaju kotak-kotak sedang serius di depan laptop masing-masing). Kemanapun Jokowi pergi selalu diikuti oleh media massa yang telah dibayar mahal, lokasi blusukan Jokowi telah dikondisikan dengan baik oleh sebuah tim khusus dan Jokowi tinggal tampil saja dengan perawakannya yang kurus dan seakan-akan tidak memiliki apa-apa kecuali cinta rakyat jelata. Dan yang lebih mengejutkan adalah: kicauan TM2000 tentang Jokowi yang penuh dengan kasus korupsi ketika dia masih menjadi Walikota Solo yang selama ini ditutupi media massa besar dan kegagalan Jokowi di dalam menggunakan APBD DKI yang serapannya minim (65%) dan korupsi di KJS, kolusi Monorel serta yang terbaru adalah kasus pembelian bus TransJak yang ternyata produk bekas dari Cina dengan nilai 1,5 T. Katanya, Jokowi juga telah memanfaatkan APBD DKI untuk membiayai narsisnya di media massa. Hebatnya, TM2000 sejak lama telah meramalkan bahwa Bu Megawati (PDIP) sangat berberat hati untuk merekom Jokowi menjadi Capres RI dari PDIP karena putri Proklamator tersebut sudah tahu gelagat aneh Jokowi yang rela mau diboncengi konglo2 BLBI, menelikung Prabowo dan JK yang dulu membawanya ke Mega sebelum Pilgub DKI. Dan kalaupun akhirnya telah direkom pasti karena derasnya tekanan senior banteng, pengusaha dan publik untuk memaksa Mega dukung Jokowi. Ada kekuatan yang luar biasa besar yang tak sanggup dibendung sang Ketua Umum (TM yakin bahwa salah satunya adalah: Mega tersandra oleh sebuah issue (aib) keluarga yang amat sensitif yang membuat para keturunan Bung Karno tak berkutik). Menjelang Pilpres bahkan TM dengan beraninya menuding Jokowi sebagai kader komunis, pengusung paham dan gerakan PKI dan dia konon memalsukan banyak riwayat hidupnya (termasuk tentang siapa asli ayahnya) untuk menyamarkan ideologinya yang beraliran komunis dengan latar belakang keluarga "merah". TM2000 tidak berhenti sampai di situ, juga membuka rahasia hidup AHOK alias Basuki Tjahja Purnama yang katanya ternyata nama aslinya Basuki Indra, sengaja ganti nama karena sebelum mencalonkan jadi Wagub DKI dia adalah tersangka beberapa kasus korupsi di Belitung, mafia kotor yang sok suci dan dipatieskan di tingkat Kejaksaan karena lobi-lobi elit. TM menyebut Ahok sebagai mafia yang suka ganti2 nama sebagai cara formal untuk menutupi masa lalu hitamnya sehingga dia tetap bisa eksis di dunia kekuasaan. Serangan TM2000 kepada Jokowi tampaknya sangat panjang karena hingga hari ini dia terus mengatakan Jokowi telah menipu rakyat Indonesia dengan citra palsunya demi ambisi menjadi Presiden boneka pengusaha hitam musuh republik Indonesia. TM menyerukan agar rakyat Indonesia tidak tertipu oleh sandiwara Jokowi dan timnya.
  • TM2000 dengan lantang tegas dan kongkrit menyerang Presiden RI pak SBY baik sebagai Presiden maupun sebagai Pribadi (keterlaluan nih Macan hehe), dengan mengungkap beberapa indikasi pembiaran SBY terhadap sejumlah korupsi kelas kakap, hingga rahasia pribadi Presiden misalnya: pernikahan pertama SBY sebelum dengan bu Ani Yudhoyono yang katanya ditutupi rapat oleh publik dan skenario super rahasia istana dalam mengendalikan KPK, MK dan seluruh lembaga tinggi negara untuk mengamankan keluarga besar Cikeas sekaligus melibas musuh-musuh mereka hingga mampus di Penjara. TM juga membuka rencana rahasia "plan A, B dan C" SBY terkait Pilpres 2014. Dan ketika plan A dan B SBY gagal dilaksanakan maka TM menyodorkan analisa bahwa SBY punya banyak skenario demi menyiapkan masa tuanya yang harus tenang dan khusnul khotimah (Sementara di Penjara KPK Anas Urbaningrum mulai memukul gol perang tetapi tidak kedengaran ditutupi hingar bingar Pemilu).
  • TM2000 sangat buas membongkar kasus-kasus besar yang melibatkan ring 1 istana seperti Bunda Putri (yang asli bukan versi media massa mainstream), Sengman, Menteri kabinet dekat SBY, anak-keluarga Menteri termasuk perselingkuhan keluarga Menteri orang dekat SBY. TM2000 berkoar bahwa dia memegang data valid dan tidak ada yang mampu membantahnya, beberapa kasus sudah terbukti benar, seperti korupsi anak Menteri da kasus heboh Bunda Putri Silvia Soleha teman paling dekat bu Ani Yudhoyono. Ulah si Macan ini nampaknya bikin suasana makan malam keluarga istana menjadi kurang nyaman :)
  • Tak hanya koruptor, TM2000 juga mengobrak abrik media massa yang kita anggap paling idealis di Indonesia, yaitu TEMPO. TM2000 menjelaskan detail bagaimana modus pemerasan elit-elit TEMPO kepada perusahaan-perusahaan negara, kepada tokoh dan elit yang terlibat skandal korupsi, termasuk kasus mega korupsi 6,7 T Bank Century, dimana TEMPO menjadi salahsatu pihak yang mengamankannya dari berita, meraup untung besar dari sejumlah monopoli iklan termasuk "mengirim wartawannya" menjadi JUBIR KPK. Menurut TM, Gunawan Muhammad dan TEMPO-nya adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi bangsa Indonesia karena selalu menjadi promotor sekularisme pembela penjahat kelamin rampok berdasi namun ngotot menjadi ikon idealisme jurnalis Indonesia. Selain TEMPO, TM2000 juga menuding manusia tanpa karakter seperti Karni Ilyas bersama acara ILC nya sebagai acara gaduh proyek pembelokan fakta, KOMPAS yang menjadi bumper utama Jokowi di media massa dan juga Trans Group yang berafiliasi dengan konglo BLBI untuk mendukung penuh proyek pencitraan Jokowi hingga Pilpres. Portal media online raksasa seperti Detik.com, Merdeka.com dll dituding TM sebagai corong bejad pencitraan palsu Jokowi - Ahok.
  • TM2000 tidak membiarkan LSM tidur nyenyak. ICW yang merupakan salahsatu lembaga anti korupsi terpercaya di negeri ini tak luput dari teror TM2000, dimana dia membuka kedok ICW yang akhir-akhir ini bungkam pada kasus-kasus besar dan garang pada kasus gurem, yang telah menerima aliran dana besar dari KPK melalui BW untuk mengamankan beberapa kasus-kasus besar dari gugatan ICW, salah satunya adalah kasus Century dan keluarga istana, TM nantang publik untuk cermati sikap aneh ICW yang tidak pernah bicara bila terkait dengan Century, korupsi Migas dan kasus yang melibatkan orang dekat Istana. Dalam banyak diskusi kampus dan akademisi, eksistensi ICW memang telah menimbulkan sejumlah rasa jijik dan muak.
  • Yang tak kalah heboh adalah ungkapan TM2000 terhadap kasus LHI (mantan Presiden PKS) yang menurutnya adalah skenario paling busuk di negeri ini, dimana LHI adalah korban dari sebuah konspirasi besar yang melibatkan intelejen Australia (Asis), dibiarkan bahkan didukung oleh Istana, dan diam-diam disambut oleh Anis Matta (Presiden PKS yang sekarang) melalui peran sentral Ahmad Fathonah. Fathonah dulunya adalah kriminal bejat (otak penyelundupan imigran gelap dari timteng yang di vonis penjara 20 tahun di rutan Barramah Australia, namun hanya 2,3 tahun menjalani hukuman, dia dilepas ke Indonesia dengan sejumlah agenda super rahasia salah satunya untuk menjebak LHI -menghancurkan Parpol Islam). Ketika kasus LHI mencuat, fakta hukumnya dikaburkan dengan sejumlah issue wanita simpanan, artis binal Vitalia Sesya, pameran daun muda dan gaya hidup borjuis Ahmad "Olong" Fathonah di media massa. Media massa juga lebih antusias dalam memberitakan skandal seks ketimbang logika hukum penjebakan LHI (Ingat penangkapan Akil Muhtar Ketua MK yang anehnya kok diikuti dengan issue Narkoba di ruang kerja Akil). Akhirnya PKS kini terpuruk dan LHI akan tua 16 tahun di penjara, Fathonah sendiri akan dibantu dikurangi masa hukuman lalu menikmati harta berlimpah atau juga bisa jadi akan dihabisi sekalian.
  • Pada kasus yang menyangkut Anas Urbaningrum (AU), TM2000 bersikap beda dengan mayoritas orang yang yakin bahwa AU terlibat skandal korupsi besar yang dituduhkan Nazaruddin. TM2000 membela bahwa AU adalah korban konspirasi kotor istana yang semula tidak setuju dengan AU menjadi Ketum Partai Demokrat. Untuk mendukung argumennya ini, TM2000 menjelaskan lengkap kronologi, sejak Pelarian Nazaruddin dari Bandara Sukarno Hatta ke Singapura, lanjut ke Kanada dan Kolumbia yang tepat waktu dan penuh rekayasa, keterlibatan Choel Malarangeng (Pendiri Fox Indonesia timses utama SBY 2009) dalam mengatur penjatuhan AU melalui tangan KPK dan menyelamatkan dirinya sendiri dari penjara padahal dia jelas sudah ngaku korupsi, suap media massa untuk mengaburkan fakta megakorupsi Nazaruddin dengan terus-menerus menyorot AU dengan kasus yang kabur tidak jelas, serta bagaimana Nazar memainkan perannya bak aktor sinetron sebagai bagian dari kesepakatan rahasianya dengan istana dengan jaminan diri dan keluarganya aman, terbukti dihukum ringan dan bebas ngendalikan puluhan perusahaan raksasanya di tahanan. Memang, Nazaruddin adalah satu-satunya tahanan yang paling "ganteng" karena tak pernah memakai rompi seragam tahanan KPK.
  • KPK sendiri adalah sasaran empuk pukulan opini dari TM2000, dia membongkar sejumlah konspirasi KPK dalam melibas korbannya dan melindungi para calon tersangka yang sudah digaransi oleh penguasa utk tidak diganggu, TM juga tak segan menyerang pribadi-pribadi elit KPK, misalnya Abraham Samad yang latar belakang pendidikan keilmuan hukumnya yang lemah, doyan main perempuan (TM sesumbar sudah mengantongi video asusilanya melalui jaringan intelejennya) dan bekas aktifis kampungan yang rakus harta; Bambang W (BW) yang merupakan mafia hukum lawas yang sudah menjual idealismenya demi harta melimpah dan sangat setia membela keluarga cikeas, mengamankan korupsi elit Golkar dan istana dan menghajar pion-pionya, ulah-ulah orang dalam KPK yang menjual informasi dan menghilangkan barang bukti termasuk kasus Johan Budi (Jubir KPK) yang lenyap dari berita media hingga kini. Bagi TM2000, KPK saat ini diisi oleh mayoritas tokoh LSM, mantan Pengacara hitam yang tidak kredibel, kotor dan mafia hukum. Janjinya untuk tuntaskan Century dalam 1 tahun, kini udah berapa tahun belum jelas arahnya. Belum lagi banyak kasus korupsi raksasa maha besar yang kini makin terkuat namun KPK tidak berkutik. Meski demikian, AS dan BW tetap pede tampil di publik berpidato tentang moral dan kesucian hukum bahkan mengintip peluang menjadi cowprass - cawpress.
  • TM2000 sangat sering berpolemik dengan tokoh seperti Prof.Dr.Yusril Ihza Mahendra terkait tudingannya menjadi striker SBY pada kasus gugatan sistem Pemilu di MK, aktifis FazroelRahman yang dituduhnya sebagai penyebar ateisme di Indonesia, Budiman Sudjatmiko (mantan aktifis PRD dan Anggota DPR RI FPDIP) yang ditudingnya sebagai aktifis bajingan keturunan PKI musuh NKRI, dst. TM ini punya banyak musuh dan anehnya punya banyak pendukung yang setia memberinya support moral
  • Ohya, bukan hanya di pihak Jokowi dan JK yang diserang oleh TM dengan sejumlah issue yang amat senstif, di pihak Letjend TNI (Purn) Prabowo Subianto juga pernah dihantamnya dengan telak dan yang anyar adalah dia membongkar skandal mega-korupsi Keluarga (terutama anak-anak) Hatta Rajasa yang telah lama menggurita dan menghanguskan uang negara triliunan rupiah.
Demikian sekelumit contoh serbuan akun twitter Triomacan2000 yang telah menjadi ikon protes gaya baru di era ajaib dunia maya ini. TM2000 berjanji akan terus berkicau demi membela NKRI dan melawan koruptor musuh rakyat.

Akun TM2000 nampaknya tidak sendirian, dia berafiliasi dengan media massa alternatif (milik mereka) yaitu: www.asatunews.com yaitu situs berita yang membeckup kicauan-kicauan TM2000 dalam format berita (media ini termasuk media online 'anyaran' yang berhasil menembus rangking tinggi rank global versi AlexaRank). Mereka juga membuka situs Blog yaitu: radennuh.org yang juga memiliki rangking tinggi nasional dalam situs pengukur rating pengunjung terakurat di dunia (Alexa) dan sudah digantikan oleh yudisamara.org. Lalu ada yang lebih besar dan salah satu portal online yang paling banyak dikunjungi di dunia yaitu www.inilah.com (mungkin juga afiliasi mereka). Mereka juga membekingi akunnya dengan akun twitter kembaran sebagai nyawa cadangan mengantisipasi di suspend lagi oleh manajemen Twitter. Saat ini, TM2000 kelihatannya sudah punya banyak pendukung baik dari kaum blogger, facebooker dan masyarakat twitterian. Tak ketinggalan juga 'jamaah' blackberry mesegger. TM2000 kian moncer... Entahlah kehidupan asli admin-admin mereka bagaimana sesungguhnya kami tidak tahu dan tidak terlalu pengen tahu.....

Siapakah dibalik TM2000 yang mengaku Ronin NKRI ini?
Hingga sekarang masih misteri. Memang sudah berkuak siapa pendiri akun ini dan jejaring mereka di Jaringan Advokad Publik (JAP) beberapa organ gerakan sebagai alat tempur mereka di lapangan. Namun secara lengkap masih jadi misteri. TM2000 hanya sesumbar bahwa mereka punya agen ribuan orang, punya banyak senior para Jenderal purnawirawan, mantan Jaksa, intelejen, pengusaha, mantan aktifis dst. Dari merekalah TM2000 bisa memiliki akses data rahasia yang tidak dimiliki orang, yang selama ini mereka bongkar di publik.
Siapa anda?
"Kami Ronin penjaga NKRI!" Jawabnya simple.
Kepada siapa anda mengabdi? siapa yang bayar kalian?
"kepada NKRI. Dibayar dengan pahala dari Tuhan YME."
Sponsor anda?
"Kami komunitas intelejen publik yang merdeka."

Terlepas dari siapa mereka, yang paling penting adalah apa yang mereka ungkap dan substansi kicauan mereka. Harus diakui banyak kicauan mereka yang terbukti terjadi secara nyata, pengungkapan kasus korupsi yang semula dianggap sampah sama musuhnya ternyata benar ketika di muat media besar. Ada yang setengah terbukti dan ada juga yang tidak atau belum terbukti. Kadang-kadang apa yang terkuak tahun ini, TM2000 sudah duluan membongkarnya 1 atau 2 tahun yang lalu. Ada kalanya juga TM melakukan serangan rancak sama sekali tanpa bukti dan hanya berdasarkan analisa. Bagi TM, mencari bukti adalah tugas aparat penegak hukum dan TM lebih bersifat membantu memberikan petunjuk dan menggugah kesadaran. Fungsi TM sesungguhnya fungsi kritik alias penjaga moral yang sebenarnya tugas utama media massa, namun karena mayoritas media adalah milik para cukong yang bersinergi dengan penguasa maka wajar bila TM mengambil rute tersebut dan tidak perlu heran bila TM mendulang banyak dukungan publik...

Pada kasus akun twitter TM2000, sudah menjadi bukti betapa jejaring sosial sudah memiliki ruang penting di publik, sudah bisa diterima baik oleh masyarakat banyak sebagai penyeimbang informasi, informasi bukan lagi monopoli media massa besar yang selama ini jadi sandaran utama berita. Karena pada kenyataannya media massa besar adalah milik para pebisnis yang bicara untung rugi dan milik politisi dimana mereka pasti bicara kepentingan dan bargaining untuk mengamankan kepentingan masing-masing. Sementara rakyat (pembaca) menjadi objek kadang menjadi korban giringan opini. Seandainyapun serangan TM adalah sebagian besarnya hanya fitnah maka tetap ada manfaatnya karena sasarannya adalah koruptor dan para mafia. Siapa lagi yang akan membela rakyat kalau bukan mereka yang memiliki keberanian?

TM2000 mendobrak tradisi dan dominasi media mainstream bahwa jangankan situs berita indie, sebuah akun twitter pun memiliki kekuatan publikasi yang dahsyat, yang bisa memaksa seorang Presiden bicara dan banyak Menteri ramai-ramai klarifikasi dan menjawab. Membuat banyak orang gentar dan panik ketika boroknya disenggol oleh sebuah akun anonim yang tak jelas identitasnya. TM2000 telah merobohkan kedinastian media besar, bukan hanya dengan memberikan informasi dari sudutpandang yang berbeda namun juga sekaligus menyerang pada inti persoalan yaitu mereka (media mainstream) sebagai salahsatu pihak yang ikut bertanggungjawab atas sejumlah kebohongan publik, rekayasa opini yang mengaburkan fakta, yang ikut melindungi kasus-kasus korupsi besar dan memperjualbelikan kebenaran dengan cara yang melanggar etika media. Tanpa basabasi TM2000 merilis nama-nama media dan bagaimana modus kerjasamanya dalam melindungi koruptor. Kalau kita mau jujur, kasus seperti itu dimana media menjadi bagian dari sebuah skandal yang merugikan rakyat terjadi secara nyata, terang dan jelas. Ada uang ada berita, berita bisa dipesan dan diatur, meskipun tidak semua media seperti itu. Bahayanya adalah ketika budaya seperti ini digunakan untuk membekingi kejahatan besar yang merugikan bangsa dan negara.


TM2000 telah berhasil memprovokasi ratusan ribu bahkan jutaan orang untuk berpikir kritis, berani melawan, menganalisa dalam sudut pandang yang berbeda dan jangan mau berkiblat (melulu) kepada pemberitaan media massa besar yang mayoritas kita akui memang kebanyakan beriman kepada uang yang maha kuasa dan menjadi Pahlawan Pembela Kebetulan.......

Subscribe to receive free email updates: